Roadshow Mahasiswa Baru Fakultas Teknik 2020 “Prodi Teknik Informatika”

Kamis, 10 September 2020 – Roadshow Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UNPAS telah sukses dilaksanakan secara Online atau Daring melalui media aplikasi ZOOM. Roadshow yang dihadiri kurang lebih 150 peserta terdiri dari Dosen dan Staff, Alumni, serta mahasiswa baru Teknik Informatika angkatan 2020 itu sendiri. Berbeda dengan Roadshow sebelumnya yang dipandu oleh Ibu Ghesti P Maryono S.T. sebagai moderator, kali ini bu Ghesti hanya membuka saja dan diserahkan Roadshow tersebut untuk dipandu oleh Bapak Sandhika Galih dan Bapak Erik selaku dosen di Program Studi Teknik Informatika UNPAS. Sebelum masuk ke sambutan ketua prodi IF UNPAS, Pak Sandhika dan Pak Erik saling memperkenalkan diri dan menyambut Mahasiswa Baru angkatan 2020.

Ibu DR. Ayi Purbasari, S.T,MT. selaku Ketua Prodi Teknik Informatika UNPAS dalam sambutannya pertama-tama beliau menyampaikan tentang social media dari Teknik Informatika yakni alamat website, akun Instagram, hingga halaman Facebook yang dapat mahasiswa baru ikuti perkembangan informasinya, sejarah teknik informatika tidak luput dari pembahasan teknik informatika, kapan didirikan..?, siapa ketua prodi periode pertama, dst. Memiliki Visi dan Misi untuk menjadikan Teknik Informatika UNPAS sebagai penyelenggara pendidikan tinggi teknik informatika yang unggul pada bidang rekayasa perangkat lunak dan memiliki karakter kesundaan keislaman serta terkemuka menjadikan Teknik Informatika UNPAS konsisten mengembangkan kompetensinya. Tingginya kebutuhan akan Teknologi informasi menghasilkan lapangan pekerjaan terkait Teknik Informatika sangatlah tinggi jadi tidak perlu khawatir jika nanti mahasiswa Teknik Informatika tidak memiliki pekerjaan. Setelah itu Beliau juga memaparkan tentang kurikulum dan kompetensi yang ada pada Prodi Teknik Informatika UNPAS.

Acara selanjutnya membahas tentang lingkungan Teknik Informatika UNPAS seperti struktur organisasi, pengenalan Dosen, hingga pemaparan tugas Dosen oleh Bapak Hendra Komara, S.T.,M.T selaku sekretaris Program Studi Teknik Informatika UNPAS. Acara di lanjutkan dengan penjelasan tentang himpunan dan apa saja hal seru yang ada dan dikelola oleh Himpunan Teknik Informatika UNPAS (HMTIF) oleh Kang Zineda Zidan Zakky selaku ketua HMTIF dan Kang Rio Erika selaku Calon Ketua HMTIF periode selanjutnya. Banyak hal yang dapat mahasiswa manfaatkan dengan adanya himpunan ini seperti kegiatan diluar akademik maupun akademik yang mungkin tidak punya tempat atau pengajar, fungsi dari Himpunan inilah untuk mewadahi aspirasi mahasiswa Teknik Informatika.

Selesai pembahasan tentang bagaimana lingkungan Terknik Informatika acara dilanjutkan dengan sharing bersama alumni, sesi ini biasanya sangat ditunggu-tunggu oleh peserta karena pembahasan tentang pengalaman selalu yang paling menarik, seperti alumni teknik informatika yakni kang fares yang saat ini sudah sukses berbisnis di bidang UI dan UX, hal yang perlu mahasiswa ketahui bahwa kesulitan saat menjadi mahasiswa sudah pasti di alami oleh setiap orang yang ingin menjadi mahasiswa namun bagaimana kita mengelola hal itu semua agar saat kita lulus kita bisa memanfaatkan ilmu yang telah kita dapat saat menjadi mahasiswa dahulu, Tidak hanya kang Fares saja, ada kang Aria yang mungkin menjadi Alumni termuda Teknik Informatika pada tahun 2020 ini, kang Aria memaparkan bahwa menjadi mahasiswa di Teknik Informatika UNPAS sangatlah berkesan, banyak pengalaman yang di dapatkan oleh kang Aria salah satunya pengalaman pertukaran pelajar yang Kang Aria dapatkan saat menjadi mahasiswa dulu. Banyak Alumni lainnya yang saat ini telah sukses di bidang Informatika untuk lebih lengkapnya dapat kalian lihat dan dengar di Youtuber Fakultas Teknik dengan judul yang sama, semoga Roadshow ini dapat menginspirasi Mahasiswa baru untuk terus berkarya selagi masih menjadi mahasiswa tentuny