IT PHORIA 2018 : Recognizing the past and the future to make all connected with technology

Bandung (7/4/2018), telah terselenggara acara tahunan Masyarakat Teknik Informatika UNPAS yang bertempat dikampus IV Universitas Pasundan, Jl. Dr. Setiabudhi No.193 yakni IT PHORIA. Acara ini merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UNPAS. Terdiri dari 2 nama; IT Day dan Euphoria,

Hal itu bermakna perwujudan dari harapan, bahwa diera perkembangan zaman yang begitu canggih ini Teknologi Informasi mampu memberikan rasa nyaman bagi tiap lapisan masyarakat.

Dimulai dari kampus yang kelak melahirkan insan-insan cendekiawan pemberi solusi atas permasalahan yang ada, ibu Paristiyanti berharap kepada seluruh elemen masyarakat kampus agar berkolaborasi sehingga tercipta Smart City yang sesungguhnya di era Revolusi Industri 4.0 ini.

Begitupun dengan Bapak Zakka, yang meceritakan pengalamannya berkecimpung dibidang StartUp. Beliau mendorong agar para hadirin (khususnya mahasiswa) yang datang di Seminar tersebut untuk tidak takut berinovasi dan mengambil resiko. Karena kedepannya Teknologi akan semakin canggih, peran manusia bisa saja tergantikan oleh robot, oleh karena itu dibutuhkan kemampuan survive dalam menghadapi tantangan ini.

Kemudian ada lomba-lomba keinformatikaan, seperti; ICONIC (Internal Contest Of Informatics Engineering) yang diikuti oleh mahasiswa Teknik Informatika UNPAS dengan kategori lomba web design dan cerdas cermat. Dan ada juga Student Challenge, lomba yang baru pertama kali di inisiasi ini mengundang seluruh siswa SMK/sederajat untuk memperebutkan

juara dalam pertandingan Networking Simulation. TIM dari SMKN 1 CIMAHI lah yang menyabet juaranya. nAda juga StartUp Challenge, dimana lomba ini mempertemukan beberapa mahasiswa se-Indonesia yang memiliki ide-ide luar biasa berupa produk IT / rancangan solusi pemecahan masalah untuk membangun Smart City. Peserta pun diharuskan mempresentasikan idenya dihadapan juri yang sudah berpengalaman, seperti bapak Yuliandri (Kepala Sub Bidang Inovasi danTeknologi Bappelitbang Kota Bandung) dan ibu Srie Dhiandini (Kapala bidang Persandian dan Aplikasi Informatika DISKOMINFO).

Perlombaan ini dimenangkan oleh tuan rumah, yakni dari TIM HEX CODE, Universitas Pasundan Bandung yang beranggotakan; Robby Hermansyah, Rendi Maryadi dan Ririn Fanny. Juara 2 oleh Universitas Buana Perjuangan Karawang, dan Juara 3 oleh Universitas Panca Budi Medan.

Salah satu peserta bernama Edy Yardy, ketua kelompok TIM RUMAHSAKITKU dari Universitas Panca Budi Medan mengaku sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Ia dan rekannya datang jauh-jauh dari Medan untuk mengikuti lomba StartUp Challenge, tidak heran 3 TIM dari Universitas Panca Budi lolos untuk melakukan presentasi. Walaupun tidak semuanya juara, mereka sangat senang dan bangga bisa berkesempatan mengikuti lomba ini. “Juara itu bonus, yang penting kita semua dapat pengalaman. Kami bangga, karena untuk pertama kalinya ke Bandung dan berkesempatan presentasi di Universitas Pasundan. Dan senang juga karena disambut baik oleh panitia, kami mengucapkan banyak terimkasih” –tuturnya.

Selain perlombaan tentang keilmuan Informatika, sebelumnya juga ada pertandingan I-GAMES, yaitu kompetisi game online se-Bandung Raya yang sudah pasti menarik minat para gamers.

Sedangkan acara puncaknya adalah Euphoria, dimana keseruan tertumpah ruah disini, acara musik yang diisi oleh beberapa bintang tamu hadir dalam panggung hiburan. Banyak band-band yang digandrungi kawula muda, seperti; FLOAT, Mustache and Beard, TIGA PAGI, Sendja Mandja, Orkes malam jumat.

Banyak juga stand bazzar yang meramaikan acara itu. Sehingga para pengunjung bisa menikmati hiburan sekaligus menikmati jajanan yang disediakan.

Nah, begitulah keseruan acara ITPhoria 2018. Acara ini terselenggara atas kerjasama berbagai pihak yang turut membantu, masyarakat Teknik Informatika UNPAS serta semua yang hadir meramaikan.

So, Kuliah di Informatika bukan semata berkutat dengan tugas perkuliahan saja, tapi juga mengembangkan minat dan bakat kita. Beragam cara untuk mengisinya, mulai dari menjalankan hobi atau pekerjaan IT yang kita senangi, mencari hiburan dengan bermain game atau datang ke konser musik, maupun berinovasi dibidang lain diluar Informatika.