6 Jurusan Teknik yang cocok bagi lulusan SMK saat kuliah. Pengen ambil Teknik saat kuliah tapi bingung jurusan apa ? 

Sudah bukan hal asing jika profil lulusan SMK dipersiapkan untuk terjun langsung ke dunia kerja, seperti Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang menjadi teknisi jaringan atau Teknik Otomotif yang menjadi montir di bengkel ternama. 

Faktanya tidak sedikit lulusan yang lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yakni kuliah. Berbagai konflik batin pun tidak dapat dihindarkan seperti persoalan memilih jurusan kuliah. 

Walaupun lulusan SMK seharusnya tidak merasa kesulitan dalam memilih, simplenya tinggal memilih jurusan yang sesuai dengan jurusannya dulu saat SMK, namun tetap saja tidak semudah itu karena terkadang siswa memilih jurusan yang berbeda dengan alasan sudah tahu pahitnya jurusannya dulu. 

Namun kalian tidak perlu khawatir karena saat SMK siswa banyak praktek maka lebih cocok jika kalian memilih jurusan teknik karena di Teknik kalian akan lebih banyak praktek dari pada jurusan lainnya, berikut 10 Jurusan teknik saat kuliah yang dapat dijadikan referensi bagi lulusan SMK. 

  1. Jurusan Teknik Industri 

Perkembangan industri yang semakin cepat membutuhkan banyak sumber daya manusia yang paham akan pengelolaan industri secara komprehensif. Jika kalian saat SMK dulu memilih jurusan Teknik dan Manajemen Industri, Teknik dan Manajemen Pergudangan, serta Teknik dan Manajemen Transportasi maka mengambil jurusan Teknik Industri menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kalian. 

Tidak hanya memudahkan dalam hal penyesuaian mata pelajaran jurusan ini juga cukup mudah di temukan di hampir semua Universitas di Indonesia dan tidak sedikit juga yang sudah terakreditasi A.  

Selain itu prospek kerja lulusan teknik Industri juga terbilang aman, karena semenjak pandemi Covid-19 ini kebutuhan manufacturing masih stabil dan tidak mengalami penurunan. Oleh karena itu lulusan SMK yang akan mengambil jurusan Teknik Industri tidak perlu khawatir dalam mencari pekerjaan nanti. 

 

  1. Jurusan Teknologi Pangan 

Sepertinya tidak ada jurusan SMK yang berhubungan dengan makanan, eh jangan salah. Walaupun jurusan Teknologi Pangan ini mungkin hanya ada saat kuliah namun bagi kalian lulusan SMK kesehatan bisa juga memilih jurusan ini sebagai salah satu opsi. 

Tidak sepenuhnya dapat dihubungkan dengan jurusan farmasi dan turunannya, akan tetapi jurusan ini menghasilkan tenaga ahli yang paham akan pengelolaan pangan, dimana pengelolaan pangan itu tidak luput dari analisis manfaat kesehatan bagi manusia. 

Universitas yang membuka jurusan Teknologi Pangan memang tidak sebanyak Teknik Industri tapi kebutuhan pangan di masyarakat akan terus berkembang jadi jika kalian masuk jurusan ini sedikit kemungkinan kalian tidak mendapatkan pekerjaan di masa depan. 

 

  1. Jurusan Teknik Mesin 

Ini nih jurusan yang isinya laki-laki semua, karena banyak yang menganggap bahwa Teknik Mesin hanya cocok bagi laki-laki karena bekerja di Bengkel. Akan tetapi banyak juga perempuan yang masuk jurusan ini saat kuliah nanti lho guys. 

Jurusan SMK seperti teknik otomotif, Teknik permesinan, hingga Teknik Pengelasan sangat cocok untuk masuk ke jurusan teknik Mesin bahkan jika kalian hanya sekedar penghobby motor atau mobil bisa juga bisa masuk jurusan ini.

Untuk perempuan jangan minder karena kehidupan kuliah di Teknik Mesin tidak sepenuhnya praktek dan bisa juga setelah lulus nanti kalian bisa menjadi konsultan atau pengajar. Selain itu prospek kerja Teknik Mesin juga terus berkembang beriiringan dengan Era Industri yang saat ini mencapai 4.0 

 

  1. Jurusan Teknik Informatika 

Jurusan dengan segala persoalan rumitnya, dalam pandangan masyarakat Teknik Informatika dianggap sebagai jurusan yang menghasilkan SDM menyerupai superman alias manusia segala bisa. 

Tidak salah namun tidak benar juga, pada dasarnya memang banyak yang di pelajari di jurusan ini yang berkaitan dengan Hardware dan Software, bagi lulusan SMK dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan, Rekaya Perangkat Lunak, Multimedia, hingga animasi atau apapun yang berkutat dengan pemrograman hingga editing sudah pasti cocok masuk jurusan ini. 

Selain itu Teknik Informatika termasuk jurusan dengan tingkat kepopuleran yang tinggi dan hampir semua Kampus membuka jurusan ini, selain itu kemudahan dalam mendapatkan kerja menjadi nilai lebih jurusan ini karena saat ini hampir tidak ada aktivitas yang luput dari teknologi. 

 

  1. Jurusan Teknik Lingkungan 

Siapa yang suka menjaga lingkungan dari segala hal yang bersifat merusak..?, pasti semua orang suka menjaga lingkungan tapi Teknik Lingkungan disini bukan jurusan yang menghasilkan lulusan yang gemar menjaga lingkungan ya guys. 

Jurusan Teknik Lingkungan sangat cocok untuk lulusan SMK yang dulunya mengambil jurusan agribisnis dan agroindustri, jurusan Teknik Lingkungan menekankan mahasiswanya untuk belajar mengelola sampah/ buatan padat, teknik penyediaan air minum, hingga teknik pengelolaan & pengolahan air buangan. 

 

  1. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota 

Jurusan yang mempelajari tentang berbagai aspek teknik yang berkaitan dengan perpetaan & perencanaan wilayah dan kota termasuk aspek sosial seperti ekonomi, hukum, dan politik ini menjadikan jurusan ini cukup menarik untuk di pilih. 

Jurusan ini sangat cocok bagi lulusan SMK dengan jurusan Teknik Survei dan pemetaan hingga Teknik Bangunan 

Selain itu tumbuhnya industri dalam suatu wilayah membuat kepadatan penduduk yang makin menjadi, oleh karena itu di perlukannya banyak lulusan dari jurusan Perencaan Wilayah dan Kota untuk membentuk sebuah tatanan yang seimbang dalam suatu Wilayah dan Kota. 

6 Jurusan Teknik diatas semoga dapat menjadi referensi atau gambaran bagi kalian para lulusan SMK yang ingin mendapatkan gelar S1 namun ingin menjaga karakteristik belajar dengan banyak praktek.  

Jika kalian salah satu dari jurusan SMK yang telah disebutkan diatas atau jurusan lain yang penasaran dengan jurusan Teknik, dapat kalian kunjungi di web https://www.teknik.unpas.ac.id untuk mengenal lebih jauh jurusan Teknik yang sesuai dengan apa yang kalian cita-citakan. 

Source : 

https://silabus.org/sekolah-menengah-kejuruan-smk-siap-kerja/#:~:text=Sekolah%20Menengah%20Kejuruan%20SMK%20tujuan,warga%20negara%20yang%20mandiri%20dan 

https://www.teknik.unpas.ac.id