Talkshow Series Informatika UNPAS “Mobile Application Development”

Kamis, 2 Juli 2020 – Telah terlaksana Talkshow Series Informatika UNPAS yang kelima, Bagi para peserta yang sudah menonton dan setia menonton Talkshow Series tidak perlu lagi penasaran tentang siapa yang Narasumber Hebat yang di hadirkan kali ini adalah Narasumber yang telah berkecimpung di dunia programming yang saat ini sudah menjadi Dosen di UNPAS tentunya mengajar di Prodi Teknik Informatika juga. Narasumber tersebut bernama Bapak Wanda Gusdya, ST., MT yang menurut para Host pada Talkshow kemaren merupakan Programmer sejati ,karena beliau bisa di katakan Mengerti dan Paham semua bahasa pemrograman populer seperti Java, Ruby, PHP, dsb.

Dalam Talkshow kali ini Pak Wanda bercerita bahwa ketertarikannya dengan dunia Pemrograman diawali dengan kehidupannya saat Mahasiswa, walaupun faktanya Beliau sudah pernah mempelajari pemrograman Pascal saat SMP, hanya saja beliau tidak sadar jika itu yang dinamakan pemrogaman. Kehidupan Mahasiswa Pak Wanda cukup absurd pada semester awal di UNPAS, Nilai jelek susah bergaul dsbnya, namun awal yang buruk bukan berarti akan menghasilkan masa depan yang buruk juga. Dengan kemampuan beliau yang pantang menyerah dan selalu ingin belajar, saat itulah Bahasa pemrograman sedikit demi sedikit beliau pelajari dan beliau libas dari mulai pemrograman web hingga dekstop. Semenjak itulah banyak projek yang beliau tangani dan berkembang setiap tahunnya.

Cara belajar bahasa pemrograman beliau yang biasa ternyata cukup ekstrim jika di lakukan oleh kita yaitu belajar dengan dokumentasi resmi, simplenya jika kita ingin belajar bahasa Pascal maka pelajari dokumentasinya. Namun faktanya banyak diantara kita yang melupakan dokumentasi dan lebih memilih googling dan cari copy paste programnya disamping lebih mudah alasan lainnya karena kebanyakan dari kita masih alergi dengan Bahasa Inggris padahal hampir semua dokumentasi bahasa pemrograman berbahasa inggris.

Setelah menceritakan kehidupan beliau dari awal mengenal ilmu Informatika dan di lanjutkan dengan pembahasan Mobile Application dengan berbagai Bahasa Pemograman di akhir sesi pun Pak Wanda memberikan sebuah pesan singkat yang akan membawa kita untuk mengenal lebih jauh tentang passion dalam diri kita terkait Informatika.

“Kuatkan dulu Pondasinya, selain Ilmu Informatika kemampuan Membaca sangatlah penting terutama Bahasa Inggris. Kalau kita sudah senang membangun sesuatu kayaknya pemrograman akan sangat menyenangkan tapi kalau dasarnya enggak suka lebih baik cari hobby yang lain aja.. Jangan Maksain nanti Bakal Stress”