PKKMB Fakultas Teknik Universitas Pasundan

Fakultas Teknik Universitas Pasundan yang dibantu panitia dari Federasi Mahasiswa telah rampung menyelesaikan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Acara ini dikemas dengan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Kegiatan ini dilaksanakan pada 4-5 September 2019 bertempat di lapangan parkir Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini sekitar 700 lebih dan dibagi menjadi 25 kelompok dan mereka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pengenalan ini karena kegiatan ini merupakan gerbang awal mereka dalam mengenal semua yang ada di tempat di mana mereka akan menimba ilmu.

PKKMB yang berlangsung dua hari ini diikuti oleh mahasiswa baru dengan sangat kondusif. Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan, Dr. Ir. Yusman Taufik, MP. Sebelumnya mahasiswa baru ini telah mengikuti kegiatan PKKMB tingat Universitas selama 2 hari di Gedung Sasana Budaya Ganesha. Kegiatan PKKMB ini terdiri dari 3 tingkat atau struktur. Mulai dari tingkat Universitas, Fakultas hingga Program Studi. Tiap struktur ini akan mengenalkan apa yang ada di dalamnya.

Kegiatan PKKMB ini merupakan kegiatan wajib yang diarahkan langsung dari Kementrian Dirjen Dikti yang mana ada aturan “Mahasiswa wajib mengikuti program pengenalan kampus”. Kegiatan PKKMB ini dijadikan sebagi gerbang di mana mahasiswa memulai perkuliahannya dan mengenal hal-hal yang berada di dalam kampusnya. Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sarana adaptasi mahasiswa baru untuk mengenal kampusnya dengan berbagai sistem perguruan tinggi yang ada di kampusnya.

Selama PKKMB 2 hari di tingkat Fakultas, mahasiswa baru diberi penjelasan mengenai mekanisme dan sistem akademik kampus, pengenalan tentang Program Studi masing-masing yang ada di Fakultas Teknik, pengenalan Lembaga di Fakultas Teknik, pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), pengenalan Fungionaris Fakultas Teknik, serta pemberian materi-materi dari beberapa pembicara yang telah di undang oleh panitia. “Pemberian materi ini sangat penting, agar mahasiswa yang terdiri dari 6 Program Studi ini dapat bergaul satu sama lain. Mengingat mereka memiliki karakter yang berbeda. Seperti materi yang disampaikan tentang peranan mahasiswa Fakultas Teknik terhadap kebudayaan masyarakat, materi tentang Bhineka Tunggal Ika, dan bela negara.” Jelas Pak Dr. Ir. Yusman Taufik, MP., selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan.

Setelah dua hari melakukan PKKMB di tingkat Fakultas, mahasiswa baru harus mengikuti PKKMB di tingkat Program Studi masing-masing. Tujuannya, agar mahasiswa lebih mengetahui apa saja yang ada di Program Studinya masing-masing. Baik dari sisi kurikulum, proses belajar mengajar dan bagaimana proses perwalian, serta urusan akademik non-akademik lainnya.

Tentunya, waktu yang disediakan untuk pengenalan kampus ini belumlah cukup bagi mahasiswa mengingat banyaknya sistem yang ada. Maka dari itu, kedepannya mahasiswa baru akan dibimbing oleh masing-masing Program Studi melalui program Himpunan yang ada. Serta akan ada program-program lain selama satu tahun di kepengurusan Himpunan, sehingga tujuan PKKMB dapat tersalurkan melalui program-program tersebut.

Secara garis besar kegiatan PKKMB di tingkat Fakultas ini tak ada kendala yang cukup signifikan. “Hanya saja yang menjadi evalusi, adanya peserta yang sakit lebih dari yang tertulis di riwayat penyakit saat daftar ulang. Karena kebanyakan mahasiswa baru tidak memberikan informasi riwayat penyakitnya. Selebihnya, lancar-lancar saja.” Jelas Wakil Dekan 3, Bapak Dr. Tantan Widiantara, ST., MT. Beliau juga memberikan pesan kepada mahasiswa baru angkatan 2019 “Tetap berpegang teguh istiqomah terhadap tujuan awal ketika masuk ke pendidikan tinggi menjadi mahasiswa, untuk belajar dan lulus. Mudah-mudahan mahasiswa tidak halangan di tengah jalan sehingga mereka tidak mencapai tujuannya yang mana ingin lulus.” Pungkasnya.

Kegiatan PKKMB ini diakhiri dengan pemilihan Ketua Angkatan. Karena, memang setiap angkatan memiliki ketuanya masing-masing. Dan tahun ini, mahasiswa dari Program Studi Perencanaan Wilayah Kota yang menjadi Ketua Angkatan Fakultas Teknik 2019, Bayu Sadewa. Selamat datang bagi mahasiswa baru angkatan 2019 di Fakultas Teknik Universitas Pasundan.