Mahasiswa Teknologi Pangan Berhasil Lolos Djarum Beasiswa Plus 2021

Bandung, Fakultas Teknik Unpas – Pengumuman Djarum Beasiswa Plus 2021 telah diumumkan pada 23 Agustus 2021 melalui laman djarumbeasiswaplus.org. Pengumuman ini dipercepat dari jadwal yang telah ditentukan. Yang di mana seharusnya diumumkan pada tanggal 20 September 2021. Satu mahasiswi asal Teknologi Pangan Fakultas Teknik Unpas berhasil lolos dalam seleksi beasiswa tersebut.

Dikutip dari laman resmi djarumbeasiswaplus.org, Djarum Beasiswa Plus merupakan program beasiswa dari Djarum Foundation yang sejak 1984 terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Berbeda dengan beasiswa lain, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima Djarum Beasiswa Plus) selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun mereka juga mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skill guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges dan International Exposure. Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai keterampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Visca Istiqo Zulka, mahasiswi Teknologi Pangan Fakultas Teknik Unpas angkatan 2019 yang berasal dari Sumatera Barat inilah yang berhasil mendapatkan Djarum Beasiswa Plus 2021. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang Visca ikuti untuk pertama kali. Dengan persiapan yang matang ia berhasil lolos seleksi.

Selama menjalankan proses seleksi, menurutnya tahap wawancaralah yang menurutnya sedikit lebih sulit dari tahap yang lain. “Saya sedikit parno karena tes wawancara kemungkinan gagalnya besar, jadinya untuk sesi interview saya benar-benar mempersiapkan diri untuk wawancara, seperti mencari kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan muncul, lalu bagaimana cara menjawab yang baik juga saya persiapkan,” jelas Visca.

Setelah menerima beasiswa ini, Visca mengaku jika ia senang bisa menjadi Beswan Djarum 2021, karena beasiswa ini merupakan beasiswa yang ia inginkan sejak menduduki bangku kuliah. Ia juga menuturkan jika ia bangga karena dapat menjadi perwakilan dari Fakultas Teknik unpas khususnya Program Studi Teknologi Pangan dalam program Djarum Beasiswa Plus 2021 ini.

Visca berpesan juga kepada adik tingkat yang juga menginginkan untuk mendapat beasiswa agar mulai aktif berorganisasi sejak awal semester. Karena Visca sendiri juga aktif bergabung dalam organisasi DKM Ulul Albaab dan LPM Jumpa.

“Kalau pesannya untuk adik tingkat, sebisa mungkin mulai aktif berorganisasi dari semester 1. Karna untuk mendapatkan beasiswa diperlukan pengalaman dan keaktifan kita dalam berorganisasi, selain itu juga untuk memambah relasi yang dapat membantu kita di dunia perkuliahan, untuk teman teman seangkatan pesannya tetap semangat dan aktif dalam mencari informasi beasiswa karna langkah awal kita mengikuti beasiswa adalah tau informasi tentang adanya beasiswa itu sendiri” pungkasnya.