Mahasiswa Teknik Peduli Bencana

Bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu, 9 Januari 2021 telah menyebabkan rumah-rumah warga yang berada di sekitar area longsor itu rusak. 

Dikutip dari liputan6.com sampai tanggal 27 Januari 2021 longsor tersebut juga menewaskan 40 orang, 22 orang hilang dan 3 orang luka berat. Hingga kini Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban yang masih dinyatakan hilang. 

Setelah terjadi bencana longsor, sejumlah warga terlihat mengungsi di beberapa posko pengungsian guna menghindari adanya longsor susulan. Untuk memudahkan akses jaringan, dikutip dari merdeka.com pemerintah dan relawan menunjang fasilitas posko pengungsian dengan menyediakan WiFi gratis di lima posko pengungsian. 

Selain membutuhkan fasilitas seperti WiFi, para pengungsi juga membutuhkan bantuan berupa kebutuhan pangan dan sandang. Oleh karena itu, Federasi Mahasiswa (FEMA) yang merupakan organisasi di lingkungan Fakultas Teknik Unpas menggalang donasi untuk para korban tanah longsor tersebut. 

FEMA bersama 6 himpunan lain (HMTI, HMTP, HMM, HMTIF, HMTL, HMPWK) bekerja sama untuk menggalang donasi terhadap korban bencana di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang Jawa Barat. 

Para pengurus FEMA mengajak para mahasiswa Fakultas Teknik untuk berdonasi dan mengajak untuk saling peduli terhadap sesama kita yang sedang terkena musibah serta ikut mengurangi beban para korban yang terkena bencana. Donasi yang digalangkan dimulai pada hari Selasa, 12 Januari 2021 sampai Jum’at, 15 Januari 2021. 

Pada Sabtu, 16 Januari 2021 para pengurus FEMA dan perwakilan dari masing-masing himpunan serta didampingi oleh Bapak Ir. Bukti Tarigan, M.T., dan Bapak Wawan dari Fakultas Teknik Unpas, berangkat langsung ke lokasi bencana untuk menyerahkan hasil donasi yang telah dikumpulkan. 

 Donasi ini diserahkan berupa uang tunai, pakaian dan kebutuhan pokok untuk para pengungsi. Donasi diserahkan kepada kepala posko yang berada di posko Kecamatan Cimanggung. 

Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meringankan sedikit beban para pengungsi dan bisa berguna bagi mereka. Dan Mari kita saling tingkatkan kepedulian kita terhadap sesama yang sedang terkena musibah.