Wajah Baru E-Learning Fakultas Teknik UNPAS di Era Pandemi

Kebijakan terbaru dari Fakultas teknik yang mengumumkan bahwa Kegiatan Belajar dan Mengajar akan berlangsung secara Daring atau Online yang berlaku untuk seluruh Mahasiswa Teknik, karena Pandemi Covid yang belum terlihat kapan akan usainya maka Fakultas Teknik UNPAS tidak ingin mengambil resiko dengan jika kegiatan Belajar Mengajar di lakukan secara Tatap Muka walaupun banyak mahasiswa yang cukup kecewa karena sudah lama mengharapkan perkuliahan tatap muka, semenjak keputusan bahwa kuliah di lakukan secara Daring pada pertengahan Maret tepatnya di Semester Genap lalu sudah banyak mahasiswa yang mengeluh karena tidak terbiasa dengan cara Daring ini, keluhan datang dari banyak hal dari mulai faktor kebutuhan Kuota yang berlebih hingga banyaknya tugas menumpuk.

Beban tersebut tidak hanya di rasakan oleh Mahasiswa tapi ternyata banyak Dosen dan Staff merasa kewalahan juga namun Fakultas Teknik tidak tinggal diam dan sebisa mungkin kita semua harus mulai bisa membiasakan diri untuk tidak hanya bekerja dari Rumah tapi Kuliah dari Rumah juga, hal itu yang mendasari perubahan besar-besaran terhadap website elearningft.unpas.ac.id dimana web tersebut digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara Online. Web tersebut di rombak baik dari segi tampilan hingga sistem di dalamnya guna menunjang kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Jika kita mengunjungi Web itu sekarang maka kalian dapat melihat perubahannya secara langsung dan Web elearningft.unpas.ac.id menjadi Wajah baru bagi Fakultas Teknik untuk terus mengembangkan kompetensi Mahasiswa walaupun mereka berkuliah dari rumah.

Setelah Login kita semua dapat melihat bahwa dari segi tata letak masih sama jadi kita tidak perlu khawatir untuk mempelajari web elearning yang baru ini, namun jika kita lihat di bagian menu yang berada di pojok kiri atas maka terdapat menu baru yang cukup banyak dimana sebelumnya tidak ada di elearning versi lama, diantaranya adalah :

  1. Nilai
  2. Download Center
  3. Sumber
  4. Forum
  5. Feedback
  6. Kuis
  7. dll

Pada Dasarnya fitur tersebut hanyalah jalan pintas saja karena sebelumnya jika kita ingin mengakses contohnya Kuis, harus masuk ke Mata Kuliah terkait barulah kita dapat akses Kuis. Dengan adanya fitur tambahan ini maka akses ke manapun jadi lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu saja jika kita kembali ke menu Dasboard maka terdapat satu fitur baru yaitu File Pribadi dimana kita dapat menyimpan sebuah file yang kita butuhkan seperti materi, lembar jawaban, dsbnya. File yang di upload bersifat bebas hanya saja terbatas 100 MB saja mungkin memang di tujukan untuk menyimpan file-file seperti pdf atau word saja.