5 Jenis Tugas Kuliah Mahasiswa Fakultas Teknik UNPAS

Mengenal Tugas Mahasiswa saat Kuliah

Fakultas Teknik UNPAS Bandung – Siapa diantara kalian yang sudah berstatus mahasiswa ?, jika ada, tugas kuliah apa saja yang sudah kamu kerjakan dari awal mulai masuk sampai lulus ?, pasti banyak sekali bukan.

Saat SMA/SMK, biasanya guru hanya memberi tugas untuk mengerjakan soal latihan, merangkum buku, hingga melakukan presentasi sederhana. Jenis tugas yang akan kamu terima sebagai mahasiswa terhitung lebih komplek dan membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakannya.

Sebagai mahasiswa, kamu akan terbiasa seiring berjalannya waktu, namun jika kamu baru akan menjadi mahasiswa sepertinya kamu harus tahu jika setidaknya ada 5 jenis tugas kuliah yang sering kamu temui selama menempuh studi mulai dari semester 1.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel yang sudah Fakultas Teknik UNPAS rangkum sebagai berikut!

1. Makalah

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris dan objektif. Makalah termasuk jenis tugas paling umum yang akan kamu kerjakan pertama kali dan biasanya dikerjakan secara individu.

Makalah sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari makalah ilmiah yang membahas tentang permasalahan dari hasil studi ilmiah yang bersifat empiris dan objektif hingga makalah kajian yang berisi pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.

Tugas makalah berfungsi untuk melatih mahasiswa agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat, selain itu wawasan keilmuan dan daya analisis mahasiswa juga akan bertambah karena saat kamu mengerjakan makalah kamu akan dituntut untuk menggunakan berbagai referensi pustaka baik dari buku, jurnal ilmiah, maupun sumber lainnya.

2. Proyek

Proyek merupakan jenis tugas yang sifatnya praktek dan dikerjakan secara berkelompok dengan masa waktu pengerjaan yang lama, walaupun ada beberapa tugas proyek yang dapat dikerjakan secara individu.

Umumnya tugas proyek diberikan pada mahasiswa jurusan teknik seperti mahasiswa teknik industri, teknologi pangan, teknik mesin, teknik informatika, teknik lingkungan, dan perencaan wilayah dan kota seperti yang ada pada Fakultas Teknik UNPAS.

Untuk kamu yang berasal dari SMK atau tertarik dengan tugas yang banyak praktek seperti tugas proyek maka jurusan teknik menjadi pilihan terbaik jika dibandingkan dengan jurusan lain.

3. Laporan Praktikum

Laporan Praktikum merupakan bentuk penjelasan tentang apa yang dilakukan individu selama pengalaman praktek dan hasil pengalaman yang dilakukan oleh mahasiswa. Pada jurusan tertentu mengharuskan mahasiswa untuk membuat laporan praktikum ini.

Fakultas Teknik UNPAS, khususnya di prodi Teknik Informatika mengharuskan mahasiswa untuk membuat laporan praktikum, untuk spesifikasinya sendiri dosen atau asisten dosen memberikan sebuah topik masalah yang akan diselesaikan mahasiswa secara berkelompok saat praktikum dimulai.

4. Presentasi

Sama halnya seperti makalah, presentasi merupakan jenis tugas yang akan sering mahasiswa temui, presentasi seringkali dilakukan secara berkelompok namun saat kuliah terdapat beberapa tugas yang mengharuskan mahasiswa melakukan presentasi secara individu.

Tugas ini mendidik mahasiswa agar berani untuk mengeluarkan pendapat, ide, dan gagasan tentang suatu masalah, selain itu dengan melakukan presentasi kamu akan belajar bagaimana cara membuat slide presentasi yang baik dan benar, melatih penguasaan materi hingga berargumentasi dengan audiens saat sesi tanya jawab.

5. Tugas Akhir

Tugas Akhir merupakan salah satu tugas wajib yang harus mahasiswa selesaikan sebagai syarat kelulusan program sarjana, beberapa kampus selain Universitas Pasudan menamakannya dengan Skripsi namun secara fungsi dan tujuan sama.

Berbeda dengan tugas sebelumnya, untuk mengambil Tugas Akhir, terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi salah satunya adalah bobot SKS yang sudah lebih dari minimal yang ditentukan di setiap prodi masing-masing, setidaknya mahasiswa telah memasuki semester tujuh atau delapan.

Saat mengerjakannya pun mahasiswa akan didampingi oleh dosen pembimbing yang akan selalu mengevaluasi setiap perkembangan tugas akhirmu. Jika tugas akhir sudah sesuai dengan harapan dosen pembimbing dan layak, maka kamu akan melakukan sidang /presentasi tugas akhir bersama penguji