FGD Evaluasi Implementasi Kebijakan MBKM Di Prodi Teknik Informatika UNPAS

Pada hari Minggu, 26 Desember 2021 Prodi Teknik Informatika UNPAS melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan tersebut tepatnya terlaksana pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. FGD ini melibatkan dosen Teknik Informatika UNPAS, tenaga kependidikan Teknik Informatika UNPAS bersama dengan beberapa mitra yaitu MOOC Aptikom, Fakultas Ekonomi Bisnis UNPAS, PT. Agate, PT. Taka, PT. Lapi, PT. Maxxima, Mahasiswa peserta MBKM 2020 dan 2021, Perwakilan Mahasiswa dan juga Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UNPAS.

Google Form telah dibagikan melalui instagram @informatikaunpas untuk melakukan survey terhadap evaluasi implementasi MBKM ini. Pertanyaan yang diajukan salah satunya adalah mengenai bentuk kegiatan pembelajaran di luar program studi yang dipilih, kebanyakan responden menjawab magang/praktik kerja. Ada pun kritik dan saran yang masuk salah satunya adalah informasi mengenai MBKM bisa tersampaikan hingga ke tiap-tiap mahasiswa agar dapat mengirimkan hardcopy ataupun softcopy yang berisi informasi MBKM masing-masing ke mahasiswa, baik melalui pos ataupun email, agar tiap mahasiswa yang ingin menggapai impiannya dapat diwujudkan dan juga lebih memperbanyakan sosialisasi mengenai MBKM.

Selain itu ada pula evaluasinya adalah mengenai penyebaran informasi yang mendadak dan kurang, Ketua Prodi Teknik Informatika UNPAS pun menyambut evaluasi tersebut dengan tangan terbuka dan menjelaskan bahwa kedepannya pihak Prodi Teknik Informatika UNPAS akan lebih informatif kembali perihal informasi MBKM ini, dan penyebaran informasi MBKM ini juga disebarkan melalui media sosial instagram @informatikaunpas. Selain menunggu informasi dari media sosial instagram Teknik Informatika UNPAS mahasiswa pun dapat langsung mencari informasi ke instagram MBKM yaitu @kampusmerdeka.ri.

Evaluasi yang diberikan oleh beberapa mitra adalah oleh MOOC Aptikom, mahasiswa yang mengikuti MOOC Aptikom dapat mengikuti dengan baik. Selain itu, Fakultas Ekonomi Bisnis UNPAS juga menyampaikan mahasiswa Teknik Informatika UNPAS yang mengambil mata kuliah Manajeman Investasi dan Portofolio dapat mengikuti mata kuliah dengan baik meskipun mata kuliah tersebut adalah untuk mata kuliah semester 5, dan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut sudah mulai investasi langsung baik ke saham maupun ke reksadana. Sudah dilakukan kuis dan ujian pun, dinilai dari nilai kuis dan IPS nya pun bagus.

Sedangkan PT. Taka juga menyebutkan bahwa Marsha, mahasiswi yang magang tersebut sudah menyelesaikan magangnya dengan baik, dan pihak PT. Taka pun puas untuk hasilnya. Tanggapan yang diberikan oleh dosen sendiri ialah harus lebih mempersiapakan kembali dari jauh-jauh hari perihal persiapan MBKM, bisa juga mengundang mahasiswa ataupun mahasiswi yang mengikuti MBKM sebelumnya untuk sharing perihal apa saja yang perlu dipersiapakan. Tantangan yang dirasakan oleh pak Fajar pun sebagai dosen pembimbing adalah untuk tetap terus semangat dalam pelaksanaan MBKM, untuk terus merangkul dan mendengarkan bagaimana pelaksanaan dan kendala yang dihadapi ketika MBKM dilaksanakan.

Mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti MBKM juga menyebutkan bahwasanya manajeman waktu adalah salah satu hal utama yang diperlukan agar semua tanggungjawab yang diambil tetap dapat terlaksana. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UNPAS pun menyebutkan bahwasanya diharapkan kedepannya pihak prodi dengan himpunan dapat lebih bersinergis kembali untuk penyebaran informasinya, dan informasi yang diberikan adalah informasi yang detail.