Universitas Pasundan masuk dalam 10 Universitas Swasta Teratas di Indonesia Versi UniRank

Dikutip dari edukasi.kompas.com, Lembaga Direktori Pendidikan Internasional UniRank baru saja merilis daftar peringkat universitas di dunia yang terdapat 13.000 lebih universitas dari 200 negara yang masuk ke dalam basis data UniRank. UniRank sendiri membatasi pemeringkatan pada perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh lembaga pemerintah setempat, yang dimana mempunyai program S1/S2 dan pembelajaran tatap muka (non-jarak jauh) saja.

Tujuan dari UniRank University Ranking yaitu memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web atau laman resmi universitas hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas dan popularitas tautan berkualitas. Pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank ini tidak langsung merujuk pada pemeringkatan kualitas pendidikan atau tingkat layanan akademik yang disediakan, serta juga bukan pemeringkatan akademik. Sehingga, pemeringkatan ini tidak boleh diadopsi sebagai kriteria utama dalam memilih dan mendaftar Universitas.

Selain peringkat global, berdasarkan webmatric, pada Januari 2020 lalu UniRank juga melakukan pemeringkatan terhadap 571 universitas negeri dan swasta di Indonesia. Mengambil dari 5 indikator webmatric, yaitu Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trus Flow, berikut 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut UniRank :

  1. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Universitas Telkom Bandung
  5. Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Universitas Islam Indonesia
  7. Universitas Pasundan
  8. Universitas Mercu Buana
  9. Universitas Gunadarma
  10. Universitas Ahmad Dahlan

Selain UniRank, Webometrics juga melakukan pemeringkatan terhadap universitas negeri atau swasta di Indonesia. Sedikit berbeda dengan UniRank, pemeringkatan yang dihasilkan oleh Webometrics dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk memperkaya sudut pandang dalam memilih kampus untuk kuliah.

Bersumber dari akupintar.id, terdapat berbagai tolak ukur atau standar yang diterapkan dalam pemeringkatan perguruan tinggi. Kemenristekdikti, ketika masih memiliki kewenangan pendidikan tinggi, sempat membuat pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. BAN-PT, sebagai badan akreditasi nasional, juga mengelola evaluasi prodi dan institusi perguruan tinggi. Pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics berbasis website pada perguruan tinggi sedunia.

Webometrics memiliki empat indikator dalam pemeringkatan. Indikator pertama adalah presence, yaitu jumlah situs web dan sub domain universitas. Indikator kedua adalah impact, yang dinilai dari seberapa banyak back-link dari situs luar. Indikator ketiga adalah openness, indikator yang diukur dari jumlah file pdf, doc, ps, eps, docx, ppt atau pptx yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Dan indikator terakhir adalah excelence yang menyoroti jumlah artikel atau publikasi karya ilmiah dari seluruh civitas akademika universitas. Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Webometrics, Universitas Pasundan menduduki peringkat ke-55 dari 2390 PTN dan PTS di seluruh Indonesia.