22 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS

Baru lulus SMA dan masih bingung pilih program studi? Daftar jurusan kuliah IPS ini bisa kamu jadikan referensi.

 

Selain memilih kampus, kebingungan lain yang jamak dihadapi anak-anak lulusan SMA sederajat adalah menentukan program studi. Ya, pilihan prodi ini sangat erat kaitannya dengan proses kuliah dan rencana masa depanmu. Karenanya, jangan sembarangan memutuskan, ya, agar tak kecewa di kemudian hari.

Nah, kamu yang punya latar belakang atau memiliki ketertarikan pada ilmu-ilmu sosial, daftar jurusan kuliah IPS berikut mungkin bisa dijadikan referensi dan pertimbangan sebelum mendaftar dan mengikuti seleksi masuk nantinya.

  • 1

    Sastra

    Kalau kamu senang belajar bahasa baru, prodi Sastra adalah pilihan yang cocok. Sastra sangat banyak macamnya, mulai dari Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Cina, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan minatmu.

    Selain menawarkan pilihan mata kuliah yang menarik, jurusan sastra juga mempunyai prospek kerja yang luas. Nantinya kamu bisa mengembangkan karier di berbagai bidang, seperti penerjemahan, media, guru/dosen, guide, sampai bekerja di kedubes.

  • 2

    Psikolog

    Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Nah, kalau kamu senang mengamati perilaku orang-orang sekitar dan penasaran, jurusan Psikologi adalah opsi yang sangat cocok.

    Nah, jurusan Psikologi sendiri punya banyak peminatan, misalnya Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain sebagainya. Biasanya antarkampus punya peminatan yang berbeda-beda.

    Mengingat betapa luasnya penerapan ilmu psikologi, kamu pun kelak bisa mengembangkan karier di berbagai bidang, misalnya sebagai HRD, market research, peneliti, sampai psikolog. Untuk yang terakhir, kamu perlu melanjutkan S2 Profesi Psikologi, ya, agar bisa mengurus izin praktik.

  • 3

    Hubungan Internasional

    Cari jurusan yang memunginkanmu untuk sering-sering bepergian ke luar negeri? Hubungan Internasional jawabannya! Di program studi yang satu ini, kamu akan belajar banyak tentang relasi dan interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial budaya transnasional, ekonomi-politik internasional, dan lain sebagainya.

    Nantinya, lulusan HI bisa berprofesi sebagai pejabat diplomatik, PNS, dosen dan peneliti, berkarier di startup atau perusahaan multinasional, jurnalis, aktivis NGO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Pun karena ilmu sosial itu sifatnya dinamis, tidak menutup kemungkinan jika dalam beberapa waktu ke depan disiplin ilmu Hubungan Internasional juga akan ikut berubah. Kalau kamu tertarik dengan bidang ini, kenapa tak melanjutkan kuliah di jurusan HI saja?

  • 4

    Bisnis dan Manajemen

    Bercita-cita jadi pengusaha sukses? Atau ingin belajar lebih banyak tentang Akuntansi, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Keuangan? Ambil saja jurusan Bisnis dan Manajemen. Program studi ini selalu ramai peminat karena prospek ke depannya yang cemerlang.

    Berbekal ilmu yang didapat selama kuliah, nantinya kamu bisa merintis karier di banyak bidang, misalnya sebagai analis investasi, akuntan, penasihat keuangan, manajer pajak, konsultan bisnis, wirausaha, sampai pialang saham.

  • 5

    Jurnalistik

    Media dan dunia berita adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni. Kamu yang semasa SMA mengambil jurusan IPS pun akan cocok jika mengambil jurusan Jurnalistik di bangku universitas.

    Program studi ini tidak hanya akan membekalimu dengan ilmu sebelum menjadi wartawan di lapangan, tapi juga pengetahuan seputar jurnalistik lain, seperti Analis Media, Ilmu Komunikasi, Creative Writing, Press Release, riset, dan sebagainya.

    Saat lulus nanti, kamu pun bisa menjalani beragam profesi, mulai dari wartawan TV/koran/media online, editor, penulis, copy editor, dosen, analis media, peneliti, dan profesi lain yang relevan.

  • 6

    Ilmu Politik

    Politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni. Kalau kamu punya passion maupun keinginan berkarier di bidang semacam ini, cobalah ambil jurusan Ilmu Politik saat masuk universitas nanti.

    Termasuk dalam bagian Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah yang bagus, seperti Antropologi, Sosiologi, HAM, Geopolitik, sampai yang membahas tentang sistem politik berbagai negara.

    Peluang karier jurusan ini juga tak mentok menjadi politikus, lho. lebih jauh, kamu bisa mengembangkan bakat dan minat dengan menjadi analis politik, dosen, peneliti, bahkan di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

  • 7

    Ilmu Hukum

    Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang. Tak heran kalau prodi ini selalu banyak pendaftar. Menyandang titel sebagai Sarjana Hukum akan mempermudahkanmu dalam mencari pekerjaan. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai pengacara, konsultan hukum, dan profesi lain yang relevan.

    Mata kuliah Ilmu Hukum meliputi: Hukum Perdana dan Perdata, Hukum Pajak, Hukum Internasional, Hukuk Agraria, Pancasila, Ilmu Negara, Hukum Islam, Filsafat Hukum, Hukum Lingkungan, Hukum Dagang, dan disiplin ilmu lain yang sesuai.

  • 8

    Sosiologi

    Sosiologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari interaksi antara satu orang dengan yang lainnya, dan bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk dalam masyarakat. Bidang ini sangat menarik untuk dipelajari dan terbagi dalam beberapa peminatan, seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, dan Sosiologi Gender.

    Berkuliah di jurusan Sosiologi akan membuatmu melek dengan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. Setelah menyandang titel sebagai S.Sos. (Sarjana Sosial), kamu bisa berperan serta membangun masyarakat sebagai dosen, peneliti, dan profesi lain yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan sosial.

  • 9

    Linguistik Terapan

    Punya passion di bidang bahasa dan ingin menapaki karier sebagai seorang linguist? Program studi Linguistik Terapan wajib kamu pilih. Saat berkuliah nanti, kamu akan belajar berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan bahasa, misalnya Sosiolinguistik, Psikolinguistik, Syntax, Semantics, dan lain sebagainya.

    Dengan gelar S.Hum. kamu punya peluang untuk menjalani karier sebagai dosen, peneliti, linguist, editor, penulis, jurnalis berita, penerjemah, leksikografer, copy editor/copywriter, dan profesi lain yang berhubungan dengan bahasa dan budaya.

  • 10

    Ilmu Komunikasi

    Jurusan yang satu ini punya peluang karier yang sangat luas hampir di semua bidang kehidupan. Selain jurnalis, kamu juga bisa menjajal pekerjaan lain seperti market research analyst, penyiar radio, presenter berita, dan profesi lain di bidang periklanan, publikasi, sampai bisnis dan manajemen.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini antara lain Etika & Hukum Penyiaran, Ekonomi Politik Media, Jurnalistik, Sosiologi Komunikasi, Public Speaking, Manajemen SDM, Marketing Communication, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • 11

    Broadcasting

    Jurusan yang satu ini sebetulnya berkaitan erat dengan Ilmu Komunikasi. Bedanya, di Broadcasting, kamu akan belajar soal ilmu penyiaran (broadcasting) secara lebih mendalam. Prodi ini punya banyak peminat, mengingat dunia digital dan penyiaran yang terus berkembang tiap waktu.

    Setelah lulus, kamu punya kesempatan untuk bekerja di industri penyiaran (televisi atau radio), misalnya sebagai penyiar, presenter, tim kreatif, reporter, produser, scriptwriter, sutradara, direktur penyiaran, direktur program, editor, dan lain-lain.

  • 12

    Ekonomi & Akuntansi

    Ekonomi dan Akuntansi memang dua jurusan berbeda, tapi masih saling berkaitan. Prodi ini sangat direkomendasikan untuk lulusan IPS sepertimu yang ingin meniti karier di bidang yang berkaitan dengan perekonomian dan keuangan.

    Kedua disiplin ilmu ini sangat dibutuhkan di hampir semua bidang kehidupan. Nantinya kamu pun bisa bekerja di perusahaan BUMN maupun swasta setelah lulus, baik sebagai akuntan, dosen, analis keuangan, pembuat kebijakan, atau yang lainnya.

  • 13

    Administrasi Fiskal

    Kalau kamu tertarik untuk belajar tentang seluk-beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, prodi Administrasi Fiskal adalah opsi yang paling cocok. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tata kelola kekayaan suatu negara, termasuk soal kebijakan fiskal dan perpajakan.

    Selain menjadi dosen atau peneliti, lulusan Administrasi Fiskal juga punya peluang kerja sebagai pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, pegawai pajak, PNS, dan profesi lain yang sesuai. Jurusan ini bagus sekali, lho, untuk kamu yang menggemari pelajaran Ekonomi.

  • 14

    Manajemen Perhotelan

    Suka dengan bahasa Inggris dan ingin berkarier di bidang pariwisata/perhotelan? Kenapa tak ambil prodi Manajemen Perhotelan saja? Di jurusan ini, kamu akan belajar dan mengembangkan ketrampilan di bidang hospitality alias perhotelan.

    Prodi ini pas sekali untuk kamu yang ingin membuka bisnis jasa penginapan (hotel, hostel, villa, dsb). Selama kuliah, kamu akan dibekali dengan pengetahuan yang komprehensif seputar perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi—termasuk tata boga dan hal lain yang berkaitan dengan perhotelan.

    Nah, prospek kerja jurusan Manajemen Perhotelan juga cukup luas, misalnya perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manajer penginapan, kepala koki atau chef, dan lain sebagainya. Bagaimana, kamu tertarik?

  • 15

    Fasion Bisnis

    Punya passion di bidang fashion? Ketimbang disalurkan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, lebih baik alihkan ke sesuatu yang jauh lebih produktif dan bermanfaat. Ya, kuliah di jurusan Fashion Bisnis, misalnya.

    Di program studi ini, kamu akan dibekali dengan ilmu tentang seluk-beluk bisnis di dunia fashion—termasuk di antaranya adalah mata kuliah yang mempelajari tentang perilaku konsumen dalam menghadapi setiap tren fashion.

    Selain berbisnis fashion, peluang karier bagi lulusan Fashion Bisnis antara lain visual merchandiser, fashion stylist, fashion designer, sampai dosen. Kamu bahkan bisa merintis karier di kancah internasional, lho! Terdengar keren sekali, kan?

  • 16

    Tata Rias dan Kecantikan

    Senang berdandan dan merias diri? Kembangkan saja bakat minatmu dengan berkuliah di jurusan Tata Rias. Selain mendapat pengetahuan lebih detail tentang teknik make-up dan tata rias, kamu juga akan dibekali dengan ilmu menata rambut (hair styling) dan lain-lain yang berkaitan dengan kecantikan.

    Setelah lulus, kamu bisa melebarkan sayap karier dengan menjadi make-up artist, perias pengantin, beauty consultant, sampai membuka jasa salon dan tata rias. Profesi-profesi tersebut terkenal memiliki bayaran yang mahal, lho.

  • 17

    Tata Busana

    Jika kamu memiliki hobi corat-coret dan menggambar aneka desain baju, dan ingin menekuni karier di bidang fashion, kuliahlah di jurusan Tata Busana atau Fashion Design. Selain menjadi desainer pakaian dan fashion stylist, kamu juga bisa melebarkan sayap karier dengan berwirausaha fashion.

    Selama kuliah, kamu akan dibekali dengan ilmu seputar produksi pakaian, desain, pembuatan pola, pemilihan bahan, pemasaran, sampai penghitungan bisnis di bidang fashion. Kelak ketika sudah sukses, kamu bisa menghadiri berbagai acara fashion bergengsi, salah satunya Paris Fashion Week di Prancis sana. Seru sekali, kan?

  • 18

    Filsafat

    Filsafat adalah induk segala pengetahuan. Disiplin ilmu yang satu ini mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat. Nah, permasalahan ini meliputi (tapi tidak terbatas pada) moralitas, esensi kemanusiaan, tujuan hidup, dan hati nurani.

    Ya, di Filsafat, kamu akan belajar banyak dari pemikir-pemikir besar seperti Thales, Pythagoras, Socrates, Sartre, Bertrand Russell, dan Jurgen Habermas. Kalau kamu adalah pribadi yang suka berpikir, jurusan ini sangat cocok untukmu. Beberapa mata kuliah yang dipelajari: Hermeneutika, Paradigma Feminis, HAM, dan Teologi.

    Selain itu, kamu juga akan dituntun untuk belajar berpikir jernih dan logis tanpa mengesampingkan kebenaran hakiki setiap ilmu pengetahuan. Peluang karier lulusan Filsafat juga cukup luas, mulai dari dosen, pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, sampai pejabat pemerintahan di bidang-bidang yang berkaitan.

  • 19

    Ekonomi Islam

    Beberapa kampus menyebut jurusan ini dengan nama Ekonomi Syariah. Disiplin ilmu yang dipelajari di prodi ini kurang lebih sama dengan yang dipelajari di jurusan Ekonomi. Bedanya, kamu akan belajar lebih dalam mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan ekonomi syariah/ekonomi Islam, misalnya jual beli, utang-piutang, pembagian waris, bisnis, sampai pengelolaan lembaga keuangan syariah.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini: Fiqh Muamalah, Ekonomi Moneter Islam, Akuntansi Syariah, serta Teori Keuangan dan Investasi Syariah. Nantinya, lulusan Ekonomi Islam bisa berkarier sebagai manajer perbankan, ekonom, pakar keuangan Islam, dosen, atau analis keuangan.

  • 20

    Ilmu Perpustakaan

    Eits, jangan salah. Bidang kuliah yang satu ini tidak hanya mempelajari soal penataan buku-buku dan pengarsipan, lho. Lebih jauh, mahasiswa akan dibekali dengan ilmu tentang manajemen, teknologi informasi, sampai pendidikan tentang tata kelola data dan recordpublic relation, sampai ilmu komunikasi.

    Ya, prodi ini bertujuan menghasilkan pustakawan unggul yang terampil dan punya daya saing dalam manajemen kepustakaan. Selain berkarier sebagai pustakawan di perpustakaan, kamu juga bisa menjalani pekerjaan sebagai tenaga ahli di museum, analis data, sampai ahli di bidang informasi dan teknologi.

  • 21

    Ilmu Sejarah

    Sejarah adalah topik yang selalu menarik untuk dibahas. Nah, jika kamu adalah seorang lulusan SMA IPS yang gemar dengan pelajaran Sejarah, kenapa tak melanjutkan studi dengan mengambil jurusan Ilmu Sejarah saja di universitas?

    Selama kuliah, kamu akan belajar banyak mengenai sejarah berbagai peradaban, mulai dari Mesir, Yunani kuno, India, sampai sejarah yang terjadi di zaman modern setelah abad ke-20—yang mencakup kehidupan politik, sosial, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

    Setelah lulus, kamu punya kesempatan untuk berkarier sebagai dosen, peneliti, sejarawan, budayawan, pemandu wisata, guru, dan profesi lain yang berkaitan.

  • 22

    Antropologi

    Terakhir ada jurusan Antropologi yang cocok untuk anak IPS. Bidang studi ini mendalami tentang seluk-beluk dan unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Nah, disiplin ilmu Antropologi ini masih dibagi menjadi 2 bidang, yakni Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya.

    Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di prodi ini adalah Folklore, Studi Gender, Etnofotografi, Kajian Konsumsi dan Gaya Hidup, serta Teori Antropologi. Lulusan Antropologi bisa berkarier di banyak bidang, misalnya menjadi peneliti, antropolog, dosen, atau analis budaya.

 

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah IPS yang bisa dijadikan referensi sebelum mendaftar di universitas. Jika kamu masih bimbang menentukan opsi terbaik, jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang terdekat, ya. Selamat memilih dan semoga bermanfaat!