PKKMB Webinar Online Fakultas Teknik tahun 2020

Jumat, 2 Oktober 2020 – Telah terlaksana acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru tahun 2020 atau yang sering kita sebut dengan PKKMB, acara yang di laksanakan secara Online ini dihadiri oleh sekitar 400 lebih peserta yang terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik, Pimpinan Prodi, Staf Fakultas, Himpunan Mahasiswa, serta Mahasiswa Baru Fakultas Teknik itu sendiri. Dimulai pukul setengah 8 pagi PKKMB Online ini diawali dengan pembacaan doa dan ayat al Quran agar acara berjalan dengan lancar lalu di lanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Walaupun PKKMB bersifat daring dan tidak bertatap muka langsung namun tetap saja para peserta harus memakai atribut yang telah ditentukan seperti penggunaan kemeja putih dan celana hitam bagi laki-laki dan kemeja putih dan rok hitam bagi perempuan serta masih banyak aturan-aturan lainnya yang perlu di patuhi baik dari pihak fakultas maupun mahasiswa angkatan 2020.

Di Pandu oleh moderator acara di lanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana yakni Dr. Tantan Widiantara ST., MT. yang membahas tentang pentingnya PKKMB bagi mahasiswa baru tahun 2020 ini. Setelah itu dengan hadirnya Gubernur Federasi Mahasiswa (FEMA) yakni Raja Faisal Ramadhan turut memberikan Sambutan selamat datang beserta memberikan sedikit gambaran tentang Himpunan Mahasiswa yang berada di Lingkungan Fakultas Teknik UNPAS. Tidak lupa sambutan dari Dekan Fakultas Teknik UNPAS yaitu Bapak Dr. Ir. Yusman Taufik, MP. yang langsung di lanjutkan dengan pengenalan Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Senat Kemahasiswaan, Kormas, KBTU, dan Kasubbag.

Acara di lanjutkan dengan pengenalan Himpunan Mahasiwa yang berada di lingkungan Fakultas Teknik UNPAS dimulai dengan FEMA yang di jelaskan oleh Gubernur FEMA itu sendiri, Raja Faisal Ramadhan. Dari mulai sejarah terbentuknya di lanjut dengan Visi Misi dan Tujuan hingga tugas dari FEMA itu sendiri yang bertindak sebagai penghubung antara Himpunan-himpunan lainnya, dalam prosesnya terdapat sesi tanya jawab yang berfokus untuk membahas tentang kehidupan mahasiswa yang berorganisasi, banyak pertanyaan-pernyataan yang di lontarkan oleh mahasiswa baru seperti bagaimana membagi waktu saat berorganisasi, kesulitan apa saja yang di hadapi, serta kelebihan dan kekurangan jika mahasiswa telah berkomitmen untuk bergabung kedalam Himpunan Mahasiswa. Pertanyaan silih berganti di jawab oleh masing-masing ketua Himpunan yang hadir saat itu, terdapat 6 Himpunan yang di sesuaikan dengan jumlah Program studi yang ada pada lingkungan teknik. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HMTP), Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTIF), Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), serta Himpunan Mahasiswa Perencaan Wilayah dan Kota (HMPWK).

Selesai dengan pembahasan terkait organisasi acara di tutup dengan penyerahan mahasiswa yang saat ini mengikuti PKKMB Fakultas kepada para Ketua Program Studi masing-masing guna mengikuti PKKMB tingkat Prodi keesokan harinya oleh Bapak Dr. Ir. Yusman Taufik, MP.