Teknik Mesin Fakultas Teknik Unpas, Ciptakan Traktor Portable

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi pertumbuhan sektor pertanian di Indonesia. Bagaimana tidak, ketika pekerjaan petani dibantu denga n teknologi tentunya akan mempercepat produksi produk pertanian serta juga dapat meningkatkan produksi. Maka dari itu, Fakultas Teknik Universitas Pasundan ingin ikut andil dalam upaya peningkatan produksi produk pertanian di Indonesia dengan memproduksi Hand Tractor atau Traktor Portabel yang dibuat oleh Bapak Ir. Farid Rizayana, MT Dosen Teknik Mesin Univesitas Pasundan serta Lembaga Penelitian Universitas Pasundan.


Hand Tractor merupakan sumber penggerak dari peralatan pertanian yang tentunya sangat membantu pekerjaan para petani. Fungsi utama Hand Tracktor pada umumnya yaitu untuk mengolah tanah. Begitupun dengan Traktor Portabel milik Fakultas Teknik Universitas Pasundan yang memiliki banyak fungsi.

Traktor Portabel ini dapat dibawa dan dioperasikan oleh satu orang. Traktor yang dibanderoll dengan harga Rp. 10.800.000,- serta dengan berat 23 kg menjadikan traktor ini dapat dilipat dan digendong sehingga mudah dibawa dan dioperasikan. Teknologi sistem transmisi multifungsi menggunakan komponen power take-off yang memungkinkan putaran engine dapat dimanfaatkan untuk pemanfaataan lain selain mengolah tanah. Alat alat yang dapat dioperasikan dengan memanfaatkan alat putaran ini antara lain pompa air, generator listrik, pompa penyemprot hama, dan alat-alat pengolahan pasca panen.
Dengan desain sangat ekonomis dan praktis sehingga Traktor Portabel ini sangat memudahkan para petani melakukan pekerjaannya. Alat ini sendiri sudah di produksi sejak tahun 2017 dan sudah mulai di perjual belikan. Traktor ini akan dipasarkan kepada petani langsung melalui Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Koperasi, Bumdes serta POKTAN (Kelompok Tani). Produk yang ditawarkan yaitu Traktor, Pelatihan Teknis, Business Plan, Impelentasi dan Spare Parts.
Persebaran Traktor ini di luar Bandung sudah dari tahun 2018-2019. Mulai dari Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Balikpapan, Subangm DKI Jakarta, Bogor, Pekalongan, Yogyakarta, Blora, Malang, Surabaya, Jember, Sulawe s i Tengah, Manado dan Maluku.

 

Pada tahun 2019, Traktor ini sudah di produksi sebanyak 100 lebih, sehingga memunculkan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Tentunya bisnis ini akan terus dikembangk a n hingga mencapai level menenga h. Hal ini juga tur ut mengembangkan potensi yang ada di kalangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Dengan banyaknya fungsi dan keunggulan yang dimiliki Traktor Portabel ini diharapkan dapat diproduksi massal dengan adanya bantuan dari pemerinta h melalui program lanjuta n bisnis berbasis teknologi.