Akreditasi Online Teknik Lingkungan

Hampir enam bulan beberapa pekerjaan dilakukan dari rumah dikarenakan pandemic covid-19 yang saat ini masih melanda negeri tercinta, Indonesia dan belahan dunia lainnya. Tentunya, selalu berupaya untuk menang dari virus covid-19 sehingga nantinya semoga keadaan kembali baik. Terkait beberapa pekerjaan yang dilakukan secara online, maka beberapa minggu kebelakang akreditasi yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasundan pun dilakukan secara online juga. Akreditasi dilakukan tepatnya pada tanggal 4-5 Agustus 2020.

Persiapan pun dilakukan secara online, untuk persiapan boring dan evaluasi pada dasarnya sama saja, yang berbeda dari akreditasi online ini adalah assessmentnya, biasanya visit ke kampus namun saat ini tidak. “Seharusnya, Teknik Lingkungan habis akreditasi tahun 2019, tapi karena ada penumpukan berkas di BAN PT, maka dapat perpanjangan akreditasi secara otomatis.” Ujar bu Anni selaku Ketua Prodi Teknik Lingkungan UNPAS. Jadi, Borang pertama dikirim Maret 2019 dan ada permintaan update data untuk boring, lalu dikirim ulang Februari 2020. Sebagian data pendukung disiapkan bersamaan dengan penyusunan borang, sisanya disiapkan sambil menunggu waktu asssement. Kurang lebih setahun persiapan dokumen yang dilakukan, karena ada update data maka dokumen yang disiapkan juga menjadi bertambah. Untuk penilaian sendiri, tentunya banyak, untuk program studi ada 100 butir, dan fakultas tersedia 44 butir. Bu Anni pun menyebutkan bahwa alhamdulillah tidak ada pertanyaan yang diluar butir tersebut, ada pun pertanyaan mengenai pengembangan namun tidak banyak

Sedangkan untuk tim akreditasi online ini, tim dalam (Program Studi Teknik Lingkungan) semua dosen terlibat, setiap standar dipegang oleh 1 dosen (ada 7 standar), baik borang maupun evaluasi serta mendata bukti-bukti yang diperlukan. Biasanya, untuk merapihkan data-data tersebut, dibantu oleh fresh graduate. Pelibatan karyawan dilakukan jika ada data yang harus dikumpulkan di tingkat Fakultas atau Program Studi, di laboratorium dibantu analisis dan laboran untuk mendata. “Kalau untuk diluar prodi, fakultas yang mengelola terutama untuk pemenuhan data tingkat fakultas. Saat pelaksanaan secara daring, tim akreditasi Fakultas Teknik UNPAS dan tim IT dari Fakultas Teknik UNPAS serta program studi Teknik Informatika pun membantu.” Ucap bu Anni.

Akreditas online yang dipersiapkan dengan baik pun dan persiapan yang dimaksimalkan pun menjalani simulasi terlebih dahulu. Simulasi ini dilakukan sebanyak 3 kali, dengan menyisir semua lampiran. Tanggal SK keluar tanggal 11 Agustus, seminggu prosesnya. Hasil dari akreditasi online program studi Teknik Lingkungan pun alhamdulillah memuaskan dengan nilai A. Kendala pun tidak ada yang signifikan, semua berjalan lancar karena pembagian tugas pun berjalan dengan optimal, sehingga hasilnya memuaskan sesuaikan dengan persiapan maksimal yang telah dilakukan.