5 Sikap yang Diperlukan Mahasiswa Selama Kuliah

Menjalani kebiasaan baru tidak mudah dilakukan semua orang. Meski pada awalnya antusias dan semangat, namun tak jarang juga ada yang merasa khawatir dan cemas. Seperti halnya menjadi mahasiswa tentunya akan menjalani dunia baru di kampus. Masa ini merupakan penjajangan kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi, tanpa kamu harus sadar bahwa kuliah bukan seperti saat masih SMA. 

Kamu harus memiliki beberapa sikap yang mencerminkan bagaimana menjadi mahasiswa yang baik sebagai berikut; 

  1. Berpikir Kritis 

Mahasiswa adalah agent of change. Yang artinya adalah kami semua adalah generasi yang diperuntukan untuk mengubah perubahan ke arah yang lebih baik, karena bagaimana pun kalau bukan kita siapalagi yang akan meneruskan estafet perjuangan bangsa Indonesia. 

  1. Mandiri 

Sikap penting bagi mahasiswa agar tidak selalu bergantung kepada orang lain, termasuk orang tua. Dengan sikap mandiri seseorang akan mampu menyelesaikan masalah sendiri, merasa percaya diri, dan lebih insiatif. Demikian seseorang akan lebih yakin dalam menjalani hidup yang telah dipilihnya. Sejatinya kita tidak akan mampu bertahan jika masih mengandalkan orang lain atau bahkan orang tua. 

  1. Pintar Berkomunikasi 

Mahasiswa baru harus mampu bergerak mencari berbagai informasi penting yang ia butuhkan. Di sisi lain juga  menerima segala sesuatu diluar dirinya, seperti pendapat orang lain. Meskipun pendapat itu berbeda, namun akan membuat kita terbiasa dengan kritik dan sebagai bentuk menghargai orang lain. 

 

 

 

 

  1. Percaya Diri.  

Yakin dengan kemampuan diri sendiri serta tidak enggan untuk mencoba banyak hal bisa jadi modal saat telah lulus. Dengan rasa percaya diri tinggi, seorang mahasiswa akan mampu beradaptasi dengan iklim kehidupan kampus yang jelas berbeda dengan saat berada di sekolah menengah. Hal ini pula yang jadi modal hidup mandiri hingga saat terjun ke masyarakat nantinya. 

  1. Mudah Beradaptasi. 

Jangan jadi kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang, demikian celetukan yang beredar di kampus. Ada benarnya meskipun tidak mutlak. Sebab dalam dunia kerja sekarang ini networking berperan besar. Jaringan pertemanan yang terbangun di kampus bisa jadi adalah satu hal yang positif saat lulus dan bergelar sarjana nanti. Bisa jadi info tentang peluang karier atau berharap sukses lewat jalur wirausaha bisa didapatkan atau diwujudkan berkat adanya jaringan pertemanan. 

Kampus adalah lembaga studi, pusat pengembangan ilmu pengetahuan. Karena itu, menjadi mahasiswa seharusnya tidak sekadar duduk di bangku kuliah lalu menunggu dosen mengisi dan memberikan materi serta menjadikannya hanya sebagai sarana transfer keilmuan semata. Mempersiapkan diri untuk masa depan yang cerah adalah kewajiban. Sementara berkomunitas, membangun relasi, dan pertemanan juga sangat diperlukan. Perlu juga di ingat untuk kaum milenilal saat ini kejarlah hal-hal yang bermanfaat bagi Diri dan Lingkungan, tentunya pintar-pintar dalam seleksi hal apapun ya!