Kuliah Online Serta UAS Online

Hampir empat bulan kuliah online di laksanakan, bahkan di beberapa lembaga pendidikan ujian semester pun dilakukan secara online. Di bulan Juni ini beberapa dari lembaga pendidikan pun sudah merampungkan semester genap di tahun ajaran 2019/2020. Termasuk Fakultas Teknik Universitas Pasundan, khususnya jurusan Teknik Informatika. Perkuliahan online saat pandemic covid-19 ini sudah rampung sebelum lebaran. Kemudian Ujian Akhir Semester dilaksanakan tanggal 08 Juni 2020-19 Juni 2020.

Untuk pembelajaran online kali ini pihak program studi Teknik Informatika tidak hanya merancang untuk kegiatan pembelajaran mahasiswa informatika. Tapi turut membantu tim Fakultas Teknik dalam menyiapkan website elearnignft.unpas.ac.id yang dipakai untuk pembelajaran online. Ibu Dr. Ir. Ayi Purbasari, MT selaku ketua program studi menyebutkan bahwa Bapak Anggoro Ari Nurcahyo, ST., M.Kom sebagai koordinator dikjar prodi Teknik Informatika menjadi pengelola elearning Fakultas Teknik. Setelah Fakultas Teknik menerapkan skema pembelajaran online, pihak prodi Teknik Informatika pun langsung melakukan rapat dan diskusi internal untuk menyesuaikan. Akhirnya disimpulkan bahwa kuliah online ini terdiri dari kegiatan sinkronus. Tipe sinkronus adalah live tatap muka yang dilakukan melalui media zoom, WAG(WhatsApp Group), ataupun Big Blue Button yang sudah dipasang di elearning. Lalu ada tipe asinkronus, yaitu tidak ada live, tapi menyediakan materi berupa slide atau video yang harus didownload oleh mahasiswa, serta ada quis atau tugas yang harus dikerjakan. Dosen pun melakukan penyapaan di chat via WAG ataupun live chat di elearning.

Pada program studi Teknik Informatika kuliah online dikatakan berjalan dengan baik. Setiap dosen pun memenuhi ketetapan yang sudah disepakati dengan beragam kreatifitas masing-masing dosen. Beberapa mata kuliah yang ada praktikum pun, tetap melaksanakan praktikum secara online. Dilaksanakan di elearning, dibantu oleh asisten laboraturium.

Elearning yang dilakukan etrpusat di website elarningft,unpas.ac.id pun dibawahi oleh tim khusus FT yang menanganinya. Personal tim diambil dari masing-masing prodi, missal tadi Bapak Anggoro dari Teknik Informatika. Program Studi Teknik Informatika pun ada tim khusus yang disebut Gugus Tugas, yang terdiri dari Kaprodi, Sekprodi, Koordinator Lab, Koordinator kemahasiswaan, dan Koordinator Penelitian. Tugas tim tersebut memastikan bahwa tidak kesulitan teknis dan dosen, serta memastikan bahwa materi telah terupload ke elearning maksimal H-1 dari jadwal perkuliahan. Sedangkan untuk Ujian Akhir Semester yang sudah terlaksana kemarin. Ketetapan UAS sudah ditetapkan oleh level Fakultas Teknik dengan melibatkan pimpinan prodi. UAS pun dilaksanakan secara online dengan kategori essay atau pilihan ganda. Pelaksanaan UAS ini pun dapat dilaksanakan di website SITU UNPAS ataupun di elarning. Mahasiswa dapat mengetahui pelaksanaan tempat UAS dari kartu ujian yang sebelumnya sudah diunduh.

Pada dasaranya di prodi Teknin Informatika sendiri tidak mengalami kendala yang begitu berarti dalma pelaksanaan UAS ataupun kuliah online. Karena sebelumnya mahasiswa prodi Teknik Informatika sudah beberapa kali melaksanakan quis melalui elearning, ataupun pembelejaran online melalui elarning.