Sempat Ikut Pertukaran Pelajar ke Malaysia, Aria Bisma Wahyutama Menjadi Wisudawan Terbaik di Fakultas Teknik Unpas

Sabtu, 14 November 2020][ Universitas Pasundan mengadakan Sidang Terbuka Senat Universitas Pasundan dalam rangka Dies Natalis ke-60 di Hotel Aryaduta, Bandung. Bersamaan pula dengan digelarnya Wisuda Daring Gelombang 1 Tahun ajaran 2020\2021 untuk gelar Sarjana, Magister dan Doktor yang melantik 558 Wisudawan dan Wisudawati. 

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jususf Sp. Msi. M.Kom, Ketua PB Paguyuban Pasundan sekaligus Direktor Pascasarjana Unpas Prof. Dr. H. Didi Turmudzi M.Si, Ketua YPT Pasundan Dr. H. Makbul Mansyur, M.Si, bersama pimpinan prodi dan civitas akademika. 

Dalam kegiatan wisuda juga turut hadir para wisudawan dan wisudawati dengan IPK terbaik untuk mewakili fakultas masing-masing. Untuk Fakultas Teknik sendiri diwakili oleh Aria Bisma Wahyutama yang merupakan lulusan dari Teknik Informatika. Sudah dua tahun berturut-turut lulusan dari Teknik Informatika menjadi lulusan dengan IPK tertinggi di Fakultas Teknik Unpas. 

Aria mengungkapkan jika perasannya luar bisa saat mengetahui bahwa dirinya akan mewakili Fakultas Teknik saat Wisuda Daring walaupun dengan keterbatasan yang ada. Ia juga berhasil lulus dengan IPK 3,94 dan lama masa studi dihitung dari awal masuk kuliah yaitu 3 tahun 10 bulan. 

Setiap tahun Aria selalu menjadi mahasiswa dengan IPK tertinggi di angkatannya yaitu angkatan 2016 dan selalu mendapat beasiswa dari Fakultas atas raihan IPKya. Selain itu, Aria juga aktif di organisasi serta aktif menjadi asisten laboratorium program studi Teknik Informatika Unpas. “Intinya time management yang baik, biasakan setiap hari membuat schedule, kalau ngga bisa perminggu ya perhari. Ngga harus ditulis juga, bisa dibayangkan di angan-angan. Tapi semua schedule yang tersusun juga harus ditepati dan kita harus mikirin ganti kegiatan kalau misalkan ada kegiatan yang udah terencana tapi gagal.” Jelas Aria saat ditanya cara ia membagi waktu untuk kuliah, organisasi dan menjadi asisten. 

Melalui program pertukaran pelajar yang merupakan kerjasama Fakultas Teknik dengan Universiti Utara Malaysia (UUM), Aria bersama 4 orang temannya berhasil mendapat kesempatan untuk melakukan kuliah di UUM. Aria dan teman-temannya berangkat pada bulan Februari 2018 dan kembali ke Fakultas Teknik Unpas pada Juni 2018. Pada saat itu Aria merupakan satu-satunya yang berasal dari angkatan 2016 dan berhasil menyelesaikan studi selama 1 semester di UUMAria mengaku dalam menyesuaikan perkuliahan di UUM susah susah gampang, tapi karena prinsip dan mata kuliah yang diberikan saat ia berkuliah di Fakultas Teknik Unpas tidak berbeda jauh membuat ia tidak terlalu kesulitan dalam menyesuaikan mata kuliah yang ada karena pada dasarnya perkuliahan tentang computer science dimanapun itu sama. 

“Kesan dan pesan saya mengikuti wisuda daring ini luar biasa, bahkan di tengah tengah kita sedang berada di pandemi masih bisa melaksanakan wisuda walaupun dengan satu dua hal yang berbeda dari biasanya, buat teman-teman yang ikut yang penting kita bisa merasakan euforianya walaupun di rumah masing-masing. Dan buat teman-teman adik-adik yang belum lulus, mumpung di rumah ngga ngapa ngapain segera selesaikan tugas akhirnya supaya bisa nyusul sidang dan wisuda.” Pungkas Aria yang diwawancarai setelah Wisuda Daring selesai diadakan.