5 Universitas Swasta di Surabaya yang Kualitasnya Setara PTN

Meta Deskripsi : Surabaya jadi kota tujuanmu untuk kuliah? Ini lima universitas swasta di Surabaya yang direkomendasikan.

Surabaya tidak hanya berkembang di sektor ekonomi, pendidikan di kota pahlawan ini pun tergolong maju. Hal itu terbukti dengan adanya 22 universitas swasta di Surabaya yang berhasil mencetak alumni-alumni hebat.

Apakah kamu juga ingin menjadi seperti mereka? Yuk, kuliah di salah satu universitas berikut ini agar posisimu kelak setara.

 

  1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra (UKP) merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Surabaya yang membuka program studi Sastra Tionghoa. Soal kualitas, program studi ini sudah mendapatkan akreditasi A.

Tidak hanya Sastra Tionghoa, UKP juga memiliki delapan fakultas dengan berbagai program studi. Fakultas tersebut antara lain, Fakultas Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Teknologi Industri, serta Teknik Sipil dan Perencanaan. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi guru, bisa masuk ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Seluruh fakultas di UKP memiliki dosen profesional dan ahli di bidangnya. Kampus UKP juga sudah menerapkan teknologi dalam berbagai kegiatan mahasiswa. Karena itu, UKP berhasil menduduki posisi ke-4 versi penilai Kinerja Penelitian Dikti.

Keberhasilan UKP tak berhenti sampai di situ; kampus ini pun sukses menerapkan pengukuran indeks yang disebut TeSCA. Tentu saja, kesuksesan tersebut mengantarkan UKP ke peringkat 16 secara nasional.

 

  1. Universitas Ciputra

Ketika universitas lain sibuk menyiapkan mahasiswa yang siap bekerja, Universitas Ciputra (UC) justru ingin alumninya menciptakan lapangan kerja. Mengusung misi entrepreneurial spirit, UC mendidik mahasiswa untuk menjadi wirausaha.

Keseriusan UC dalam mencetak pengusaha baru di Indonesia, tecermin dari program-programnya. Semisal, setiap hari Rabu, UC mewajibkan mahasiswa ikut kegiatan Entrepreneurship Day. Selama aktivitas ini, seluruh mahasiswa wajib mengenakan baju formal dan berpenampilan menarik.

Tak berhenti mendidik di level mahasiswa, UC pun mengadakan program mentoring untuk alumni yang baru lulus. Demi mendukung kegiatan wirausaha alumni, UC memberikan akses permodalan. Dengan begitu, alumni bisa cepat berkembang sebagai pencipta lapangan pekerjaan.

Bagaimana? Kamu tertarik kuliah di UC? Kalau iya, jurusan Bisnis Hospitally dan Manajemen bisa menjadi pilihanmu. Jurusan ini menjadi andalan kampus UC, lho.

 

  1. Universitas Surabaya

 

Menjadi penerus Universitas Trisakti, Universitas Surabaya (Ubaya) ternyata menyimpan banyak prestasi. Di level nasional, Ubaya mendapatkan gelar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terfavorit di Surabaya versi majalah Tempo. Lalu, di kancah internasional, Ubaya mengantongi rangking ke-70 UI Green Matric World University.

Selain prestasi, Ubaya juga unggul dalam fasilitas dan program studi. Beberapa program studi terfavorit di Ubaya, antara lain Psikologi, Desain dan Multimedia, Akuntansi, dan Manajemen. Di samping itu, Ubaya menyediakan fasilitas program Hubungan Internasional & Internasional Village Ubaya.

Program Hubungan Internasional & International Village melibatkan negara, Jerman, Jepang, Amerika Serikat, Taiwan, dan Australia. Tidak hanya program tersebut, Ubaya juga memberikan fasilitas double degree dan student exchange.

 

  1. Universitas Katolik Widya Mandala

 

Kamu ingin mendapatkan akses kuliah ke luar negeri secara mudah? Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS) menyediakan jaringan kerja sama dengan beberapa negara. Semisal, di Australia, UKWMS mempunyai link ke University of Queensland dan University of Adelaide.

Penghargaan sebagai perguruan tinggi unggulan di bidang kemahasiswaan, tata kelola, dan penelitian juga berhasil diraih oleh UKWMS. Selain itu, UKWMS sukses mendapatkan akreditasi A untuk jurusan Akuntansi, Manajemen, Teknologi Pangan, dan Farmasi.

 

  1. Universitas 17 Agustus 1945

Beberapa waktu lalu, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) baru saja mendapatkan penghargaan dari Walikota Surabaya atas penanganan korban bom. Penghargaan ini ditujukan secara spesifik ke Fakultas Psikologi UNTAG.

Tidak hanya itu, tahun 2018 lalu, UNTAG juga mengantongi juara 1 Eco Campus dari Dinas Lingkungan Hidup Surabaya. Ini berarti, UNTAG merupakan salah satu kampus yang konsisten menjaga kualitas lingkungan belajar mahasiswa. Lingkungan tersebut dibuat nyaman, aman, dan kondusif.

Kamu penasaran dengan kampus UNTAG? Silakan datang ke alamatnya yang berada di Jalan Semolowaru 45, Kota Surabaya. Tiba di sana, kamu akan mendapatkan info lengkap tentang enam fakultas di UNTAG.

 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah menemukan universitas swasta di Surabaya yang tepat? Mempertimbangkan pilihan universitas harus dimulai dari sekarang supaya kelak tidak kebingungan.