Mahasiswa Fakultas Teknik Unpas melakukan Update Data untuk Pelaporan PD DIKTI

Mahasiswa Fakultas Teknik Unpas khususnya angkatan 2019, pada akhir bulan lalu diminta untuk memperbarui data yang ada di SITU Akademik guna pelaporan PD Dikti pada akhir April Lalu. Pendataan Pendidikan Tinggi memang sudah ada dan diwajibkan sejak tahun 2002, namun untuk laman forlap baru ada sejak tahun 2014.

Para mahasiswa diminta untuk memperbarui data serta menguploadnya kembali di SITU Akademik yang nantinya akan disetorkan ke PD Dikti oleh fakultas. Sebanyak 654 dari sekitar 750 mahasiswa Fakultas Teknik sudah memperbarui datanya dan serta mengunggahnya di SITU Akademik.

Dalam proses pengisiannya, ada beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan. Namun, kurang dari 24 jam kesulitan mahasiswa tersebut teratasi karen adanya bantuan dari staff fakultas yang bekerja dari rumah secara online. Mengingat saat ini Indonesia sedang terdampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah menerapkan PSBB di berbagai daerah sehingga menyebabkan instansi pendidikan memberlakukan #kuliahdarirumah dan #kerjadarirumah. Dan fakultas sudah menyebarkan informasi melalui official instagram @fakultasteknikunpas serta panduan pengisiannya. Dan pihak fakultas juga menyebarkan informasi melalui lembaga kemahasiswaan yang ada di Fakultas Teknik Unpas. Bagi mahasiswa yang belum sempat memperbarui data tersebut diharapkan untuk menunggu informasi selanjutnya dari fakultas.

Pengisian atau pelaporan data ke Forlap Dikti merupakan hal yang penting bagi setiap perguruan tinggi, jika tidak bisa menyulitkan mahasiswa dan juga alumninya. Jika mahasiswa atau alumni sudah terdaftar, maka sudah tidak perlu ragu untuk mencari pekerjaan atau mekanjutkan kuliah. Karena sudah ada pengakuan yang sah atas keberadaan mahasiswa akan bisa diakui.

Source :

https://sevima.com/sivera-aplikasi-verifikasi-data-akademik/