12 Kebiasaan Sukses bagi Mahasiswa

Fakultas Teknik UNPAS – Sebelumnya kita sudah membahas tentang 10 kebiasaan buruk bagi mahasiswa, tidak berhenti di situ saja, kita akan membahas tentang 12 kebiasaan sukses bagi mahasiswa.

Meraih kesuksesan tidak semudah membalikkan tangan, untuk sukses banyak hal yang harus kamu lewati, kedisiplinan dan kebiasaan memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Bahkan kebiasaan sekecil apapun dapat memberikan dampak pada kesuksesanmu.

“Sukses adalah apa yang kita kerjakan berulangkali. Dengan demikian, kecermelangan bukan tindakan, tetapi kebiasaan”, Aristoteles

Membangun kebiasaan positif memang tidak mudah, namun hal tersebut dapat kamu coba secara bertahap melalui alur kebiasaan positif yang telah Fakultas Teknik rangkum untuk mahasiswa dan siapapun yang ingin berubah menjadi lebih baik di awal tahun 2022 ini.

1. Rubah kebiasaan tidur

Tahukah kamu bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan. Dilansir dari halodoc.com, jumlah waktu tidur yang sehat untuk usia dewasa (18-64 tahun) sekitar 7-9 jam, selain itu kamu juga harus memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuatmu lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas, tidur pagi sangat tidak dianjurkan karena selain tidak sehat, kamu akan lebih mudah stress dan cepat mengalami depresi.

2. Atur To Do List

Dengan membuat daftar tugas atau to do list, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, ditengah kesibukan menjadi mahasiswa to do list ini sangat penting karena kamu dapat mengatur skala prioritas dari tugas yang akan kamu kerjakan nantinya.

Kamu tidak lagi khawatir dengan deadline dan kamu bisa hidup lebih tenang dan nyaman karena semua tugas dapat kamu selesaikan sesuai urutan yang sudah kamu tentukan.

3. Membuat Jadwal

Berbeda dengan to do list yang fokus pada tugas akan kamu kerjakan, jadwal fokus pada seluruh kegiatan yang akan kamu kerjakan ,termasuk kapan main. Kamu perlu membuat jadwal yang berisi seluruh kegiatan tidak hanya dalam satu hari namun hingga satu minggu kedepan.

Kamu akan butuh kalender untuk membuatnya, mahasiswa seringkali tergoda untuk nongkrong hingga lupa waktu, dengan adanya jadwal kamu akan paham bahwa hidupmu tidak hanya untuk bersosialisasi dan mengerjakan tugas saja.

4. Kerjakan sesuatu yang bernilai

Kerjakan sesuatu yang bernilai ?, kita sepakat bahwa segala hal memiliki nilai, tapi kamu harus sadar jika bernilai disini bukan hal yang membuatmu senang seperti main atau nongkrong.

Merapikan tempat tidur, membersihkan kamar, membaca buku, dll merupakan beberapa contoh yang dapat kamu praktekkan untuk meningkatkan produktifitas, ingat saat ini kamu tidak hanya membangun sebuah kebiasaan positif tapi kebiasaan yang akan membawamu pada kesuksesan.

5. Jangan hanya bermimpi, wujudkan

“Aku ingin menjadi programmer handal yang jago banyak bahasa pemrograman” kata mahasiswa yang tidak pernah membuka aplikasi koding. Mau sampai kapan kamu berangan-angan dan tidak mewujudkannya.

Selagi masih menjadi mahasiswa lakukan semua hal yang dapat mendekatkan dirimu pada mimpimu, jangan remehkan mimpimu, karena suatu saat nanti kamu pasti akan menyesal jika ada salah satu mimpi yang harusnya dapat kamu wujudkan namun kamu tinggalkan.

6. Terima kasih

Bangun kebiasaan menghargai setiap jerih payah orang lain untukmu, jika sebelumnya kamu mengucapkan terima kasih hanya pada orang yang memiliki peran seperti dosen atau asdos (Asisten Dosen), saat ini kamu berkewajiban untuk melakukan hal yang sama pada orang lain.

Kepada tukang fotocopy, tukang bersih-bersih, hingga teman yang baru membayar hutang setelah sekian lama menghilang, dengan begitu kamu akan paham bahwa setiap hal kecil yang terjadi butuh apresiasi.

7. Motivasi dirimu

Membangun motivasi adalah tugas paling melelahkan, mempertahankan semangat dari awal hingga akhir bukan perkara mudah, banyak hambatan yang dapat dengan mudah menggulingkan semangatmu saat ini juga.

Saat kamu sudah menetapkan tujuan yang ingin dicapai, kamu hanya perlu fokus pada hal tersebut dan berusaha semaksimal mungkin.

8. Tutup mulutmu, dengarkan sekitarmu

Jangan jadi pribadi yang suka ngotot dan menang sendiri, salah satu kegagalan mahasiswa dalam kerjasama tim adalah ego yang terlalu tinggi atas sesuatu hal, memaksakan hal tersebut dan membuat orang lain tidak nyaman.

Sekali-kali dengarkan orang lain, jangan anggap remeh opini orang, barangkali hal tersebut dapat membawamu pada sudut pandang lain yang lebih baik

9. Rajin bertanya

Malu bertanya sesat dijalan, kata pepatah yang sering kali diucapkan tapi jarang sekali di praktekkan, rajin bertanya tidak akan membuatmu terlihat bodoh dari

mahasiswa lain, jangan malu untuk menanyakan sesuatu yang membuatmu bingung atau tidak paham, namun jangan ajukan pertanyaan yang tidak berbobot ya.

Kamu harus tau kualitas pertanyaan yang kamu ajukan, jangan hal-hal remeh seperti “pak SKS itu kepanjangannya apa ?” itu adalah pertanyaan simple yang jawabannya dapat kamu cari sendiri tanpa harus bertanya.

10. Liburan

Liburan sangat penting bagi kamu yang sudah bersusah payah menyelesaikan tugas, efek liburan akan lebih terasa jika kamu telah menyelesaikan kewajibanmu.

Namun liburan sering disalah artikan bagi orang-orang yang hanya ingin lari atau kabur dari tugas yang menjadi tanggung jawabnya selama ini, hal itu mengakibatkan liburan menjadi tidak efektif dan hanya menambah beban di kemudian hari.

11. Olahraga

Sama halnya seperti tidur cukup dan bangun lebih awal, olahraga menjadi salah satu point penting untuk membangun semangat dan motivasi di hidupmu.

Selain menyehatkan, orang yang melakukan olahraga secara rutin terbukti memiliki tingkat stress lebih rendah dari orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali, jadi kapan kamu akan mulai berolahraga ?

12. Belajar hal baru setiap hari

Belajar hal baru setiap hari dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuanmu dalam setiap aspek kehidupan. Kamu tidak perlu terpaku dengan jurusan mu di perkuliahan, saat kamu tertarik dengan ilmu botani kamu bisa mulai mencari tahu tata cara menaman walaupun jurusanmu adalah teknik Industri.

Itulah 12 Kebiasaan sukses bagi mahasiswa yang dapat kamu praktekan mulai hari ini, kamu tidak perlu menerapkan semua hal diatas saat ini juga, lakukan secara perlahan namun konsisten.

Lakukan secara bertahap, kamu akan merasakan banyak perubahan dalam hidupmu yang mungkin tidak akan kamu sadari, seperti kata pepatah, pemenang bukan orang yang tidak pernah gagal, namun mereka yang konsisten dan tidak pernah berhenti. Selamat mencoba guys!