Prosedur Pengajuan dan Pengambilan KTM untuk Mahasiswa Fakultas Teknik Unpas

Kartu Tanda Mahasiswa atau yang sering disebut KTM merupakan kartu yang wajib dipunyai oleh setiap mahasiswa. Terutama bagi mahasiswa baru karena kartu ini akan membantu mahasiswa dalam menempuh perjalanan kuliah. 

KTM ini selain berfungsi sebagai kartu tanda pengenal, di Universitas Pasundan KTM juga berfungsi sebagai rekening tabungan (ATM) yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk menabung di Bank BJB. 

Selain itu, mahasiswa juga dapat menggunakan KTM untuk mengajukan beasiswa dan untuk keperluan perpustakaan. KTM juga dapat digunakan untuk kegiatan non akademik kampus  seperti mendaftar kompetisi game online, kompetisi olahraga antar fakultas atau perlombaan lainnya. Sehingga, peran KTM ini sangat penting bagi mahasiswa selama kuliah. 

KTM juga bisa berfungsi sebagai tiket masuk event yang di mana ada harga mahasiswa di dalamnya. Dengan menunjukkan KTM, mahasiswa bisa mendapat harga tiket yang lebih murah daripada yang harga bagi umum. 

Bagi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pasundan yang belum mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa, mulai bulan ini sudah dapat membuatnya di Bank BJB Kampus IV Unpas Jl. Dr. Setiabudhi 193 Bandung. 

Pengajuan dan pengambilannya ini hanya bisa dilakukan di Bank BJB Kampus IV dan tidak bisa diwakilkan. Karena, mahasiswa juga sekaligus membuat rekening tabungan BJB yang harus ditanda tangani asli oleh mahasiswa yang bersangkutan. 

Adapun syarat yang harus dipenuhi yaitu : 

  1. Mencetak data diri yang ada di SITU Akademik FT Unpas 
  1. Foto copy KTP 
  1. Pas Foto 4×6 
  1. Materai 10.000 (1 buah) 
  1. Membawa uang 50.000 untuk pembukaan rekening BJB 

Bagi mahasiswa yang dari luar Bandung dan membutuhkan KTM, akan dibantu oleh Fakultas untuk dibuatkan surat keterangan pengganti KTM.