Tak Gelar Wisuda Online, Universitas Pasundan Rencanakan 3 Hari Wisuda di Bulan November 2020

Wisuda merupakan seremoni wajib yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Wisuda ini diadakan untuk merayakan kelulusan. Saatnya mahasiswa melepas segala penat setelah berjuang 8 semester bahkan lebih menimba ilmu di perguruan tinggi. Perayaan ini sebagai wujud syukur dan kabahagiaan mahasiswa yang telah berhasil lulus.

Biasanya wisuda diladakan di aula besar guna menampung wisudawan dan wisudawati benerta orang tua yang mendampingi. Begitu juga Universitas Pasundan Bandung, yang dari tahun-tahun sebelumnya selalu mengadakan wisuda di Gedung Sasana Budaya Ganesa, ITB, Bandung. Serta wisuda, diadakan dalam beberapa gelombang.

Namun, ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat beberapa negara di dunia termasuk Indonesia sedang terserang pandemi Virus Covid-19, yang dimana dalam masa pencegahannya dilarang untuk mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Termasuk pelaksanaan wisuda.

Beberapa perguruan tinggi di dunia termasuk di Indonesia mengganti acara wisuda yang biasanya dilakukan di suatu tempat menjadi wisuda secara daring. Hal tersebut diadakan guna menyiasati agar tidak ada kerumunan massa tapi kegiatan yang sudah terjadwal tetap terlaksana.

Bahkan ada juga sekolah dan perguruan tinggi yang melaksanakan wisuda secara drive thru, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan yang ada. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, para siswa dan mahasiswa menerima kelulusannya.

Mahasiswa Fakultas Teknik Unpas sedikit resah karena sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang melakukan wisuda secara online ditambah juga pihak universitas belum memberikan informasi terbaru mengenai wisuda hingga awal juni. “Ngga enak banget sih kalo harus wisuda online, biasanya kan kalo wisuda rame-rame di sabuga. Jadi euforianya kerasa kalo wisuda langsung. ” Tutur salah satu calon wisudawati Fakultas Teknik Unpas, Ghesti Prabawati Maryono.

Ghesti dan teman-temannya sangat menantikan momen-momen wisuda setelah 4 tahun menimba ilmu bersama di Fakultas Teknik Unpas dan sangat berharap wisuda dilakukan seperti biasanya. “Empat tahun merantau ke Bandung buat menimba ilmu di Unpas, ngerjain tugas terus ngerjain skripsian bareng temen, pengen banget ngerayain juga bareng-bareng. Biar sama-sama ngerasain seneng ngerayain perjuangan yang udah dilewatin selama 4 tahun bareng-bareng.” Tambah Ghesti.

Hingga pada tanggal 1 Juni 2020 keluarlah surat edaran terkait Informasi Wisuda Gelombang II Tahun Ajaran 2019/2020. Yang dimana, untuk wisuda gelombang II ini direncanakan pada tanggal 20 Juni 2020. Namun, karena penderita virus Covid-19 yang setiap harinya terus naik, berdasarkan surat edaran tersebut wisuda gelombang II ditiadakan.

Tak seperti perguruan tinggi lain yang memilih untuk mengadakan wisuda secara online. Universitas Pasundan lebih memilih meniadakan wisuda gelombang ke II dan merencanakan Wisuda Gelombang I Tahun Ajaran 2020/2021 selama 3 hari penuh yaitu tanggal 12, 13 dan 14 November 2020. Para calon wisudawan dan wisudawati yang belum melaksanakan wisuda, bisa mengikuti wisuda pada tanggal yang telah direncanakan.

“Ngga apa-apa kalau wisuda yang bulan Juni harus dibatalin dan harus nunggu sampe bulan November, nunggu virus ini (Covid-19) angkanya turun. Yang terpenting masih ada wisuda.” Ujar salah satu wisudawati dari Program Studi Teknik Informatika, Vina Fitria Nurlatifah.