Sudah Lulus USM Gelombang 1, Yuk Simak Tatacara Daftar Ulangnya

Minggu, 25 April 2021 Universitas Pasundan telah menggelar Ujian Saringan Masuk (USM) Gelombang 1. Yang di mana ujian tersebut merupakan rangkaian dari penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pasundan Tahun Ajaran 2021/2022. 

Ujian ini berlangsung secara daring dan pengumuman dapat dilihat sehari setelah pelaksanaan ujian di website akd.unpas.ac.id. Para calon mahasiswa yang telah dinyataka lulus harus melakukan daftar ulang. 

Proses ini diwajibkan bagi seluruh calon mahasiswa baru setelah lulus USM. Daftar ulang untuk gelombang pertama dibuka dari tanggal 26 April 2021 sampai 3 Juli 2021. 

Untuk proses daftar ulang sendiri dilakukan secara online juga. Setelah mengunjungi website PMB, calon mahasiswa baru harus mencetak Tanda Lulus USM yang tersedia di website. 

Lalu calon mahasiswa baru melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller Bank BJB, dapat melalui virtual account Bank Mandiri dan BNI. 

Setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa baru harus mengisi biodata dan mengunggah dokumen dengan login ke website akd.unpas.ac.id lalu klik BAA. Calon mahasiswa baru mengisi kelengkapan data profil mahasiswa secara lengkap dan benar. Karena yang diisikan adalah data diri orang tua, alamat tetap serta asal sekolah yang nantinya akan digunakan untuk pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT). 

Ketika kelengkapan data profil telah diisi, calon mahasiswa baru mengunggah dokumen-dokumen registrasi yang berupa : 

  1. Foto ukuran 3×4 (jpg) 
  1. Scan bukti pembayaran bank (asli) 
  1. Scan ijazah SMA atau Surat Keterangan Lulus SMA (asli) 
  1. Scan kartu keluarga dan KTP (asli) 

Dokumen yang sudah diunggah akan diverifikasi oleh petugas dan calon mahasiswa hanya tinggal menunggu Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) diterbitkan. Bagi calon mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akan menerima NPM yang dapat dilihat dan dicetak secara mandiri atau dikirim melalui email.