Pengumuman SBMPTN, Selamat Kepada 167.653 Peserta yang Telah Lolos

Jum’at 14 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan calon mahasiswa yang lolos Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). LTMPT memutuskan untuk memajukan pengumuman SBMPTN yang sebelumnya dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Sebanyak 167.653 calon mahasiswa dinyatakan lolos SBMPTN dari total pendaftar sebanyak 702.420. Di twitter kini SBMPTN telah menjadi trending topic, karena banyak yang mencuit tentang SBMPTN baik yang diterima maupun yang kecewa tidak diterima.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengatakan jika peserta dapat mengecek hasil SBMPTN di laman resmi LTMPT dan 12 mirror link yang tersedia. Untuk mengecek lulus atau tidaknya, peserta harus memasukkan tanggal lahir dan memasukkan nomor peserta SBMPTN.

Berikut link yang dapat digunakan untuk mengecek kelulusan SBMPTN yang dimana link utamanya adalah Pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan di bawah ini merupakan 12 link yang tersedia:

  1. http://sbmptn.ui.ac.id
  2. http://sbmptn.ugm.ac.id
  3. http://sbmptn.undip.ac.id
  4. http://sbmptn.unair.ac.id
  5. http://sbmptn.unsri.ac.id
  6. http://sbmptn.untan.ac.id
  7. http://sbmptn.itb.ac.id
  8. http://sbmptn.its.ac.id
  9. http://sbmptn.ipb.ac.id
  10. http://sbmptn.unand.ac.id
  11. http://sbmptn.unhas.ac.id
  12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2020 mereka harus mempersiapkan diri untuk melakukan langkah selanjutnya. Seperti yang diungkapkan oleh ketua LTMPT, jika peserta sudah lolos diharapkan untuk membuka web masing-masing PTN tujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang syarat yang harus dipenuhi selanjutnya.

Di dalam web masing-masing PTN terdapat informasi dari pihak universitas mengenai persyaratan apa saja yang harus dilengkapi peserta untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut. setelah peserta dinyatakan “diterima”, maka peserta wajib melakukan daftar ulang.

Peserta SBMPTN akan mendapatkan sertifikat hasil UTBK yang dapat diunduh di laman resmi LTMPT pada 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Sertifikat ini memuat informasi tentang skor dari nilai UTBK yang diperoleh mahasiswa. Sertifikat hasil UTBK ini juga dapat digunakan bagi peserta yang tidak lolos untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang disediakan PTN. Karena ada beberapa PTN yang mensyaratkan pendaftar mandiri mengunggah sertifikat UTBK.

Sumber : https://www.kompas.com/