Perjalanan Akreditasi Prodi Teknik Informatika, Pendapat Mahasiswa..?

Kamis, 16 Juli 2020 – Telah di laksanakan sesi wawancara antara Asesor dengan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yang di laksanakan secara Online Via ZOOM, wawancara yang di mulai pukul 10 pagi ini merupakan salah satu agenda acara yang di laksanakan oleh pihak BAN-PT selaku pihak yang berwenang untuk menilai kualitas dari sebuah perguruan tinggi. Akreditasi Prodi Teknik Informatika yang di lakukan selama 3 hari terhitung pada tanggal 15 Juli hingga 17 Juli kemaren, dalam pelaksanaannya banyak hal yang di cek oleh asesor yang akan di gunakan sebagai data dalam melakukan penilaian namun tidak hanya itu juga wawancara juga di lakukan untuk membuktikan keaslian data tersebut, seperti wawancara pihak Prodi, dosen, alumni, dan salah satunya mahasiswa.

Mahasiswa yang merupakan ujung tombak bagi sebuah Universitas menjadi faktor yang paling berpengaruh pada proses akreditasi ini, terhitung 9 orang mahasiswa dari angkatan 16 hingga 18 telah hadir untuk mengikuti sesi wawancara ini, pertanyaan-pertanyaan dasar seperti bagaimana Proses Belajar dan Mengajar (PBM) sebelum pandemi dan sesudah pandemi menjadi pertanyaan pembuka dari Asesor untuk Mahasiswa, sungguh pengalaman yang cukup menyenangkan bagi mahasiswa karena mahasiswa yang hadir saat itu merasa bahwa ternyata peran mahasiswa tidak hanya untuk berkuliah dan mengerjakan tugas saja tapi menjadi bagian dari proses akreditasi. Walaupun pertanyaan yang di berikan oleh asesor terbilang hanya sebatas bagaimana pengalaman kami sebagai mahasiswa namun tetap saja ada mahasiswa yang gugup dalam menjawab dan membuatnya terbata-bata dalam menjawab.

Di pertengahan sesi pertanyaan asesor mulai di sesuaikan dengan tingkat studi, dimana bagi mahasiswa angkatan 16 mulai di tanya tentang proses pengajuan TA, apakah mudah, dan bagaimana detailnya. Lalu untuk angkatan 17 yang di tanya bagaimana proses pengambilan Kerja Praktek atau KP, dan angkatan 18 yang lebih ke keseharian di IF UNPAS seperti bagaimana kondisi Lab, Doses Favorit, dsbnya. Sedikit dari Mahasiswa yang tau bahwa pendapat mahasiswa dalam proses akreditasi sangatlah penting bahkan dalam kenyataannya poin terbesar dari sebuah akreditasi sebuah Universitas terletak pada kepuasan mahasiswa dalam menjalani perkuliahannya. Oleh karena Mahasiswa sangatlah di perhatikan disini karena jika mahasiswa tidak puas dari segi kualiatas sarana dan pra-saranannya dapat membuat sebuah akreditasi Universitas bukannya naik tapi malah turun. Semoga Program Studi Teknik Informatika lancar dalam perjalanannya dan sukses mencapai akreditasi A pada akhirnya.