Sambut Mahasiswa Baru, FEMA Fakultas Teknik Adakan PKKMB Secara Virtual

Bandung, Fakultas Teknik Unpas – Senin, 4 Oktober 2021, Federasi Mahasiswa (FEMA) Fakultas Teknik Unpas mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Unpas angkatan 2021.  

Kegiatan PKKMB ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P beserta Wadek 1, Wadek 2 dan Wadek 3. Para Pimpinan Program Studi yang ada di lingkungan Fakultas Teknik Unpas juga turut hadir di dalam Aula. 

Bertemakan “Merangkai Ide dalam Bingkai Inovasi dan Adaptasi” kegiatan PKKMB ini disambut antusias oleh mahasiswa baru Fakultas Teknik. Para mahasiswa baru ini sudah memasang twibbon yang disediakan oleh Federasi Mahasiswa untuk menandakan kesiapan mereka mengikuti PKKMB. 

PKKMB ini dilakukan secara virtual via zoom meeting dan untuk penyelenggaraannya bertempat di Aula Kampus IV Universitas Pasundan. Pembukaan dimulai pukul 07.30 WIB yang diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Karatagan Pasundan. 

Yusuf Eko Winarto selaku ketua pelaksana kegiatan memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan. Dalam sambutannya Eko melaporkan jumlah mahasiswa baru Fakultas Teknik yang berjumlah 503 mahasiswa. 

“Saya berharap nanti mahasiswa baru Fakultas Teknik angkatan 2021 akan  menjadi militan-militan yang memperjuangkan dan melestarikan inovasi secara berkesinambungan,” ujarnya saat memberikan sambutan. 

503 mahasiswa baru yang dilantik pada kegiatan PKKMB terdiri dari : 

  1. Mahasiswa Prodi Teknik Industri : 100 mahasiswa 
  1. Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan : 120 mahasiswa 
  1. Mahasiswa Prodi Teknik Mesin : 76 mahasiswa 
  1. Mahasiswa Prodi Teknik Informatika : 135 mahasiswa 
  1. Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan : 34 mahasiswa 
  1. Mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota : 38 mahasiswa 

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P, juga memberikan sambutan sekaligus melantik mahasiswa baru secara simbolis kepada enam perwakilan mahasiswa baru yang hadir di Aula Kampus IV Unpas. 

“Sebagai mahasiswa kita harus lebih kreatif, seperti pada tema hari ini yang di mana kita harus berinovasi dan berkreasi, karena Fakultas Teknik mempunyai visi ke depan menjadi penyelenggara perguruan tinggi teknik yang unggul dalam berinovasi,” ujar Dekan Fakultas Teknik saat memberikan sambutan. 

Kegiatan PKKMB diisi dengan pemaparan profil, pemaparan sarana dan prasarana serta keuangan, pemaparan kemahasiswaan, pengenalan program studi secara singkat oleh masing-masig Kaprodi dan pemaparan kelembagaan yang ada di lingkungan FT Unpas. Selain pemaparan tersebut, terdapat juga materi mengupas tema PKKMB FT unpas 2021 dan materi dari Satu Persen yang merupakan Indonesian Life School. 

PKKMB ditutup dengan pemilihan ketua angkatan yang memang sudah menjadi hal wajib ketika dilaksanakannya kegiatan PKKMB. Sebelum diadakan pemilihan saat hari PKKMB, para calon ketua angkatan dipilih terlebih dahulu lalu mereka membuat cv, motivational letter dan MBTI. 

Setelah itu, mereka diseleksi dan terpilihlah enam calin ketua angkatan yang akan berorasi serta melakukan sesi tanya jawab dengan teman seangkatannya. Ketika hal itu sudah selesai, ketua angkatan ini dipilih langsung oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2021 melalui live voting yang ada di zoom. Dan terpilihlah, Moch. Nizar Al-Fattan mahasiswa dari Teknik Informatika yang menjadi ketua angkatan.