Roadshow Mahasiswa Baru Fakultas Teknik 2020 “Prodi Teknik Mesin”

Rabu, 9 September 2020 – Roadshow Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNPAS yang dilaksanakan secara Online atau Daring melalui media Zoom telah terlaksana dengan sukses, Roadshow yang diikuti kurang lebih 110 peserta terdiri dari Dosen, Alumni, serta Mahasiswa Baru ini sendiri dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi Teknik Mesin yakni bapak Dr.Ir. Sugiharto, MT. Dalam sambutannya Bapak sugiharto menyampaikan kepada mahasiswa baru Teknik Mesin angkatan 20 tentang apa itu teknik Mesin atau jurusan mesin. Tidak jauh berbeda dengan Roadshow sebelumnya, roadshow kali ini di pandu oleh Ibu Ghesti P Maryono S.T. selaku moderator yang memantau jalannya acara agar sesuai dengan rundown acara.

Agenda pertama setelah sambutan ketua Prodi yakni pembahasan secara lengkap tentang Program Studi Teknik Mesin oleh Bapak Sugiharto, seperti Profil Lulusan, Visi dan misi, Kurikulum, karakteristik Dosen, Mahasiswa dan Alumni, hingga prasarana dan Sarana. Mahasiswa Baru Teknik Mesin dibawa untuk memahami bagaimana garis besar untuk menjadi Mahasiswa Teknik Mesin yang baik dan benar, agar nantinya mereka tahu apa yang harus mereka lakukan saat menjalani perkuliahan di Program Studi Teknik Mesin. Setelah membahas tentang bagaimana kegiatan mahasiswa Teknik Mesin, bapak  Sugiharto menambahkan gambaran profil lulusan Teknik Mesin yang ternyata sangatlah luas tidak hanya itu beliau juga memamerkan sedikit kontribusi Alumni Mesin UNPAS dari waktu ke waktu. Semoga dengan hal tersebut Mahasiswa Baru dapat lebih bersemangat untuk mendalami ilmu dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya saat menjadi mahasiswa di Fakultas Teknik UNPAS.

Agenda kedua di lanjutkan dengan sharing alumni yang dipandu dan diarahkan oleh Sekretaris Program Studi Teknik Mesin bapak Ir. Toto Supriyono, MT. Sharing di mulai dengan kang gun gun tentang perjalanan beliau saat menjadi mahasiswa dahulu. Beliau mengatakan bahwa hal yang paling berkesan adalah tentang bagaimana membangun solidaritas pertemanan mengingat kang Gun Gun sendiri mempunyai sifat susah bersosialisasi, bagaimana berkolaborasi untuk mencapai seuatu dan sebagainya, dan menurut beliau juga hal tersebut banyak beliau dapatkan bahkan secara akademik juga ya saat beliau menjadi mahasiswa di Teknik Mesin UNPAS, Kang Gun Gun saat ini sukses berkarir menjadi Tenaga Pendidik. Setelah Kang Gun Gun masih banyak lagi Alumni yang pengalamannya sangat menginspirasi sekali.

Tidak hanya membahas tentang pengalaman Alumni saja ada beberapa alumni yang menceritakan tentang pengalamannya saat mengikuti UKM Gokart UNPAS, salah satu kebanggaan Program Studi Teknik Mesin yakni Kart Team yang di kelola oleh Teknik Mesin, UKM yang dapat diikuti oleh Mahasiswa Teknik Mesin ini telah mendapatkan berbagai macam penghargaan sebagai pemenang lomba dari skala lokal hingga nasional. Jika mahasiswa baru tertarik dengan UKM ini maka kalian tinggal mendaftarkan diri kalian saja di UKM Go Kart tersebut. Masih banyak pembahasan lain dalam Roadshow kali ini untuk lebih lengkapnya dapat dilihat langsung melalui youtube dengan judul yang sama, semoga saja mahasiswa yang mengikuti acara Roadshow kali ini merasa termotivasi untuk terus berkarya dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.