Mengasah Global Citizenship untuk Mahasiswa UNPAS

Universitas Pasundan (UNPAS) berkesempatan menggelar acara Farewell Party Joint Valunteer Service Pasundan University and Chonbuk National University Korea Selatan pada Kamis 11 Juli 2019 yang diadakan di Aula Mandala Saba Otto Iskandar dinatta Kampus IV Unpas Jln. Setiabudhi 193.


Acara yang di hadiri oleh Unpas sebagai tuan rumah dan Chonbuk National University sebagai tamu ini tidak hanya sekedar mempertemukan antara Universitas Pasundan dan Chonbuk National University namun juga kedua negara yaitu Indonesia dan Korea Selatan kata Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom.
Farewell Party Joint Valunter service menjadi perwujudan dari tindakan sukarela yang melakukan keterlibatan aktif dalam kehidupan sosial dan tujuan yang ingin dicapai dari acara ini selain untuk menumbuhkan sifat kepedulian sosial yaitu untuk mengasah Global Citizenship atau Kewarganegaraan yang bersifat Global bagi mahasiswa UNPAS sendiri, oleh karena itu UNPAS terkhusus Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) melaksanakan Sharing Class selama 2 minggu dengan mahasiswa dari Chonbuk National University yang diadakan di UNPAS dapat mengasah kemampuan berkomunikasi berbahasa Ingris dan bergaul di kancah internasional.


Sekitar 16 Mahasiswa Fakultas Teknik yang terlibat dalam kegiatan tersebut dapat menjadi contoh bahwa Konsep Global Citizenship harus di ajarkan mulai dari sekarang agar dapat menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi secara global dan membangun relasi guna meningkatkan kualitas SDM dalam menghadapi era Industri jaman sekarang.
Seperti yang kita tahu bahwa sekarang Indonesia mulai melakukan transisi dari Industri 3.0 ke Industri 4.0 yang menimbulkan pemangkasan tenaga manusia dengan kemampuan SDM rendah dan kemungkinan meningkatkan angka pengangguran karena pekerjaan mereka digantikan oleh mesin yang mencangkup sistem siber-fisik, internet, Cloud, dan komputasi Kognitif yang menghasilkan pabrik cerdas.