5 Tips Ampuh membiasakan diri Rajin Belajar

5 Tips ampuh membiasakan diri Rajin Belajar

Cara belajar Efektif dan mengapa kita harus rajin belajar

Fakultas Teknik UNPAS – Membiasakan diri untuk rajin belajar berarti kamu serius dan memiliki komitmen dalam menambah pengetahuan dan wawasan, faktanya banyak orang yang masih terkendala dalam hal belajar, apa kamu merasa kesulitan dalam membiasakan diri untuk rajin belajar ?, jika iya tenang kamu tidak sendirian.

Salah satu alasan mengapa seseorang khususnya mahasiswa sulit untuk rajin belajar dikarenakan mereka sulit untuk meluangkan waktu setiap hari untuk belajar secara konsisten, belum lagi jika harus mengorbankan waktu bermain dan istirahat hanya untuk belajar.

Tapi jika tidak dibiasakan, kebiasaan malas belajar akan terbentuk dan hal itu dapat merugikan diri sendiri, padahal untuk membangun kebiasaan rajin belajar dapat dilakukan dengan seimbang tanpa mengorbankan waktu bermain dan istirahat, semua itu tergantung manajemen waktu yang telah kamu sepakati dengan dirimu sendiri.

Karena membangun kebiasaan rajin belajar bukan perkara mudah, berikut 5 tips ampuh membiasakan diri Rajin Belajar yang dapat kamu praktekkan mulai dari sekarang.

1. Mengetahui Tujuan Spesifik Belajar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa yang menjadi tujuanmu belajar, semakin spesifik tujuan belajar semakin jelas juga alasan mengapa kamu harus belajar.

Hal ini juga memberikan dampak positif secara psikologis, kamu akan merasa termotivasi dan bersemangat untuk menyelesaikan tujuan belajarmu. Katakanlah tujuan belajarmu untuk perbaikan nilai UTS mata kuliah matematika, tujuan jelas memberikan gambaran tentang apa yang harus kamu pelajari sekarang, bagian mana yang tidak kamu pahami serta bagian mana yang perlu dilengkapi.

2. Membuat Jadwal Belajar

Setelah menentukan tujuan belajar, hal kedua yang kamu lakukan adalah membuat jadwal belajar, kebiasaan rajin belajar akan terbentuk jika dilakukan secara konsisten. Kamu dapat membuat jadwal belajar yang sesuai dengan target yang ingin kamu capai.

Pilih waktu belajar yang efektif dan sesuai dengan kondisi atau suasana hatimu, jika kamu tidak ingin mengorbankan waktu mainmu maka ambil waktu istirahatmu. Jika waktu luangmu ada di pagi hari setiap pukul 7 – 9 pagi, daripada kamu hanya bermain sosial media lebih baik kamu jadikan waktu tersebut sebagai waktu belajarmu.

3. Manfaatkan Fasilitas Belajar

Jangan lupa untuk memanfaatkan segala bentuk fasilitas belajar yang kamu miliki, mahasiswa seringkali kurang optimal dalam memaksimalkan fasilitas kampus yang ada, contoh perpustakaan, sederhananya perpustakaan memiliki semua hal yang kamu butuhkan untuk belajar.

Namun kamu lebih memilih mencari topik pembelajaran di internet karena lebih praktis dan cepat, contoh lain seperti di dalam kelas, saat dosen selesai menjelaskan dan mempersilahkan mahasiswa untuk bertanya, sebagian besar dari kita hanya diam dan melewatkan momen berharga tersebut padahal waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk bertanya.

4. Pilih Cara Belajar yang Sesuai

Setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing, ada yang suka belajar dengan membaca, menggunakan video interaktif, hingga belajar dengan cara praktek langsung.

Temukan cara belajar yang sesuai denganmu, jika kamu merasa kesulitan untuk menentukan cara belajar mana yang efektif dan efisien kamu bisa mencoba teknik belajar paling sederhana yakni dengan mencatat atau merangkum.

Memiliki teknik belajar yang khas dapat membuatmu belajar lebih cepat, membantumu untuk tidak merasa bosan dengan materi yang sedang pelajari saat ini.

5. Santai dan Jangan Lupa Main

Hal penting yang jarang disadari pada saat belajar adalah santai, kamu kira belajar hanya membutuhkan fokus dan keserius tentu saja tidak. Belajar akan lebih menyenangkan jika kamu dalam suasana yang tidak tertekan.

Bersantailah sesekali dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, misal bermain game atau menonton film agar suasana hati dan pikiran tetap fresh, namun perlu diingat bahwa kegiatan ini hanya selingan.

Itulah 5 Tips yang dapat kamu terapkan untuk membiasakan diri rajin belajar, semoga kamu tidak merasa bosan lagi saat belajar dan mulai termotivasi untuk terus menambah wawasan dan pengetahuan. Selamat mecoba !