10 Kebiasaan Buruk bagi Mahasiswa

Fakultas Teknik UNPAS – Selamat tahun baru Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pasundan, gimana libur tahun barunya ?, pasti seru. Bicara tentang tahun baru, tak sedikit dari kita yang memiliki harapan dan resolusi baru.

Pepatah mengatakan “Hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin”, tidak hanya itu Nabi Muhammad SAW juga bersabda “barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dia tergolong orang yang beruntung, barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dia tergolong orang yang rugi, dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dia tergolong orang yang celaka”

Menjadi lebih baik memang keinginan semua orang namun dalam menjalankannya memang tidak mudah, terutama bagi mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan perkuliahan hingga tak sadar bahwa hidupnya juga harus dibenahi.

Kamu mungkin sudah nyaman dengan kebiasaan tersebut dan enggan untuk merubahnya atau ingin merubah tapi sangat susah menerapkannya, tapi tau gak sih kalau ada kebiasaan yang harus ditinggalkan karena bukan hanya berdampak buruk tapi juga buang-buang waktu, berikut adalah 10 Kebiasaan buruk bagi Mahasiswa.

1. Menunggu Inspirasi

Kebiasaan buruk yang pertama adalah menunggu inspirasi, mahasiswa seringkali menjadikan “gak ada inspirasi” sebagai justifikasi untuk menunda sebuah tugas.

Seperti mahasiswa teknik informatika yang sedang membuat design gambar atau teknologi pangan yang sedang merancang design produk. Inspirasi memang sangat berpengaruh pada kualitas tugas, akan tetapi jika kamu tetap diam menunggu inspirasi bisa dipastikan tugasmu tidak akan selesai dan banyak waktu terbuang sia-sia.

2. Khawatir tentang pendapat orang

Khawatir tentang pendapat orang adalah kebiasaan buruk yang kedua, kamu tidak akan akan bisa berkembang jika masih khawatir dengan pendapat orang di sekitarmu.

Kamu akan merasa cemas, kamu takut untuk melakukan perubahan, kamu merasa perlu menjaga citra diri di hadapan orang lain, hal tersebut membawa efek buruk bagi dirimu sendiri.

Untuk menjadi mahasiswa sukses kepercayaan diri itu perlu, menerima kritik boleh tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai penentu semua aspek dalam hidupmu.

3. Sering mengeluh

Tugas banyak dan waktu kurang, dua hal itu menjadi lumrah dikalangan mahasiswa fakultas teknik. Keadaan tersebut membuat mahasiswa kehilangan banyak waktu luang (untuk main) dan menjadikannya alasan untuk mengeluh.

Kebiasaan mengeluh sangat tidak bermanfaat bagi mahasiswa karena selain buang-buang waktu, tugas yang harusnya kamu kerjakan malah jadi terbengkalai karena ditinggalkan.

4. Menyenangkan semua orang

Kebiasaan buruk ke 4 adalah menyenangkan semua orang, kebiasaan ini berhubungan erat dengan kebiasaan nomer 2, kenapa bisa begitu ?

Karena saat kamu khawatir dengan pendapat orang lain kamu akan berusaha untuk menyenangkan semua orang, percaya atau tidak pada dasarnya orang tidak terlalu peduli dengan perubahan yang kamu lakukan.

Kamu hanya akan menyiksa dirimu sendiri jika harus menyenangkan semua orang yang ada di sekitarmu.

5. Membandingkan dirimu dengan orang lain

Kok orang lain bisa sukses ya ?, kok aku enggak, dia bisa deket sama dosen ini ya kok aku gak, banyak hal yang bisa kamu bandingkan dengan orang lain. Jika dengan membandingkan, kamu akan termotivasi untuk menjadi lebih baik Oke Fine.

Tapi jika tidak ?, kamu hanya akan merasa iri saja dan tidak membuatmu beranjak dari dirimu yang saat ini, untuk mengindari hal ini yang perlu kamu lakukan hanya jadilah dirimu sendiri.

6. Mengulang kesalahan yang sama

Semester 1 selalu telat, semester 2 masih telat, semester 6 masih juga telat. Kamu sebenernya niat kuliah atau nggak sih ?, mengulang kesalahan sekali dua kali masih wajar, tapi jika sampai berulang kali bukan cuma hidupmu saja yang bermasalah tapi kamu juga bermasalah.

7. Perfeksionis

Selalu ingin semua hal terlihat sempurna, perfeksionis merupakan sesuatu yang baik, siapa yang tidak ingin menghasilkan sesuatu yang sempurna dan sesuai harapan. Namun jika berlebihan malah nggak baik.

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kecemasan, kelelahan hingga memperlambat pekerjaan yang kamu kerjakan. Selain itu jika hasil yang kamu kerjakan di kritik oleh orang lain dan kamu tidak bisa menerimanya dapat menyebabkan kekecewaan yang sangat besar karena kamu sudah mengerahkan seluruh kemampuan pada tugas tersebut.

8. Salah mengatur skala prioritas

Salah mengatur skala prioritas dapat menyebabkan hidupmu berantakan, skala priotitas dapat membuatmu tau mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana yang harus ditunda terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat memenuhi kebutuhan dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Karena jika tidak, saat kamu dihadapkan dengan tugas yang banyak kamu akan sangat kewalahan dan tidak mampu menyelesaikan tugas sebagaimana mestinya.

9. Takut gagal

Mumpung masih jadi mahasiswa jangan pernah takut gagal, walaupun dalam menerapkannya tidak semudah yang dikatakan, kebiasaan ini sering terjadi dikalangan mahasiswa karena mereka tidak percaya diri dan takut mengecewakan orang lain.

Kebiasaan ini dapat kamu hadapi dengan santai, tidak perlu merasa terbebani setiap melakukan sebuah kesalahan, coba sekali-kali berbuat salah, ambil pelajaran dari kesalahan tersebut dan jangan pernah mengulanginya kembali.

10. Tidak menjadi dirimu sendiri

Semua kebiasaan buruk diatas menjadikan dirimu tidak berkembang sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu hidup dalam bayang-bayang pendapat orang lain, takut akan kegagalan, selalu membanding-bandingkan, hingga kamu lupa bahwa kesuksesan orang itu berbeda-beda.

Kamu harus mulai meyakini bahwa kamu itu unik, tidak ada yang seperti kamu dan kamu harus menjadi dirimu sendiri, selama kamu tidak merugikan orang lain tetaplah jadi dirimu sendiri.

Gimana ?, apakah kebiasaan yang sering kamu lakukan termasuk 10 kebiasaan diatas, kalau iya bukannya saat ini waktu yang paling tepat untuk melakukan perubahan. Jika kamu masih belum ingin berubah coba refleksi dirimu di masa lalu apakah kebiasan diatas membawamu pada kesuksesan.

Jika tidak mengapa kebiasaan tersebut masih kamu pertahankan, mari kita sama-sama berubah menjadi pribadi yang lebih baik, bangunlah kebiasaan baik yang akan membawamu kepada kesuksesan agar tidak menyesal di kemudian hari.