Strategi Kuliah Online Perencanaan Wilayah dan Tata Kota

            Peran tenaga pendidik, dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan online kali ini yang terbilang cukup lama tentunya sangatlah penting. Kolaborasi yang bersatu padu tentu harus tetap terjaga agar kuliah online tetap berjalan dengan efektif. Strategi dan aturan yang dibuat prodi pun tentunya melihat aturan dan strategi utama yang dibuat Fakultas Teknik. Ketepatan dan kejelasan aturan serta strategi yang dibuat memudahkan prodi untuk merumuskannya kembali, dan disesuaikan dengan keadaan pembelajaran prodi masing-masing. Program studi Perencanaan Wilayah dan Tata Kota terbilang baru menggunakan elearningft.unpas.ac.id sebagai wadah pembelajaran online. Sebelumnya metode pembelajaran online sudah pernah dilakukan melalui media lain. Pengemasan kuliah online agar tetap menarik, dan efektif serta kondusif temtu menjadi tuga sendiri bagi dosen terkait, agar matakuliah tetap berjalan sebagaimana mestinya. Perkuliahan online yang sebelumnya dilaksanakan sebelum covid-19 melanda pun menjadi keuntungan tersendiri, salah satunya adalah mahasiswa bisa sedikit merasakan kondisi belajar online dan tergambar kuliah online itu seperti apa.

Kuliah online terpusat melalui elearning.ft.unpas.ac.id pun menjadi salah satu strategi dan metode dalam kuliah online yang dibentuk oleh tim Fakultas Teknik UNPAS. Kemudian strategi perkuliahan khususnya dibuat oleh program study masing-masing. Program Study Perencanaan Wilayah dan Tata Kota mempunyai strategi, Komunikasi, Koodinasi, Langsung Kerjakan, dan Prioritas. Komunikasi antara dosen, tendik dan mahasiswa menjadi hal yang penting mengingat adaptasi yang harus dilakukan dengan cepat dan tepat oleh berbagai elemen yang berkaitan dengan kuliah online. Adanya koordinator-koordinator yang cepat dan baik pun memperlancar komunikasi antar pihak. Koordinasi, akibat komunikasi yang baik koordinasi pun tentunya terjalin dengan baik, sehingga tidak ada informasi dan aksi yang tidak diketahui. Langsung kerjakan, prodi Perencanaan Wilayah dan Tata Kota memiliki koordinator mata kuliah yang jika terlambat memasukan materi dan hal-hal terkait perkuliahan maka koordinator mata kuliah lah yang sigap mengisi dan mengerjakan hal-hal terkait pembelajaran online tersebut jika ada keterlambatan. Yang terakhir prioritas, sehingga penyelesai program elearnignft dimasa WFH dan SFH ini diselesaikan dengan prioritas, terkahir ini prioritasnya adlaah untuk KP/TA sudah disiapkan oeh tim, untuk pelaksanaannya. Hal tersebut dijabarkan oleh ketua program study Perencanaan Wilayah dan Tata Kota Fakultas Teknik Universitas Pasundan yaitu Bapak Deden Syarifudi, ST,. MT. Beliau pun menjelaskan bahwa kondisi kuliah online yang panjang ini memang membuat sedikit kaget, namun dengan memelihara semangat belajar mahasiswa hal ini dapat teratasi. Adanya peran penting yang dipegang oleh mahasiswa agar terjalinnya kuliah online yang baik pun menjadi andil besar dalam keberlangsungan penyampaian materi.

Tantangan yang dihadapi dalam kuliah online pun tentunya tidak terlepas dari masalah sinyal yang terkadang menjadi suatu kendala. Namun program study Perencanaan Wilayah dan Tata Kota mencoba mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut yang tentunya tidak memberatkan mahasiswa. Begitupun nanti ketika sidang yang dilakukan secara online dan mengalami kendala signal maka salah satu solusi yang ditawarkan adalah boleh keluar mencari signal tapi dalam kendaraan pribadi sehingga keamanan dan protocol Kesehatan tetap dijaga, ujar bapak Deden.

Bapak Deden pun menyampaikan, kondisi seperti ini tentu tidak ada yang menginginkannya. Ditengah-tengah kendala kuliah online, ataupun keluhan yang dirasakan tentunya harus tetap mengambil sisi positifnya. Bersyukur lah kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menuntut ilmu. Sebagai mahasiswa tentunya, melihat segala permasalahan sudah harus belajar dari banyak sisi. Jangan hanya menilai baiknya saja ataupun buruknya saja. Membandingkan suatu nilai kebaikan ataupun keburukan tidak akan ada habisnya, dan sikap seperti itu tidak akan menjadikan mahasiswa dapat berproses sampai nanti bersaing diluar sana dengan berbagai macam orang, kondisi dan berbagai macam sudut pandang yang ada.

Strategi yang diterapkan antar program study tentunya berbeda karena mata kuliah terkait pun tidak sama tentunya. Begitupun dengan kebijakan yang diambil oleh setiap lembaga. Informasi yang didapatkan dari bapak Deden selaku ketu program study Perencanaan Wilayah dan Tata Kota Fakultas Teknik UNPAS seharusnya bisa menjadi sebuah motivasi untuk dapat menjalani perkuliah online dengan semangat, dan baik.