4 Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif

Masih bingung mengatur jadwal dan cara belajar SBMPTN yang efektif? Tips berikut ini wajib banget kamu simak.

 

Salah satu faktor yang sangat menentukan sukses tidaknya kamu dalam tes masuk perguruan tinggi negeri adalah jadwal dan cara belajar SBMPTN itu sendiri. Yup, meski terkesan sepele, poin ini ternyata punya pengaruh yang sangat signifikan, lho.

Biasanya, tantangan terbesar dalam membuat jadwal belajar adalah waktu. Selain mempersiapkan diri menghadapi tes SBMPTN, murid SMA kelas 12 juga mesti membagi fokus di hal lain yang tak kalah penting, yakni ujian akhir kelulusan. Lalu bagaimana sih tips membuat jadwal belajar yang efektif di tengah padatnya kegiatan?

 

  1. Ketahui Dulu Sebanyak Apa Materinya

Tugas pertama yang harus kamu lakukan sebelum menyusun jadwal belajar adalah menelusuri lebih dulu sebanyak apa bahan/materi yang akan dipelajari. Dengan begitu, proses belajarmu akan lebih terarah dan efektif.

Buat tabel dan pisahkan per kategori/topik agar jadwalmu terlihat lebih rapi. Bila perlu, susun paket belajar dengan durasi waktu yang disesuaikan berdasarkan banyak sedikitnya bahan. Cara belajar SBMPTN ini terbukti efektif, lho.

Terakhir, pastikan kamu sudah punya stok bahan yang akan dipelajari. Cari materi sebelum progres belajarmu dimulai, sehingga waktu belajarmu nantinya tidak terhambat karena ketiadaan bahan. Selain buku, banyak juga kumpulan materi/bank soal di internet yang bisa diunduh secara gratis.

 

  1. Plotting Jadwal menjadi Target Mingguan

Setelah menyusun materi berdasarkan kategori dan paket-paket belajar, langkah selanjutnya adalah melakukan plotting jadwal menjadi target mingguan. Misalnya untuk Paket Belajar A kamu butuh waktu 90 menit, Paket Belajar B 120 menit, dan sebagainya.

Meski dibagi lengkap dengan estimasi waktu pengerjaannya, jangan sampai kamu terlalu strict pada waktu ya, sebab ini justru akan membuat strategi belajarmu kurang efektif. Yup, alih-alih berkomitmen untuk belajar sekian jam, coba bangun mindset untuk fokus pada kegiatan belajar itu sendiri.

 

“Wah, minggu ini aku punya target untuk belajar PAKET A dan B nih. Kira-kira nanti sore enaknya belajar yang mana dulu ya?”

 

Istilah kerennya adalah task-oriented. Kelihatannya sepele, ya, tapi justru di sinilah banyak calon peserta SBMPTN terpeleset—menganggap dirinya sudah belajar sekian lama tapi tak mampu meraih hasil maksimal karena salah strategi.

 

  1. Susun Paket Belajar Sesederhana Mungkin

Percayalah, memaksa otak untuk menyerap terlalu banyak informasi dalam waktu terbatas hanya akan membuat hasilnya tak maksimal. Triknya adalah dengan menyusun paket-paket belajar menjadi bagian kecil-kecil dan sederhana.

Cara ini terbilang jauh lebih efektif karena kamu berpeluang mengenali tipe-tipe soal secara lebih detail. Makan waktu lebih lama, tentu saja. Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk melakukan persiapan belajar SBMPTN sejak jauh-jauh hari.

 

  1. Pahami Materi Sedetail Mungkin


Jenis soal yang diujikan dalam tes SBMPTN tidak sama dengan soal-soal pada ulangan umum harian/ujian nasional. Selain berpotensi mengandung pertanyaan jebakan, tipe soal SBMPTN cenderung menguji pemahamanmu akan konsep paling dasar suatu materi/topik.

Jadi, pastikan kamu juga sudah menguasai dan memahami materi sedetail mungkin sampai ke konsep-konsep basic-nya. Caranya dengan belajar secara mendalam, santai, tapi tetap terstruktur. Tidak perlu tergesa-gesa. Asal sudah punya modal berupa plotting jadwal dan komitmen kuat, semua akan lancar.

Memang, bagian tersulit dalam proses menuju SBMPTN adalah komitmen untuk selalu mematuhi jadwal belajar. Namun bukan berarti kamu tidak bisa, kan? Apa pun jenis jadwal yang dipilih (harian, mingguan, atau bahkan bulanan), pastikan kamu selalu mematuhinya, ya.

 

Nah, Guys, itulah beberapa cara belajar SBMPTN yang efektif. Sekadar catatan, tips di atas bisa jadi kurang cocok diterapkan setiap orang. Kalau kamu merasa lebih nyaman dan enjoy dengan metode belajar lainnya, ya tidak perlu dipaksakan.

Ingat, kuncinya adalah komitmen. Sebagus apa pun metode belajarmu tetap tidak akan membawamu menuju kesuksesan SBMPTN kalau kamu sendiri masih sering malas-malasan. Semoga bermanfaat, ya!