5 Universitas Swasta di Jakarta yang Terbaik di Tahun 2019

Meta Deskripsi : Kamu butuh referensi universitas swasta di Jakarta untuk kuliah di tahun 2019? Cari tahu di artikel ini, yuk.

 

Apakah kamu berencana kuliah di Jakarta? Kota ini memiliki 52 universitas swasta dengan kualitas istimewa. Mulai dari gedung, fasilitas belajar, teknologi, kelas, sampai dosen pengajar, jaminan mutunya setara Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Nah, jika kamu sedang mencari universitas swasta di Jakarta yang terbaik dengan akreditasi A, berikut ini rekomendasinya.

 

     1. Universitas Mercu Buana

Sejak tahun 2017 lalu, Universitas Mercu Buana menjadi pusat perhatian calon mahasiswa. Pasalnya, kampus ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Bahkan, Universitas Mercu Buana masuk 22 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4icu Uni Rank.

Kurang lebih 34 tahun, Universitas Mercu Buana memberikan kontribusi di bidang pendidikan dengan membuka enam fakultas jenjang Strata 1 (S1). Keenam fakultas itu terdiri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Psikologi.

Semua mahasiswa dari fakultas tersebut memiliki kesempatan besar untuk mengikuti program Student Exchange ke luar negeri. Dalam hal ini, Universitas Mercu Buana menggandeng Universitas Sabah, Universitas Sains, serta Universitas Chienkuo di Taiwan

 

     2. Universitas Trisakti

Masih ingatkah kamu pada tragedi 1998 yang menewaskan tiga orang mahasiswa? Ketiganya berasal dari Universitas Trisakti. Kini, universitas tersebut menjadi perguruan tinggi terfavorit di tahun 2019. Bahkan, Trisakti berhasil meraih akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017 lalu.

Kerennya, Universitas Trisakti menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Jakarta yang membuka Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE). Siapkan dirimu untuk menghadapi ribuan pesaing jika berminat masuk ke fakultas favorit ini.

Tidak hanya FTKE yang diincar calon mahasiswa, Fakultas Ekonomi pun kerap menjadi pusat perhatian. Pasalnya, FE memiliki program dual degree. Melalui program ini, mahasiswa bisa memperoleh dua gelar sekaligus dari Trisakti.

Lalu, siapa saja tokoh yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Trisakti? Pertama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta periode 2014—2017. Kemudian, ada Bunga Citra Lestari, artis dan penyanyi papan atas. Selain itu, Maria Harfanti, alumni Universitas Trisakti yang menjadi Miss Indonesia 2015.

 

     3. Universitas Gunadarma

Punya prestasi internasional dan masuk lima besar web ranking; itulah keunggulan Universitas Gunadarma (UG). Akhir September 2016 lalu, UG berhasil memenangkan CanSat International Competition 2016 di UlaanBaatar, Mongolia. Tidak lama kemudian, UG juga meraih prestasi di Busan Choral Festival dan Competition, Korea Selatan.

Kamu tertarik untuk belajar di UG? Datang saja ke kampus UG yang terletak di Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok. UG menyediakan enam fakultas jenjang S1, antara lain Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, dan Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra.

 

     4. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Meski tergolong baru, Binus berhasil menunjukkan prestasinya dengan menempati urutan ke-15 versi 4icu Uni Rank. Sementara berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) tahun 2018, Binus menduduki peringkat pertama PTS terbaik.

Jika kamu penasaran dengan fasilitas perguruan tinggi sekelas Binus, kunjungi langsung kampusnya di Jalan KH. Syahdan Kemanggisan, Palmerah. Pun bisa menyambangi kampus serupa di Jalan Kebon Jeruk Raya, Kebon Jeruk.

Kedua kampus tersebut memiliki 11 fakultas di Binus, antara lain Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Desain, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, dan Fakultas Teknik Informatika. Untuk kamu yang memiliki prestasi di level nasional dan internasional, Binus menyediakan The Widia Scholarship.

 

     5. Universitas Tarumanagara

Tidak hanya terkenal dengan gedung mewahnya, Universitas Tarumanagara (Untar) juga berhasil mencetak prestasi mengagumkan. Tahun 2015, perguruan tinggi ini mendapat gelar Best Creative Asiagraph Reallusion Award di Taiwan. Menyusul tahun 2016, dua medali emas dari ajang taekwondo berhasil dibawa pulang.

Selain berprestasi, Untar memiliki fasilitas akademik dan penunjang yang lengkap. Mulai dari laboratorium, perpustakaan, pusat komputer, poliklinik, ATM, sampai bengkel. Dari sisi program perkuliahan, kampus ini membuka delapan fakultas, antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik.

 

Itulah lima universitas swasta di Jakarta yang bergengsi, bermutu tinggi, dan punya segudang prestasi. Yuk, tentukan pilihanmu mulai sekarang.