Dekan Fakultas Teknik Unpas Menandatangani MoU dengan Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Kitakyushu Jepang

Senin, 26 April 2021 Dekan Fakultas Teknik Unpas telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Kitakyushu, Jepang. Penandatanganan ini merupakan perpanjangan dari kerjasama yang sudah terjalin sejak tahun 2014.

Penandatanganan kerjasama ini telah direncanakan sejak 2 tahun lalu, namun karena terhambat pandemi Covid-19 yang menjadikan kegiatan ini tertunda dan harus dilakukan secara daring. Kegiatan ini juga seharusnya dilakukan langsung di Kota Kitakyushu.

Gambar 1 Dekan Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Kitakyushu memberi sambutan pada saat acara penandatanganan MOU.

Melalui kerjasama ini, Fakultas Teknik Unpas khususnya program Studi Teknik Lingkungan secara rutin telah mengirimkan perwakilan mahasiswanya untuk kunjungan ke Kota Kitakyushu. Dalam kunjungan ke Kota Kitakyushu, mahasiswa mempelajari banyak hal, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup.

Gambar 2 Dekan FT UNPAS memberikan pidato perkenalan

Mahasiswa yang melakukan kunjungan ke Kota Kitakyushu mengunjungi beberapa tempat penting seperti Ecotown (pusat daur ulang), Water Plaza (instalasi pengolahan air limbah domestik), Hibikinada Biotope (daerah konservasi) dan museum-museum yang menjadi lokasi kunjungan mahasiswa.

Dalam kunjungannya, mahasiswa tidak hanya mempelajari mengenai teknik dan manajemen pengelolaan lingkungan, mahasiswa juga dikenalkan dengan budaya Jepang. Kunjungan mahasiswa ini dilakukan dengan dukungan pendanaan penuh dari JST (Japan Science and Technology Agency) dalam Sakura Program.

Perlu diketahui, Kitakyushu merupakan salah satu kota di Jepang yang berlokasi di Pulau Kyushu, kota ini terkenal sebagai kota yang sukses memperbaiki kondisi lingkungannya yang sebelumnya sangat tercemar. Namun, berkat kegigihan penduduk dan pemerintahnya, Kota Kitakyushu berhasil memperbaiki kondisi lingkungan baik air maupun udara. Bahkan, saat ini Kota Kitakyushu memiliki Ecotown, salah satu pusat daur ulang terbaik di Jepang.

Sejak berkerja sama dari tahun 2014, Fakultas Teknik Unpas telah secara intensif melakukan kegiatan-kegiatan akademik. Professor Matsumoto sebagai peneliti aktif di Departement of Life and Environmental Engineering secara rutin mengunjungi Bandung untuk melakukan kegiatan penelitian bersama dosen-dosen dari Fakultas Teknik Unpas.

Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan berkaitan dengan peningkatan mutu pembelajaran lingkungan hidup di sekolah dasar di Bandung, dengan mengujicobakan modul-modul pendidikan lingkungan hidup yang berlaku di Kota Kitakyushu.

Dalam acara penandatanganan perpanjangan kesepakatan kerjasama, Dekan Fakultas Teknik Universitas Kitakyushu mengundang 8 universitas Indonesia sebagai partner kerjasama melalui platform Zoom Meeting.

Gambar 3 Proses penandatanganan kesepakatan kerjasama (Dekan FT UNPAS di kanan atas; Dekan FTL UKK di kiri tengah)

Dekan Fakultas Teknik Unpas, Dr. Ir. Yusman Taufik, MP berharap ke depannya kerjasama tersebut dapat berjalan dengan lancar, baik dalam kualitas maupun kuantitas khususnya di bidang Teknik Lingkungan. Sehingga mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Unpas dapat menambah wawasan dalam penataan lingkungan di Indonesia. Terlebih lagi Teknik Lingkunan FT Unpas sudah terakreditasi A, yang tentunya dapat dijadikan tujuan untuk memilih jurusan ketika calon mahasiswa akan melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah.