10 Pekerjaan Freelance Terbaik yang paling banyak dicari

Fakultas Teknik UNPAS – Kuliah tentu penting, tapi apakah kamu hanya akan terus belajar tanpa menambah pengalaman ?, alasan mengapa banyak lulusan sarjana menganggur karena mereka kaget dengan kebutuhan perusahaan diluar sana. Kamu mau seperti itu ?

Jika tidak, cobalah untuk menambah pengalaman serta pengetahuan mu di dunia kerja dengan bekerja freelance, memang butuh manajemen waktu yang baik untuk mengaturnya, tapi kamu gak akan menyesal jika mencobanya.

Berikut 10 Pekerjaan freelance terbaik yang paling banyak dicari di Indonesia bahkan di luar negeri.

1. Penulis

Jika kamu memiliki keahlian membuat tulisan yang baik mungkin kamu cocok untuk menjadi penulis, baik content writer atau copywriter.

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis untuk mengisi konten seperti artikel blog, koran, naskah pidato, dan masih banyak lagi. Sebagai mahasiswa kamu pasti akrab dengan menulis.

Oleh karena itu pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu ,terlebih jika kamu memiliki skill menulis dan pengetahuan tentang bahasa yang memadai.

 

2. Web atau Mobile Developer

Mahasiswa jurusan IT ?, pekerjaan freelance ini udah paling cocok. Ibarat menyelam sambil minum air, sembari menempuh ilmu programming web atau mobile kamu bisa bekerja jadi Web atau Mobile Developer.

Kamu tidak harus pro untuk menjadi web atau mobile developer, selama kamu menguasai dasar-dasar pemrograman dan cara penggunaan tools untuk membuat aplikasi tersebut pasti akan baik-baik saja.

Kamu bisa meminta bantuan teman atau dosen programing jika menemukan masalah pada baris program yang tidak kamu ketahui, tertarik ?

 

3. Content Creator

Pekerjaan Freelance yang paling banyak digandrungi golongan milenial adalah Content Creator. Biasanya content creator bekerja sama dengan suatu brand dengan tujuan untuk mempromosikan brand tersebut di sosial media.

Tugas Content Creator adalah mengumpulkan ide, data, serta meriset sebuah konsep yang berhubungan dengan brand yang akan dipromosikan, pekerjaan content creator terbilang cukup sulit karena membutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi serta jam terbang yang cukup lama.

 

4. Fotografer

Suka foto ?, daripada hasil jepretanmu hanya memenuhi memori akan lebih baik jika kamu mencoba untuk menjualnya di platform jual beli foto, banyak platform digital seperti Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, dll.

Namun jika kamu cukup percaya diri dengan hasil jepretanmu dan memiliki alat yang memadai cobalah untuk membuka jasa fotografi. Kurang mahir memotret ?, gak papa, kamu bisa buka jasa editing foto kok.

 

5. Videografer

Pekerjaan freelance selanjutnya adalah videografer, secara konsep fotografer dan videografer bisa dikatakan sama, kamu akan berurusan dengan angle, pencahayaan, ratio, dll. Untuk menjadi videografer yang handal kamu tidak bisa asal merekam tanpa mengetahui tata cara pengambilan video.

Penghasilan rata-rata pekerjaan freelance videografer terbilang cukup tinggi karena proses pembuatannya yang lumayan berat, sederhananya videografer harus mampu melewati tahapan konsep, take video, editing, hingga finishing.

 

6. Desainer Grafis

Biasanya orang-orang yang menjadi desainer grafis adalah orang yang suka menggambar, apakah kamu salah satunya ?, jika iya maka pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu, pekerjaan seperti membuat logo, infografis, poster, dll adalah beberapa pekerjaan yang akan kalian geluti jika menjadi desainer grafis.

Selain keahlian menggambar kamu juga dituntut untuk mampu mengoperasikan tools seperti adobe illustrator, corel draw, hingga autoCad untuk mendigitalkan hasil gambar yang telah kamu buat di kertas. Potensi pekerjaan ini sangatlah besar karena setiap tahun pasti ada perusahaan baru yang membutuhkan logo, akan ada event-event yang membutuhkan poster dsbnya.

 

7. Digital Marketer

Lagi-lagi pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan komputer, profesi ini cukup populer dan bisa dikatakan sangat dibutuhkan, banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang yang ahli di bidang Digital Marketing.

Profesi ini dituntut untuk menguasai berbagai macam pemasaran secara online, baik mengguna website, email, iklan di sosmed, dllnya.

Akan tetapi kamu tidak harus paham semua model marketing karena kamu baru akan mencoba menggeluti profesi ini, cukup paham satu platform saja dan jika sudah berjalan dengan baik mulailah mencoba platform digital lainnya.

 

8. Pengisi Suara

Untuk menjadi pengisis suara kamu tidak perlu memiliki kualitas suara yang bagus, selama suaramu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusaahan atau orang yang menyewa jasamu itu sudah cukup.

Walaupun kamu jarang melihat bahkan mendengar lowongan kerja sebagai pengisi suara namun peluang yang terbuka sangatlah besar, kebanyakan lowongan tersebut dibuka untuk mengisi suara video game, kartun, hingga audiobook. Jadi jangan patah semangat ya.

 

9. Influencer

Sama seperti Content Creator, profesi Influencer sangat digandrungi generasi milenial, trend penggunaan sosial media yang terus meningkat mengakibatkan banyak pengguna dengan follower tinggi mendapatkan tawaran untuk melakukan endorse produk.

Tidak hanya endorse produk, influencer juga mampu menaikan popularitas sebuah tempat jika ia berkunjung ke tempat tersebut. Terdapat beragam jenis influencer dengan persona dan preferensi yang berbeda-beda.

Jika kamu suka traveling, luangkan waktumu untuk mengabadikan momen tempat kamu berpijak siapa tahu kedepannya kamu bisa jadi influencer di bidang traveling.

 

10. Translator

Pekerjaan freelance terakhir adalah Translator, profesi ini cukup sederhana namun jangkauannya luarbiasa. Jika kamu memiliki skill bahasa yang baik, profesi ini sudah yang paling cocok untuk kamu.

Untuk mengisi luang, kamu bisa bekerja untuk menerjemahkan sebuah naskah pidato, buku, Film, dsbnya. Selain itu kamu juga bisa menjadi guide bagi para turis saat ingin berkunjung ke objek pariwisata.

Mumpung status kamu saat ini masih mahasiswa, dari pada kamu sibuk di kampus alangkah lebih baik kamu mencoba salah satu profesi diatas agar pengalaman dan pengetahuanmu bertambah.

Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir lagi jika datang tanggal tua karena kamu memiliki pemasukan lain untuk menopang hidupmu sendiri. Jangan menyerah ya Guys.

Source : https://www.makeuseof.com/tag/best-freelance-jobs-search-websites/ https://glints.com/id/lowongan/pekerjaan-freelance-yang-banyak-dicari/#.YYypBJhBzIU https://www.ekrut.com/media/10-profesi-freelancer-yang-paling-banyak-dicari https://www.parapuan.co/read/532738902/menjanjikan-honor-tinggi-ini-10-pekerjaan-freelance-paling-dicari https://www.99.co/blog/indonesia/kerja-freelance/