4 Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Vaksinasi Covid-19

Banyak yang mengira jika sudah melakukan Vaksinasi Covid-19 akan kebal terhadap Virus Covid-19. Namun, nyatanya yang sudah melakukan vaksin juga masih dapat terpapar virus Covid-19. 

Maka dari itu, perhatikan hal-hal berikut setelah kalian melakukan vaksinasi : 

  1. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan 

Walaupun sudah mendapatkan vaksin tidak berarti kalian akan kebal dari Virus Covid-10. Kalian juga masih bisa terpapar dan menyebarkannya ke orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di manapun kita berada. 

  1. Tetap di Tempat untuk Observasi 

Setelah melakukan vaksin, jangan beranjak pergi dari tempat kalian melakukan vaksin. Tunggu 15-30 menit di tempat untuk mengobservasi kemungkinan adanya reaksi alergi atau efek samping lainnya. 

Tanda-tanda jika kalian alergi terhadap vaksin diantaranya gatal hebat di seluruh tubuh, muntah, bersin-bersin, sesak napas, hingga pingsan. 

  1. Cari Tahu Tanggal Vaksin Kedua 

Untuk bekerja dengan optimal, vaksin yang digunakan di Indonesia ini membutuhkan dua kali dosis. Tanyakan pada petugas di tempat kalian melakukan vaksinasi. 

Biasanya, jarak suntikan pertama dan kedua 4 minggu sampai 12 minggu tergantung pada merk vaksin yang diterima. 

  1. Redakan Efek Samping Vaksin 

Setelah melakukan vaksin biasanya akan ada efek nyeri pada bagian lengan yang disuntik atau ada efek samping lain dari vaksin Covid-19. Oleh karena itu, disarankan beristirahat dengan cukup, beri kompresan dingin pada bagian suntikan. Kalian juga bisa membeli obat pereda nyeri yang sebaiknya sesuai anjuran dokter. 

Selain nyeri, demam juga bisa menjadi efek setelah melakukan vaksin. Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan dan ion saat sedang demam agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi ion atau elektrolit dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengindari dehidrasi saat demam. 

Sumber : alodokter.com, kompas.com