Alumni Teknologi Pangan Wakili Fakultas Teknik Menjadi Wisudawati Terbaik dalam Wisuda Gelombang II Universitas Pasundan

Shafira Annisa Rianti, ST alumni Teknologi Pangan hadir pada Wisuda Sarjana, Magister dan Doktor pada Sabtu, 29 Mei 2021 di Hotel Aryaduta, Bandung. Hadirnya Teh Shafira menjadi perwakilan dari Fakultas Teknik sebagai Wisudawati Terbaik dengan IPK nyaris sempurna yaitu 3.90. 

 

Seperti yang diketahui jika pada gelaran wisuda tersebut Universitas Pasundan melantik 337 Wisudawan dan Wisudawati. Yang di mana, Wisudawan dan Wisudawati Fakultas Teknik berjumlah 58 orang. 

Di situasi pandemi seperti ini, minat lulusan untuk mengikuti wisuda sangat menurun drastis dilihat dari banyaknya Wisudawan dan Wisudawati yang mengikuti wisuda kemarin. 

Namun, bagi Teh Shafira mengapa ia tetap mengikuti wisuda daring ini karena menurutnya situasi kedepan tidak ada yang tahu akan bagaimanaapakah sudah aman atau belum apabila melaksanakan wisuda secara offline. Maka dari itu Teh Shafira memilih ikut wisuda online agar lebih aman. 

Saat ditanya mengenai kesulitan mengerjakan tugas akhirnya Teh Shafira menjelaskan jika ia sedikit mengalami kesulitan. Karena ada keterbatasan waktu ketika melaksanakan tugas akhir di laboratorium dan keterbatasan orang di mana pada tugas akhir Teh Shafira terdapat respon organoleptik yang membutuhkan 30 orang sebagai panelis. dengan penelitian yang ia lakukan mengenai probiotik dengan topik selai probiotik lidah buaya. 

“Pada saat saya TA kebetulan sedang dilaksanakan praktikum online juga, dan dilaksanakan tiap hari jum’at dan sabtu di mana masing-masing asisten diharuskan untuk hadir di kampus, dan saya mengambil panelis dari asisten beberapa laboratorium di jurusan Teknologi Pangan, selain itu ada beberapa panelis yang merupakan keluarga, dan teman yang sama-sama sedang TA di LIPI,” jelas Teh Shafira 

Selain itu Teh Shafira mengaku jika ia juga kesulitan saat menghubungi pembimbing, karena sebelumnya saat bimbingan selalu tatap muka tetapi pada saat seperti ini diharuskan untuk menghubungi lewat WhatsApp saja. “Waktu itu sempat tidak dibalas beberapa minggu tetapi masih bisa teratasi bila kita sering memfollow-up dosen yang bersangkutan,” kata Teh Shafira. 

Hingga pada 17 Februari 2021, Teh Shafira melakukan sidang Tugas Akhirnya. Dalam persiapan sidangnya ia harus memastikan jaringan lancar karena ia melakukan sidang secara online. “Terus sebelum mulai sidang diadakan simulasi terlebih dahulu dengan teman agar penyampaian hasil tugas akhirnya tidak ada yang keliru, perbanyak diskusi dengan teman, lalu menyiapkan semua data yang dibutuhkan pada saat sidang, dan sebelum hari-h sidang istirahat dan makan yang teratur,” jelasnya. 

Mendekati hari wisuda, dimasukkan ke dalam grup WhatsApp Wisudawan dan Wisudawati Gelombang II dan diberitahukan oleh koordinator wisuda Pak Dadan bahwa Teh Shafira ini sebagai wisudawati terbaik yang mewakili Fakultas Teknik. 

Teh Shafira berpesan kepada teman-temannya yang masih berjuang mengerjakan tugas akhir untuk semangat dan selalu berusaha serta berdoa agar proses penyusunan tugas akhirnya segera dilancarkan dan dimudahkan.