5 Tips Terhindar Corona

Dikutip dari cnbcindonesia.com pada 12 Maret 2020, pasien positif corona di Indonesia sudah mencapai 34 orang dan 1 pasien dinyatakan telah meninggal dunia pada Rabu dini hari. Dan kabar baiknya yang dikutip dari detik.com, sudah ada 3 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari corona tapi pasien tersebut masih diedukasi oleh pemerintah.

Barsumber dari aladokter.com, Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus (Covid-19) adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Infeksi virus ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019 dan dengan cepat menular dan menyebar ke berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayianak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Hingga saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi Virus Corona. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan seseorang terinfeksi virus ini.

Berikut tips-tips agar terhindar dari virus Corona :

  1. Cuci tangan secara rutin

Dengan mencuci tangan dengan sabun dan air dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan manusia.

  1. Hindari kontak dengan siapapun dengan gejala deman dan flu

Ketika seseorang batuk atau bersin maka mereka akan menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus.

  1. Kurangi aktifitas menyentuh wajah

Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat terkontaminasi virus, setelah terkontaminasi tangan dapat memindahkan virus tersebut ke mata, hidung, atau mulut jika sering bersentuhan.

  1. Jaga lingkungan tetap bersih dan higienis

Menjaga lingkungan tetap bersih dapat meminimalisir kuman dan bakteri yang melekat pada perabot-perabot di sekitar kita

  1. Jika demam, Batuk, dan Sesak Nafas segera cari Bantuan Medis

Jika kesehatan mulai menurun segera kunjungi rumah sakit untuk meminta keterangan kesehatan agar nantinya jika memang terkena virus corona dapat langsung di tangani.

 

Sumber :

https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075854-4-144248/corona-di-ri-34-orang-positif-covid-19-1-meninggal-dunia

https://news.detik.com/berita/d-4936118/kabar-baik-jumlah-pasien-sembuh-dari-corona-di-indonesia-jadi-3-orang

https://www.alodokter.com/virus-corona