Selamat Bekerja Kabinet BAHTERA! Bravo FEMA FT Unpas!

Jum’at 28 Juni 2019, Koridor Gedung C Fakultas Teknik Universitas Pasundan menjadi saksi dilantiknya 43 anggota Federasi Mahasiswa kepengurusa n tahun 2019/2020 dengan nama kabinet ‘Bahtera’. Federasi Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan FEMA yang sekarang dipimpin oleh gubernur Akang Raja Faisal Ramadhan, merupakan lembaga eksekutif tertinggi di tingkat Fakultas Teknik.
Dalam kepengurusan 2019/2020, ada dua bidang yang terdapat di FEMA. Masing-masing bidang membawahi beberapa divisi. Bidang pertama yaitu bidang kelembagaan yang membawahi 3 divisi diantaranya Polkesma, Humas (Hubungan Masyarakat) dan Kesekretariatan. Bidang kedua mencakup Kemahasiswaan yang juga membawahi 3 divisi diantaranya PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa), Unit Minat Bakat dan Pengabdian Masyarakat.
Kepengurusan Fema sekarang ini terdiri dari 43 pengurus dan 1 gubernur. Semua pengurus FEMA ini terdiri dari beberapa delegasi dari himpunan masing- masing Program Studi. Dengan jumlah pengurus laki-laki 31 orang dan perempuan 12 orang. Dilihat dari komposisi angkatannya, pengurus yang berasal dari angkatan 2016 berjumlah 15 orang, angkatan 2017 berjumlah 23 orang dan angkatan 2018 berjumlah 5 orang. Untuk delegasi per-himpunan, pengurus dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri berjumlah 11 orang, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan berjumlah 10 orang, Himpunan Mahasiswa Mesin Berjumlah 2 orang, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika berjumlah 7 orang, Himpuna n Mahasiswa Teknik Lingkungan berjumlah 6 orang dan dari Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota berjumlah 7 orang.
Dengan jumlah pengurus 43 orang ini diharapkan dapat maksimal. “Untuk penambahan pengurus, sepertinya tidak ada. Tapi untuk reshuffle, kita usahakan dulu tidak ada. Karna saya juga memanfaatkan ataupun lebih menitik beratkan dulu kepada pengurus yang memang dimaksimalkan di divisi masing-masing” Ujar
Gubernur Fema, Kang Raja yang berasal dari Mahasiswa Teknik Lingkungan angkatan 2016.
Pelantikan pengurus FEMA dihadiri oleh para ketua lembaga dari masing- masing kelembagaan dari program studi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Wakil Dekan III dengan Kasubag Bapak Dr. Tantan Widiantara, ST., MT., dan Pak Wawan Subandi, A.Md.A.B., serta Dekan Fakultas Teknik Bapak Dr. Ir. Yusman Taufik, MP juga hadir dalam acara tersebut. Acara pelantikan dibuka oleh Pak Yusman dengan harapan organisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan visi misi yang diusun kedepannya bisa tercapai. Kang Raja menjelaskan alasan mengapa ia memilih acara pelantikan FEMA berada di Koridor Gedung C Fakultas Teknik Unpas. Menurutnya, agar semua mahasiswa dapat melihat proses pelantikan dari Pengurus FEMA. Tidak terbatas pada tamu undangan saja.


Dalam penyusunan kabinet, Kang Raja sangat mendapat banyak usulan dari anggotanya. Akhirnya ia mengeruc utka n semua usulan dan berdasarka n kesepakatan dari semua pengurus disetujuilah nama ‘Bahtera’ sebagai nama kabinet kepengurusan Federasi Mahasiswa tahun 2019/2020. Kang Raja menjelaskan jika makna dari ‘Bahtera’ itu sendiri merupakan kapal yang sangat besar, yang dihuni oleh beberapa awak kapal dan dipimpin oleh seorang nahkoda. Yang diibaratkan nahkoda itu adalah gubernur FEMA dan awak kapal itu adalah pengurus FEMA. Di mana ‘Bahtera’ ini merupakan kapal yang besar, mengarungi lautan yang sangat luas dengan ombak yang sangat tinggi dan arus yang sangat kencang, yang dimana harapannya menuju satu tujuan yang sama yaitu pulau yang diimpikan.


Pelantikan Pengurus Fema diakhiri dengan berjabat tangan antar pengurus beserta tamu undangan dan foto bersama. Selamat bertugas Akang Teteh, semoga amanah dalam menjalankan tugas sebagai Gubernur dan Pengurus Federasi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pasundan serta apa yang dicita-citakan dapat tercapai.