Kang Pisman Goes to Campus

19 Februari 2020 – Telah dilaksanakan Kuliah Umum mengenai Kang Pisman di Aula Mandala Saba Otto Iskandardinata UNPAS, tidak hanya di hadiri oleh Mahasiswa Teknik Lingkungan dan Dosen dari Universitas Pasundan ternyata Bapak H. Oded Muhammad Danial, S.A.P. selaku walikota Bandung turut hadir sebagai pembicara untuk menjelaskan tentang Kang Pisman. Jadi apa itu kang Pisman..? Kang Pisman bukan hanya sekedar nama saja namun ada kepanjangannya yaitu Kang (Kurangi), PIS (Pisahkan), Man (Manfaatkan). Kegiatan yang sudah di inisiatif di Bandung tepatnya tahun 2018 tahun ini adalah sebuah gerakan yang mengajak warga dan pemerintah Bandung sendiri untuk membangun peradaban baru pengolahan sampah yang lebih maju.

Dengan Kang PISMAN ini kita menerapkan sebuah metode pengolahan Sampah yaitu 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan zero waste life style yang ternyata metode tersebut sudah di terapkan oleh negara-negara tetangga seperti jepang. Bapak Oded optimis dengan gerakan Kang PISMAN ini karena beliau percaya bahwa dalam hal apapun semua itu perlu bersih dahulu maka dari saat Bapak Oded diantik menjadi walikota hal pertama yang beliau lakukan adalah bebersih terlebih dahulu. Karena program tersebut dan berkat kerjasama dengan masyarakat kini Bandung sudah terlihat semakin bersih. Saat Beliau memaparkan tentang Kang PISMAN ini beliau juga mengingatkan para hadirin pada kejadian tahun 2005 dimana saat itu TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Leuwigajah terjadi longsor, karena TPA Leuwigajah longsor maka lebih dari 3 minggu pemerintah menyiapkan alternatif tempat untuk menggantikan TPA tersebut.

Melalui Kang PISMAN ini semoga Bandung menjadi kota yang lebih bersih dari sampah dan tentunya untuk mengingatkan warga Bandung untuk tidak membuang sampah sembarangan karena menurut Bapak Oded salah satu yang menyebabkan terjadinya penumpukan sampah di tempat yang tidak seharusnya disebabkan oleh membuang sampah sembarangan. Jadi beliau berpesan untuk kita semua mari bersama-sama membangun Bandung yang lebih ramah lingkungan dan tentunya bersih dari sampah.