Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Resmikan Tiga Laboratorium Baru di Teknologi Pangan Unpas

Bandung, Fakultas Teknik Unpas – Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan meresmikan tiga laboratorium baru di Teknologi Pangan Unpas pada Jum’at, 14 Januari 2022. Tiga laboratorium ini diperoleh dari program Hibah Kemdikbud melalui Program Kompetensi Kampus Merdeka yang di antaranya Laboratorium Pilot Plant, Laboratorium Komputasi Proses dan Laboratorium Studio Multimedia.

Dalam peresmian ini turut hadir Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si., Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU., Wakil Rektor 2, Dr. Ir. H. Yudi Garnida, M.P., Ketua Tim Taskforce PKKM Universitas Pasundan Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd. M.T., Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Syiar Islam (LPPSI) Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag., Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P., dan para Wakil Dekan di Lingkungan Fakultas Teknik Unpas serta para dosen dari Program Studi Teknologi Pangan.

Saat memberikan sambutan, Ketua Program Studi Teknologi Pangan Dr. Ir. Yusep Ikrawan, M.Sc. menerangkan jika fasilitas ini akan digunakan sebagai pengembangan ke depannya oleh mahasiswa dan dosen.

“Tiga laboratorium ini di antaranya Laboratorium Pilot Plant, Laboratorium Komputasi Proses dan Studio Multimedia yang kedepannya lab. ini akan kami gunakan sebagai pengembangan baik mahasiswa serta dosen,” terangnya.

Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU., berharap sarana baru ini bisa menjadi pusat kreativitas baik dosen dan mahasiswa untuk meneliti serta juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi. Terlebih lagi, beliau menuturkan jika kita kini berada di era “Paradigm Sharing”.

“Manfaatkanlah sarana dan prasarana laboratorium ini untuk kemajuan Prodi Teknologi Pangan dan Fakultas Teknik. Karena tidak menutup kemungkinan, prodi sejenis dari luar Unpas dapat menikmati fasilitas ini, apalagi kita sedang memasuki era ‘paradign sharing’, paradigma berbagi yang di mana kita bisa memanfaatkan fasilitas dari kampus lain dan kampus lain juga dapat memanfaatkan fasilitas yang kita miliki di MBKM ini,” tuturnya.

Tak hanya itu, Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si., juga mengucapkan selamat kepada Program Studi Teknologi Pangan dan berharap laboratorium yang baru dapat memberikan manfaat bagi program studi serta Universitas Pasundan.

Saat diwawancarai Tim Media Fakultas Teknik Unpas, Ketua Program Studi Teknologi Pangan menjelaskan kegunaan dari masing-masing laboratorium yang baru saja diresmikan. Laboratorium Studio Multimedia akan difokuskan untuk kegiatan promosi. selain itu, laboratorium ini juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian penelitian dosen serta kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Laboratorium Pilot Plant merupakan prasyarat untuk mengikuti akreditasi internasional, dengan adanya laboratorium ini pihak prodi Teknologi Pangan berharap dapat mengajukan akreditasi IFT. Selain untuk persiapan akreditasi IFT, mahasiswa dapat mengamati proses dari produksi pangan yang utamanya produk minuman. Sehingga ketika masuk dunia industri mahasiswa sudah tidak kaget

dengan proses yang terjadi di industri. Mahasiswa juga dapat mengembangkan produk-produk yang berkaitan dengan baverages minuman untuk peluang wirausaha.

Laboratorium Komputasi Proses menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memformulasikan suatu produk sebelum melakukan mengolah produk. Pengolahan data penelitian serta pembuatan model dan simulai juga dapat dilakukan di laboratorium ini. Sehingga, peluang mahasiswa melakukan penelitian bisa lebih luas lagi tidak hanya di laboratorium pangan pada umumnya.

“Harapan ke depannya mahasiswa mampu berinovasi dan berkreasi khususnya berkaitan dengan proses atau produk dari minuman yang dihasilkan. Mudah-mudahan juga ketiga lab ini bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa tentu saja yang terkait dengan pengembangan pangan,” pungkas Bapak Dr. Ir. Yusep Ikrawan, M.Sc.