Seminar TA Online Di Tengah Wabah Covid-19

Wabah covid-19 yang melanda selama hampir 2 bulan ini kedalam rencana pendidikan sebuah lembaga terkait  ataupun rencana mahasiswa secara individu. Bagi mahasiswa tingkat akhir perkuliahan yang dialihkan secara online atau daring ini pun mempengaruhi proses mereka untuk menyelesaikan tugas akhir yang sedang mereka garap. Waktu dirumah yang cenderung lebih banyak dan fleksibel seharusnya menjadi bonus tersendiri bagi mereka yang sedang menyusun tugas akhir. Diam dirumah, dan meminimalisir berkegiatan diluar rumah pun harusnya membuat mahasiswa yang berada ditingkat akhir menjadi lebih fokus dengan tugas akhir yang harus mereka segera selesaikan. Terbatasnya kegiatan diluar tentu seharunsya mengurangi godaan-godaan yang dapat menghambat diri untuk dapat segera menuntaskan masa perkuliahan dengan baik. Mahasiswa akhir harus pintar-pintar memanfaatkan waktu yang mereka miliki selama dirumah saja, juga pintar-pintar mengatur jadwal untuk diri sendiri agar tidak terjebak zona nyaman.

Pihak Fakultas Teknik Universitas Pasundan mengalihkan kegiatan sidang dan seminar tugas akhir yang dilakukan mahasiswa tingkat akhir secara online. Tentunya pengalihan ini menimbulkan beberapa perbedaan dengan pelaksanaan secara offline. Begitupun dengan persiapan yang dilakukan dari sudut pandang mahasiswa pun akan sedikit berbeda dengan sidang offline seperti biasanya.

Beberapa hari yang lalu mahasiswa Teknik UNPAS tepatnya mahasiswa jurusan Teknik Informatika telah melaksanakan seminar kualifikasi penelitian atau yang sering dikenal sebagai seminar tugas akhir yang dilakukan secara online. Mahasiswa itu adalah Aria Bisma W. angkatan 2016. Kang Aria mengakui bahwa persiapan yang dilakukan untuk melaksanakan seminar ini secara administratif masih sama, hanya saja saat ini dialihkan secara online. Persiapan menjelang sidang yang kang Aria lakukan lebih mengarah pada persiapan mental, dan juga teknis. Background sidang yang harus rapihpun membuat dirinya harus sedikit menyulap kamarnya untuk membuat background polos agar terlihat rapih. Ia pun harus sering mengecek ulang ruang sidang yang nanti akan dipakai, karena ditakutkan nanti akan ada hambatan teknis. Saat menambah ajuan seminar itu dihari jum’at tanggal 24 April 2020, H-6 kemudian sekitar H-3 ajuan tersebut diacc dan H-1 link ruang server sudah ada di website elearningft.unpas.ac.id. Sidang online yang dilakukan memang menggunakan fitur elearningft.unpas.ac.id berupa video conference yaitu bigblue.

Kemudahan dalam proses bimbangan sampai seminar tugas akhir pun sebenarnya tergantung dari mahasiswa dan dosen Pembimbing. Dosen pembimbing I dan dosen pembimbing II yang membimbing tugas akhir kang Aria menyediakan grup WhatsApp agar komunikasi untuk perihal revisi lebih mudah. Jadi revisi bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari, jelas kang Aria. Hal tersebut tentunya menguntungkan bagi mahasiswa, jika secara offline  mahasiswa harus membuat janji temu dengan dosen dan sering kali lupa atau hambatan klasik lainnya, tentunya kemudahan teknologi yang diterapkan harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mahasiswa. Ketika pihak Lembaga ataupun dosen memberikan kemudahan, hal tersebut haruslah memotivasi mahasiswa, bukan malah membuat mahasiswa berleha-leha terjebak di zona nyaman.

Kang Aria pun menyebutkan alasannya, kenapa dia tetap melaksanakan seminar tugas akhir ditengah pandemi covid-19 saat ini.  Padahal banyak juga mahasiswa yang mengabaikan proses bimbingan sampai proses seminar tugas akhir, oleh karenanya penyelesaian tugas akhir menjadi terhambat. Keinginannya untuk cepat menyelesaikan perkuliahan dengan baik menjadi alasan terkuat baginya untuk mengambil keberanian pelaksaan seminar online. Ia pun menyebutkan bahwa ia ingin merasakan seminar online seperti apa, ingin juga mengetahui kendala dan kesulitannya itu apa, cara kerja sistem dan seberapa siap sistem kita menghandle seminar online.

Kesan yang ia dapatkan dari seminar online ini pun tentunya adalah kesan baru, seminar tugas akhir yang ia rasakan secara online ini bisa diibaratkan seperti rapat online. Kesan seru dan bersyukur karena semua berjalan dengan lancar pun ia dapati. Pesan untuk teman-teman mahasiswa akhir pun ia sampaikan bahwa manfaatkan kemudahan ditengah situasi seperti sekarang ini, tidak harus ke kampus, membuat janji dengan dose pembimbing, meminta tanda tangan ini itu, tinggal duduk manis dan bersungguh-sungguh juga manfaatkan WhatsApp dan elearning. Jika ada kemauan yang kuat dan usaha yang besar pasti jalannya pun akan mudah. Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Teruntuk mahasiswa tingkat akhir, jangan sampai karena terlalu nyaman dengan kegiatan santai dirumah aja membuat tugas akhir kalian jadi terhambat.