6 Tips Persiapan Lulus Kuliah, Mahasiswa Tingkat Akhir Harus Tahu agar cepat mendapat kerja

Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir ?, yuk ikuti tipsnya

Fakultas Teknik UNPAS – Jika saat ini kamu sedang mengerjakan tugas akhir pasti kamu adalah mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan lulus. Seringkali mahasiswa tidak menyadari bahwa terdapat fase penting yang harus dipersiapkan sebelum lulus. 

Dikutip dari databoks.katadata.co.id, jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 6,26% atau sekitar 8,75 juta orang pada Februari 2021 dimana Fresh Graduate adalah salah satunya.  

“Dari sisi persentasenya yang menganggur jauh lebih banyak, dari sekolah menengah dan sekolah tinggi, kalau kita lihat pergeserannya dari tahun ke tahun yang paling tinggi peningkatannya juga adalah yang berpendidikan sekolah menengah atau tinggi” kata Mohammad Faisal selaku Direktur Eksekutif CORE Indonesia. 

Padahal tujuan menuntut pendidikan tinggi agar lebih mudah untuk mencari kerja dan mendapat gaji yang tinggi juga. Tapi kenapa masih banyak Fresh Graduate yang menganggur ? 

Penting bagi Mahasiswa tingkat akhir memulai langkah persiapan lulus kuliah agar saat menjadi Mahasiswa Fresh Graduate kamu tidak bingung mencari kerja dan berakhir menjadi pengangguran. 

6 Tips Persiapan Lulus Kuliah, jangan sibuk skripsian mulu ya guys 

  1. Kamu ingin kerja apa ? 

Profesi pekerjaan yang tidak spesifik membuat banyak Fresh graduate bingung dalam menentukan pekerjaan, misal kamu lulus sebagai sarjana teknik komputer, apakah kamu akan melamar pekerjaan secara random asalkan sesuai dengan gelarmu.  

Padahal lowongan kerja kebanyakan bersifat spesifik seperti ahli design web hingga designer grafis, jika kemampuanmu bersifat umum maka kamu tidak akan pernah bisa bersaing dengan orang yang memiliki kemampuan spesifik tersebut. 

Tentukan kamu mau kerja apa dan sebagai apa barulah kamu perdalam kemampuanmu agar sesuai dengan lowongan yang akan kamu inginkan. 

  1. Buat Akun di berbagai job portal 

Saat ini sudah banyak job portal seperti Jobstreet, karir.com, Linkedln, Glints, dan masih banyak lagi. Kamu sudah dipermudah dalam mencari kerja hanya bermodalkan gadget dan internet saja. 

Kamu tidak perlu mencari lowongan kerja dengan melihat koran atau iklan-iklan yang ada di pinggir jalan. Dengan membuat akun kamu bisa mencari, memilih, melamar, dan yang paling penting kamu tahu kerjaan seperti apa yang sedang banyak dibutuhkan. 

  1. Ikuti pelatihan yang bersertifikat 

Perbanyak sertifikat dengan mengikuti pelatihan dan kursus untuk menunjang kemampuanmu agar lebih baik, saat ini melamar kerja tidak cuma melampirkan ijazah dan CV saja. 

Jika seperti itu maka kamu sama seperti kebanyakan Fresh Graduate yang tidak mempersiapkan file lamaran dengan baik. Banyak kok platform digital terpercaya yang menyediakan pelatihan dan kursus online yang dapat kamu ikuti dan gratis.  

Selain untuk meningkatkan kemampuan, sertifikat yang kamu dapatkan bisa meningkatkan peluangmu dalam mendapatkan kerja. 

  1. Buatlah CV dan portfolio ! 

Jangan menunggu lulus baru kamu merancang CV dan portfolio, buatlah beberapa portfolio dan CV saat ini juga agar saat kamu lulus tidak terburu-buru dan membuat CV dan portfolio yang terkesan apa adanya. 

Dalam membuat CV dan portfolio juga tidak asal-asalan, kamu bisa belajar membuat CV dan portfolio yang menarik karena hal tersebut bisa sangat berpengaruh saat kamu memberikan surat lamaranmu nanti. 

  1. Latihan Wawancara Kerja 

Anggap surat lamaranmu diterima, langkah selanjutnya adalah proses wawancara kerja atau interview. Kamu tentu tidak ingin hasil interviewmu kacau karena gagap dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Human Resource Development (HRD) perusahaan. 

Kamu perlu melatih dan membiasakannya agar tidak gagap saat melakukan wawancara oleh HRD. Banyak tutorial yang dapat kamu cari dan pelajari di internet dan youtube. 

  1. Ciptakan Personal Branding yang menarik 

Mau sehandal apapun kemampuan yang kamu miliki jika kamu tidak pintar dalam membrand dirimu kemampuanmu tidak akan dikenal oleh orang. Jika kamu sudah terlambat untuk memperbanyak sertifikat, kamu bisa mengatasinya dengan mengenalkan kemampuanmu di dunia maya melalui sebuah karya. 

Misal kamu menguasai teknik photografi dan berminat menjadi photografer profesional, kamu tidak bisa membuktikan kemampuanmu hanya dengan kata-kata tanpa adanya sertifikat yang mendukung. 

Solusinya adalah pamerkan karya photografimu didunia maya dan masukkan kedalam portfolio yang telah kamu buat sebelumnya, dengan begitu peluangmu diterima sebagai photografer profesional lebih tinggi dibandingkan kamu yang hanya membawa banyak sertifikat. 

Itulah beberapa tips persiapan lulus yang perlu dan wajib kamu lakukan sebagai mahasiswa tingkat akhir.  

Source : 

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5680538/5-tips-persiapan-lulus-kuliah-mahasiswa-tingkat-akhir-wajib-tahu 

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/jumlah-pengangguran-capai-875-juta-orang-per-februari-2021 

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210503170819-92-638002/angka-pengangguran-muda-ri-tertinggi-se-asia-tenggara