5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Vaksinasi Covid-19

Sejak awal tahun 2021 Vaksin telah didistribusikan di indonesia. Dan setelah kini telah memasukki vaksin periode kedua yang dimana diperuntukkan untuk masyarakat luas yang dimulai dari April 2021 hingga Maret 2022. 

Vaksin Covid-19 ini dapat membantu tubuh membentuk antibodi untuk kekebalan tubuh. Sehingga jika tubuh terpapar Virus Covid-19, maka gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan. 

Bagi yang sudah melakukan vaksin baik dosis pertama maupun kedua, tidak berarti kebal 100 persen terhadap virus. Namun, masih ada kemungkinan dapat terpapar. Oleh karena itu, mari perhatikan hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan vaksin : 

  1. Olahraga Cukup dan Tidak Berlebihan 

Olahraga sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Karena, kebiasaan ini bisa membantu daya tahan tubuh agar tetap kuat. 

Namun, hindari melakukan olahraga secara berlebihan karena hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh. Lakukan olahraga 20-30 menit setiap hari atau 3-5 kali perminggu agar lebih aman. 

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman 

Ketika akan melakukan vaksin, tentunya kalian akan disuntik pada bagian lengan atas. Maka dari itu hindari pakaian yang ketat dan pastikan pakaian mudah dibuka pada bagian yang akan disuntik. 

  1. Tidur yang Cukup 

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh kita lebih fit dan siap menerima Vaksin Covid-19. Usahakan jangan begadang pada malam sebelum kalian melakukan vaksin dan cukupi waktu istirahat dengan tidur 7-9 jam setiap malamnya. 

  1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi 

Mencukupi kebutuhan nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral ini sangat dianjurkan di masa pandemi ini agar daya tahan tubuh kita terjaga. Makanlah makanan yang bergizi selain itu kalian juga dapat mengonsumsi vitamin tambahan untuk menambah kekuatan imun dalam tubuh. Sangat disarankan sebelum melakukan vaksin kalian makan terlebih dahulu. 

  1. Informasikan Kondisi Kesehatan Diri 

Jangan ragu untuk memberitahu kondisi kesehatan kita kepada dokter atau petugas vaksinasi Covid-19. Apakah kalian mempunyai alergi terhadap suatu obat atau memiliki riwayat alergi vaksin, apakah kalian sedang demam dan kondisi kesehatan yang lainnya. 

Sumber : alodokter.com