Mathventure Dari Teknik Informatika UNPAS

Pandemi Covid-19 masih terus menjadi permasalahan yang sedang diupayakan jalan keluar dan pengobatannya baik oleh pemerintah maupun tenaga medis. Berbagai elemen bersatu untuk dapat melewati masa-masa pandemi Covid-19. Bagi para mahasiswa seharusnya kondisi saat ini tidak menjadi halangan untuk dapat menorehkan prestasi yang membanggakan. Contohnya, para mahasiswa dari Fakultas Teknik UNPAS, Program Studi Teknik Informatika yaitu, kang Rizky, kang Bachtiar, dan kang Hasbi. Mereka bertiga merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika semester V angkatan 2018.  

Minat yang sama dari mereka bertiga memunculkan sebuah keinginan yang sama untuk dapat menorehkan prestasi dibidang Game Development. Kang Rizky pun menyebutkan bahwa pada mulanya game Mathventure merupakan salah satu tugas dari mata kuliah yang ada pada semester IV yaitu Pembangunan Aplikasi Multimedia, kelompok yang awalnya terdiri dari 5 orang kemudian menjadi 3 orang, dan terbentuklah Bersow Games. Mathventure pun disempurnakan kembali. Mathventure diikutsertakan dalam perlombaan Fasilkom UMB Codig Competition 3.0 Code Up Your Digital Technologies dalam kategori Game Development.  

Game Mathventure berfokus pada game pendidikan dengan tema matematika dasar untuk anak-anak. Bersow Games memilih hal tersebut dikarenakan ingin menghadirkan sebuah games yang bukan hanya menyenangkan tapi juga bisa mengedukasi bagi pemainnya. Serta tentunya ingin menghilangkan pandangan bahwa matematika itu menyeramkan. Mathventure yang merupakan game pendidikan matematika tingkat dasar ini memang sangat cocok dimainkan oleh anak-anak yang harus diajarkan bahwa matematika sebuah pelajaran yang menyenangkan. Metode game pun tentu menjadi sebuah solusi yang menarik.  

Meskipun kondisi saat ini memiliki tantangan tersendiri untuk dapat bekerja secara tim, namun bisa dilihat dari kerja sama Bersow Games untuk dapat membuktikan bahwa kerja sama masih bisa tetap berjalan dengan baik meskipun saat ini pertemuan-pertemuan secara fisik masih rentan untuk dilakukan. Tim Bersow Games membuktikan selama memiliki tujuan, niat dan usaha serta doa dalam kondisi apapun impian dan harapan tetap bisa diperjuangkan. Kang Rizky pun berharap dari Bersow Games ini teman-teman setimnya dapat lebih banyak belajar tentang Game Development terutama hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengembangan sebuah game. Tentunya, dari perlombaan yang diikuti bukan hanya mendapatkan pengalaman namun bisa menorehkan cerita dan evaluasi tersendiri bagi para peserta untuk dapat lebih mengembangkan bakat serta minat mereka.