Projek Sweeper Mahasiswa Mesin

3 Mahasiswa Angkatan 15 Teknik Mesin Universitas Pasundan yaitu Ari, Fatur, dan Saeful berkesempatan untuk menangani projek Sweeper sekaligus menjadi topik tugas akhir yang di berikan oleh Bapak Farid selaku dosen Teknik Mesin. Ari selaku ketua dari tim Projek ini pada awalnya tidak menyangka akan menerima projek sweeper ini sebagai tugas akhir, karena pada awalnya Ari menginginkan topik tugas akhirnya berhubungan dengan otomotif. Setelah menerima projek tersebut tepatnya bulan September 2019 lalu, Ari dan Timnya mulai membagi-bagi tugas dimana Ari menjadi ketua yang mengkoordinasikan lalu Saeful sebagai design gambar dan Fatur sebagai perangkai perangkat Sweeper.

Sudah berjalan sekitar 4 bulan lebih Projek Sweeper ini di mulai dan sudah mulai terlihat bagaimana wujud akhir dari sweeper yang mereka bangun, harapan Ari dan Tim mesin prototype mesin Sweeper tersebut dapat selesai pada bulan Maret 2020 nanti dan sudah dapat diuji coba di jalanan, lalu apa yang membedakan Sweeper buatan Ari dan Tim dengan Sweeper lainnya..?, Menurut Ari banyak Sweeper yang di pakai di jalanan tersebut hanya dapat di jalankan di perkotaan dan jalan-jalan besar saja namun Mesin Sweeper buatan Ari dan Timnya mampu untuk membersihkan jalanan di gang-gang sempit seperti wilayah pelosok kota.

Mesin Sweeper yang dapat di jalankan oleh 2 orang dimana orang pertama menjadi supir lalu orang kedua sebagai penyapu pendukung di jalanan membuat Sweeper ini dapat berkerja lebih maksimal, walaupun dalam proses pengerjaan sweeper tersebut banyak kendala yang di temui oleh Ari dan Tim tetap saja mereka pantang menyerah karena menurut mereka projek Sweeper ini sudah di terima dan di setujui bersama-sama oleh karena itu harus selesai bagaimanapun caranya. Ari sebagai ketua tim juga tidak henti-hentinya memotivasi timnya agar terus konsisten menggarap projek sweeper ini.

Banyak konsep-konsep yang diajarkan di kelas untuk menunjang projek sweeper ini dimana salah satunya adalah mekanika fluida dimana mekanika fluida adalah ilmu tentang pengukuran tekanan, dan masih banyak konsep lainnya. Terdapat 3 aspek penting yang ada pada mesin Sweeper ini yang pertama adalah mesin penghisap kotoran, lalu ada sapu yang di pasang pada kanan dan kiri mesin, dan yang terakhir adalah semprotan air untuk membersihkan area yang sudah dibersihkan. Dengan bermodal tekad dan semangat projek sweeper ini sudah mencapai setengah jalan menuju prototype yang di harapkan dimana nantinya dapat di produksi masal dan dapat di kembangkan lagi.