6 Rahasia mencari teman saat Kuliah

Fakultas Teknik UNPAS Bandung – Kuliah bagi kebanyakan orang merupakan sebuah petualangan yang seru dan menyenangkan, berbeda dengan SMA / SMK dimana segala aktivitas akademik dan non akademik diatur oleh sekolah. Kuliah menjadi sarana terbaik untuk mengembangkan relasi, meningkatkan potensi diri, hingga menemukan jati diri.

Setiap orang pasti memiliki tujuan kuliahnya masing-masing, namun terlepas dari apa tujuan kuliahmu mau tidak mau kamu harus membangun relasi pertemanan, kita semua membutuhkan teman dan membangun relasi pertemanan di Perguruan Tinggi tidak sesulit kelihatannya.

Teknik UNPAS telah merangkum beberapa tips ampuh yang dapat kamu terapkan dalam membangun relasi, jangan takut untuk mencoba karena bagaimanapun kondisi, karakter, serta perilakumu di mata orang, akan selalu ada orang diluar sana yang memahamimu.

Belajar Memperkenalkan Diri

Tips pertama adalah belajar memperkenalkan diri, bagi orang yang terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang ini perkara mudah tpi bagi orang introvert atau yang susah berkomunikasi ini perkara yang sulit untuk ditaklukkan.

Jika kamu termasuk introvert tak apa, kamu tidak perlu merubah kepribadianmu, kamu hanya perlu belajar untuk memperkenalkan diri, ambil inisiatif untuk mendekati seseorang dan sapa dia.

Bangun kesan bahwa kamu mudah untuk didekati serta ramah, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan teman.

Hadapi Ketakukanmu dalam mencari Teman

Tips kedua adalah hadapi ketakutanmu dalam mencari teman, kamu merasa bahwa kamu orangnya pemalu, susah ngobrol, gak seru, gak gaul, dsbnya. Pada dasarnya itu bukan hambatan, itu hanya alasan yang kamu terus pakai saat ingin berkomunikasi dengan orang lain.

Setiap orang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, mereka saling menutupi kekurangan dengan kelebihan orang lain, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kekurangan yang membuatmu takut. Kamu hanya perlu lebih percaya diri saja.

Kuasai Teknik Percakapan

Tips ketiga adalah menguasai teknik percakapan, ingat bahwa kita tidak sedang membicarakan bagaimana cara public speaking yang baik dan benar, teknik percapakan yang dibahas saat ini adalah hal-hal sederhana yang bisa kamu pelajari dalam waktu singkat.

Saat kamu ingin membangun relasi pertemanan buatlah orang nyaman di dekatmu atau setidaknya mereka merasa nyaman mendengarkan topik obrolanmu, bahas sesuatu yang ringan seperti hal-hal yang berkaitan dengan kuliah hingga hal-hal personal seperti hobi atau tempat tinggal.

Obrolan ringan tidak terlalu sulit dilakukan dan itu bagian dari percakapan yang membuatmu lebih dekat dari sebelumnya.

Saling Membantu

Tips keempat adalah saling membantu satu sama lain, adakah orang yang tidak suka dibantu saat menemui masalah ?, jawabannya sudah pasti tidak ada, kalaupun ada mereka hanya merasa gengsi untuk menerima pertolongan darimu.

Jadilah pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarmu, walaupun kamu memiliki pribadi yang tertutup namun kamu mampu memberi nilai tambah bagi orang lain di kampus maka orang tersebut akan datang padamu.

Jadikan itu sebagai pijakan untukmu saat mencari teman, kedepannya kamu dapat saling membantu dan mendukung satu sama lain jika terjadi sesuatu.

Jadi Dirimu Sendiri

Tips kelima adalah jadi dirimu sendiri, kamu sudah dewasa saat memutuskan untuk menjadi mahasiswa, pola pikir harus mulai terbentuk dan mau sampai kapan kamu akan berpura-pura menjadi orang lain.

Mulailah bangun kepercayaan diri yang membuatmu nyaman tampil di depan orang lain sebagai dirimu yang sesungguhnya, kamu tidak perlu lagi memakai topeng karena takut dijauhi atau ditinggalkan.

Alih-alih ingin mendapatkan banyak teman tapi faktanya kamu tetaplah sendiri karena tidak ada yang kenal dirimu. Ingatlah bahwa sebelum kamu membuka diri pada orang lain kamu harus membuka diri pada dirimu sendiri.

Jangan Takut akan Penolakan

Tips keenam adalah jangan takut akan penolakan, terkadang kita menahan diri untuk tidak berteman karena takut ditolak, banyak faktor penolakan seperti faktor kepribadian, latar belakang, hingga cara pandang.

Semua itu berujung pada kesakitan yang entah bagaimana membuatmu enggan untuk mulai berkomunikasi kembali, penolakan sudah pasti terjadi dan kamu harus berani untuk menghadapinya, kamu tidak bisa berhenti begitu saja hanya karena ditolak sekali dua kali atau berkali-kali.

Kamu bisa meminimalisir penolakan dengan memfilter orang disekitarmu yang sekiranya sesuai dan tidak sesuai dengan karaktermu, dengan begitu kamu akan tau mana orang yang dapat menjadi temanmu dan mana orang yang kamu hanya perlu kenal.

Teman tidak terbatas umur serta jabatan, kamu bisa menerapkan tips diatas untuk berbagai kalangan yang ada di lingkungan kampusmu bahkan dosen sekalipun. Saat pertama kali mencoba membangun relasi mungkin terasa sulit, canggung, dan menakutkan tapi itu hanya terjadi di awal sebelum kamu terbiasa.

Kuliah tidak hanya tentang mengembangkan minat dan bakat namun juga berkaitan dengan membangun relasi yang baik dan bermanfaat untuk masa depan.