5 Tips Jitu agar Diterima di Universitas Terbaik

Kamu calon mahasiswa yang ingin belajar di universitas terbaik? Ikuti tips berikut, yuk.

 

Bisa belajar di universitas terbaik merupakan impian setiap calon mahasiswa. Sayangnya tidak semua punya kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan di kampus idaman karena faktor tertentu, salah satunya karena persiapan yang tidak maksimal.

Ya, universitas favorit pasti selalu tinggi peminat. Untuk satu jurusan saja bisa diminati sampai ratusan ribu pendaftar. Kalau persiapanmu biasa saja, jangan harap bisa diterima. Nah, kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 12 SMA, jangan lupa persiapkan diri sebaik mungkin, ya. Berikut beberapa tips jitu yang bisa dicoba.

 

  1. Persiapan yang Matang

Ingat, tes masuk perguruan tinggi tidak sama dengan ujian nasional. Di sini kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan peserta lain untuk memperebutkan kursi di kampus tujuan. Karena itulah, kamu sangat disarankan untuk melakukan persiapan sematang mungkin.

Bagaimana caranya? Persiapkan diri menghadapi seleksi masuk universitas minimal setahun sebelum jadwal penerimaan mahasiswa baru. Ini penting, sebab nantinya fokusmu juga akan terbagi dengan hal lain, yakni persiapan UN.

Selain meringankan beban pikiran, persiapan sejak jauh hari juga akan membuatmu lebih maksimal dalam belajar dan mengeksplorasi materi/soal-soal yang akan diujikan pada saat tes masuk nantinya.

 

  1. Perbanyak Latihan Soal

Tipe soal pada tes masuk universitas selalu sama dari tahun ke tahun. Kamu pun sudah punya bekal jenis soal seperti apa saja yang nantinya akan diujikan. Mulailah dengan banyak-banyak berlatih mengerjakan soal. Kamu juga bisa belajar bersama teman atau guru, lalu mendiskusikannya jika ada yang kurang dipahami.

Selain latihan soal mandiri, kamu sangat disarankan untuk mengikuti try out, baik try out online maupun yang diselenggarakan langsung oleh lembaga kursus. Tes ini bisa jadi semacam pemanasan untuk mengenali “medan” sebelum ujian sesungguhnya digelar, sehingga kamu juga akan lebih siap nantinya.

 

  1. Ikut Lebih dari Satu Jalur Tes

Khusus kampus negeri, seleksi masuk universitas biasanya dibagi menjadi beberapa jalur, misalnya SNMPTN (jalur undangan), SBMPTN, serta Ujian Mandiri. Untuk perguruan tinggi swasta jalurnya bisa lebih beragam lagi dengan nama-nama yang berbeda tiap kampus.

Ingat, saat mengikuti seleksi masuk universitas, kamu akan bersaing dengan banyak orang. Kalau hanya mengandalkan satu jalur tes, kesempatanmu diterima akan sangat tipis. Karena itu, selagi memungkinkan ikutlah lebih dari satu jalur tes. Jadi, saat satu jalur gagal, kamu masih punya peluang untuk diterima di jalur lain.

 

  1. Konsisten dan Disiplin

Konsisten dan disiplin adalah bagian paling susah dalam persiapan tes masuk universitas. Di awal-awal biasanya semangat belajar masih tinggi-tingginya, tapi di pertengahan hasrat untuk belajar mulai mengendur. Kalau nyala semangatmu tak terus dijaga, bisa-bisa rencana yang sudah tersusun berantakan semua.

Tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain dengan terus memotivasi diri. Setiap kali semangat belajar meredup, coba bayangkan kembali cita-cita dan impian di masa depan yang ingin kamu capai. Cara sederhana ini ternyata sangat efektif, lho, untuk mengembalikan semangat belajar yang mulai memudar.

Plus, jangan lupa konsisten untuk selalu mengalokasikan waktu untuk belajar. Berlatih rutin selama 30 menit setiap hari jauh lebih maksimal hasilnya dibandingkan belajar langsung 15 jam dalam satu/dua hari saja.

 

  1. Persiapan Mental dan Fisik

Hal yang tak kalah penting diperhatikan jika kamu ingin masuk universitas terbaik adalah mempersiapkan mental dan fisik. Istirahat cukup, hindari stres, rutin olahraga, serta mengonsumsi makanan bergizi adalah cara termudah yang dapat kamu lakukan agar kondisi fisik dan psikis tetap prima saat tes berlangsung. Dengan begitu, hasil yang diperoleh pun akan lebih maksimal.

 

Diterima di universitas terbaik memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa, kan? Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu sudah selangkah lebih dekat menuju kesuksesan. Selamat berjuang!