IPK Nyaris Sempurna, Alumni Teknologi Pangan Menjadi Wisudawati Terbaik

Bandung, Fakultas Teknik Unpas – Sabtu, 13 November 2021 Universitas Pasundan menggelar Sidang Terbuka Senat Universitas Pasundan dalam rangka Dies Natalis Universitas Pasundan yang ke-61 serta Wisuda Sarjana, Magister dan Doktor Gelombang 1 Tahun Akademik 2021-2022.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid. Untuk pelaksanaan secara luring, kegiatan ini dilaksanakan di Mandala Saba R. Otto Iskandar Dinata, Kampus IV, Jalan Dr. Setiabudhi no. 193, Bandung. Untuk pertama kalinya pula sejak didirikannya Universitas Pasundan, wisuda dilaksanakan di kampus.

“Wisuda hari ini, tanggal 13 November 2021 merupakan sejarah baru dan pertama kali sejak Universitas Pasundan berdiri 61 tahun yang lalu wisuda dilaksanakan di kampus,” ujar Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. I.P.U. dalam sambutannya.

Pada kegiatan tersebut, sebanyak 674 alumni dilantik menjadi wisudawan dan wisudawati. Setiap kegiatan wisuda ini selalu menghadirkan wisudawan dan wisudawati terbaik dari masing-masing Fakultas di masing-masing jenjang. Untuk perwakilan alumni dari Fakultas Teknik sendiri berasal Program Studi Teknologi Pangan, Fatimah Zuhrah.

Alumni yang berasal dari Lombok ini, menjadi perwakilan Fakultas Teknik dalam kegiatan wisuda dengan raihan IPK yang nyaris sempurna yaitu 3.90. Fatimah menempuh masa kuliahnya selama 4 tahun 4 bulan di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Pasundan.

Saat diwawancarai, Fatimah menjelaskan alasan ia mengikuti wisuda online ini. “Alasan saya ikut wisuda online diantaranya karena keinginan ibu sudah sejak lama, kemudian hadiah buat bapak juga karena telah wafat pada bulan april 2021 kemudian lebih cepat dan harganya lebih murah dibandingkan yg offline,” jelasnya.

Topik yang diambil oleh Fatimah ini yaitu pembuatan bioplastik, dengan judul Tugas Akhir ‘Pembuatan Bioplastik Pati Singkong Dengan Penambahan Kitosan Asetat Terhadap Laju Penurunan Mutu Dodol Rumput Laut’.

“Bioplastik adalah singkatan dari bio yang artinya hidup dan plastik yang artinya kemasan plastik jadi bisa disebut juga kemasan plastik yang ramah lingkungan yang terbuat dari bahan alam yang mudah terurai (biodegradable) dan tidak menyebabkan pencemaran,” jelas Fatimah.

Dalam melakukan penelitiannya, Fatimah bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Penelitiannya ini ia kerjakan kurang lebih 6 bulan dan berhasil sidang pada 25 Januari 2021 yang lulus dengan predikat cumlaude serta IPK 3.90.

Selama pengerjaan penelitiannya, Fatimah juga sempat mengalami kendala. ”kendalanya paling saat di lab menunggu giliran penggunaan alat karena di LIPI kan harus bergiliran, selain itu kegagalan saat pembuatan formulasi soalnya dulu trail and error-nya sampai 3 bulan baru dapat formulasi terbaiknya,” ujarnya.

Saat berkuliah di Fakultas Teknik Unpas, Fatimah selain fokus menimba ilmu, ia juga aktif di organisasi DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Ulul Albaab. “Di sela kegiatan organisasi saya memanfaatkan waktu untuk mengerjakan tugas dan untuk belajar saya memperhatikan setiap ilmu yang dosen berikan,” jelas Fatimah.

Saat ditanya apakah ia akan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih lanjut, Fatimah menjawab jika ia akan bekerja dahulu sambil mencari beasiswa S2. Fatimah sangat berterima kasih kepada Universitas Pasundan yang telah memilihnya sebagai wisudawati terbaik perwakilan Fakultas Teknik.

“Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka akan menjadi wisudawati terbaik. Tentunya saya bahagia dan terharu dan juga ini akan saya persembahkan untuk orang tua saya. Untuk teman-teman yang masih berjuang, tetap semangat jangan pernah membandingkan diri kalian dengan orang lain. Karena kalian mempunyai jalan masing-masing untuk menuju kesuksesan,” pungkasnya.